Update Pasar Crypto : BTC, ETH, XRP & TRX 24 Juli 2020

By 24 Juli 2020Berita

Update harga cryptocurrency, Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Ripple (XRP) & Tron (TRX).

Bitcoin

Harga BTC terus terbangun oleh tren naik sejak awal minggu ini. Support yang berada diatas $9,300 sejak hari Kamis (23/07) kemarin, sangatlah penting untuk perjalanan selanjutnya menuju $10,000. Cryptocurrency terbesar ini telah berhasil menembus resisten pada $9,500 dan $9,600. Tren naik mencoba untuk melanjutkan penembusan ke $9,700 namun karena munculnya tekanan penjual, BTC akhirnya menyentuh ketinggian bulanan pada $9,691.

Tekanan penjualan yang disebutkan sebelumnya menyebabkan BTC kehilangan semangat dan jatuh dibawah $9,600. Pada Jumat (24/07) siang hari, BTC sedang menghindari $9,558. Pembeli berusaha sangat keras untuk menahan harga diatas garis tren naik. Namun, tren turun nampaknya mulai mengambil kendali. Pada grafik 1-jam BTC/USD nampak indikator RSI mulai menurun. Tren turun yang sama juga dialami indikator MACD, semakin memperkuat skenario tren turun.

Grafik 1-Jam BTC/USD

BTC-USD 1 Hour Chart

R1 : $9,596                                S1 : $9,497

R2 : $9,695                                S2 : $9,397

**Resistance : batas atas yang jika ditembus, mengindikasikan tren naik dan kemungkinan naik lebih

jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati R1, maka target berikutnya R2, dst.).

**Support : batas bawah yang jika ditembus, mengindikasikan tren turun dan kemungkinan turun

lebih jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati S1, maka terget berikutnya S2, dst.).

Seperti nampak pada grafik diatas, resisten paling rendah menunjukkan jalur kebawah. Maka dari itu, penting untuk tren naik mempertahankan harga diatas $9,500 sembari mengumpulkan kembali kekuatan menuju $10,000.

Ethereum

Pada hari Jumat (24/07) siang hari ETH berpindah tangan pada $273.50. Harga menyentuh ketinggian harian di $275.64 pada awal jam Asia namun tidak berhasil bertahan. ETH telah meningkat 2% dalam 24 jam terakhir dan belum berubah sejak awal hari ini. Koin ini bergerak dengan tren naik jangka pendek dengan volatilitas menurun (berkurangnya pergerakan harga naik turun yang signifikan).

Grafik 1-Jam ETH/USD

ETH-USD 1 Hour Chart

Ripple

XRP melanjutkan tren turun pasca kenaikan menuju level sedikit diatas $0.20. Indikator SMA 50 berada tepat untuk menyediakan support diatas $0.20. Besarnya tekanan penjualan dapat terlihat pada berbagai indikator teknikal yang dieksplorasi dibawah ini.

Untuk saat ini, cryptocurrency terbesar keempat ini berpindah tangan pada $0.2045. Tren naik yang disebutkan diatas memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan lebih parah menurut indikator RSI yang menurun; dimana indikator tren ini menampilkan pandangan turun setelah terjadi penolakkan harga akibat pembelian berlebih. Terlihat juga indikator MACD pada periode 1-jam membentengi harga terhadap pengaruh tren turun. Ini berarti pembeli harus berkerja dua kali lebih keras untuk menahan XRP diatas $0.20.

Baca Juga: Pembeli Bitcoin: Siapa dibalik kenaikan pesat harga Cryptocurrency? 

Jika tren naik XRP berhasil menahan harga diatas $0.20, ini akan menandai masa baru untuk aset crypto ini, dimana aset ini akan memiliki kesempatan untuk fokus memecahkan halangan pada $0.21, $0.22, dan $0.23.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, indikator SMA 50 menyediakan support pada $0.2035, ditemani SMA 100 dengan $0.2009 yang akan menjadi pilihan terakhir untuk menyelamatkan XRP dari kejatuhan dibawah $0.20.

Grafik 1-Jam XRP/USD

XRP-USD 1 Hour Chart

Tron

Harga Tron dengan konsisten memangkas kenaikan pada hari Jumat (24/07). Penurunan ini terjadi setelah aset crypto ini menghentikan kenaikan bulan Juli saat menabrak dinding pada level 61.8% Fibonacci retracement diantara ayunan terakhir tertinggi $0.2686 dan ayunan terendah $0.0073.

Sementara waktu, Tron berpindah tangan [ada $0.1755. Lilin tren turun dimulai saat sesi Asia bahkan belum menemukan bantuan. Disamping itu, level teknis mengisyaratkan adanya kemungkinan penurunan masih berlanjut di sesi yang akan datang. Buktinya, indikator RSI mengarah kebawah setelah kegagalan mempertahankan tren naik diatas 60.

Dari perspektif lain, konsolidasi (pencarian harga tren baru) merupakan pilihan untuk Tron sesuai pergerakan indikator MACD. Selama MACD menahan garis tengah, aksi sideways (pergerakan naik turun harga tanpa menunjukkan adanya tren tertentu) akan mengambil alih selama sesi akhir pekan.

Support diperkirakan pada $0.1750 jika penurunan berlanjut menguasai pasar. Garis tren naik juga bersiap siaga pada posisi untuk mengunci area support utama, dengan tambahan pertemuan yang terbentuk antara SMA 50 dan level 50% Fibonacci.

Grafik Harian TRX/USD

TRX-USD Daily Chart

Baca Juga:

Sources : John Isige & Tanya Abrosimova on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.