Update Pasar Crypto: Jatuhnya Harga Bitcoin 22 Januari 2021

By 22 Januari 2021Berita

Bitcoin turun sebanyak 11% pada hari Kamis (21/01), mencapai level terendah dalam hampir tiga minggu, karena cryptocurrency populer menerima dengan pukulan ganda yang mengagetkan kepercayaan pada penggunanya.

Pertama, Janet Yellen, calon menteri keuangan Presiden Joe Biden, menyarankan selama sidang konfirmasi pada hari Selasa (19/01) bahwa anggota parlemen “membatasi” penggunaan Bitcoin karena penggunaannya dalam kegiatan terlarang.

Dan kedua, adanya laporan yang dibantah dari BitMEX Research pada hari Rabu (20/01) menunjukkan adanya cacat kritis yang disebut “pengeluaran ganda” telah terjadi di blockchain Bitcoin.

Pengeluaran ganda adalah ketika seseorang mengalami pengeluaran bitcoin yang sama dua kali. Ini adalah skenario yang ditakuti dan mengerikan untuk aset digital, dan blockchain dianggap telah menyelesaikan masalah tersebut ketika Satoshi Nakamoto menerbitkan whitepaper Bitcoin pada tahun 2009.

Upaya awal untuk meluncurkan sistem kas digital pada akhirnya dihentikan oleh kerentanan yang dapat memungkinkan pengeluaran ganda dan merusak kepercayaan pada sistem.

BitMEX Research men-tweet bahwa tampaknya ada sejumlah kecil pengeluaran ganda sekitar 0.00062063 BTC ($21) terdeteksi.

BitMEX kemudian mengatakan bahwa pengeluaran ganda sebenarnya adalah transaksi RBF, yaitu ketika transaksi bitcoin yang belum dikonfirmasi diganti dengan biaya transfer baru yang membayar biaya lebih tinggi untuk mempercepat konfirmasi transaksi. Tapi Monitor Fork BitMEX mengatakan bahwa “tidak ada lonjakan biaya (RBF) yang terdeteksi.”

BitMEX mengatakan dalam tweet lain: “Sebuah transaksi dalam chain yang gagal mengirim 0.00062063 BTC ke alamat 1D6aebVY5DbS1v7rNTnX2xeYcfWM3os1va, dan transaksi di chain berhasil yang menghabiskan input yang sama hanya mengirim 0.00014499 BTC ke alamat ini.”

Pada akhirnya, peristiwa pengeluaran ganda tidak terjadi, menurut CTO Bitfinex Paolo Ardoino. Dalam e-mail kepada Insider, Ardoino menjelaskan, “Sebenarnya yang terjadi adalah dua blok ditambang secara bersamaan. Akibatnya, terjadi reorganisasi berantai, yang tidak mengakibatkan pengeluaran ganda.”

Sementara itu, investor institusi tetap terus melirik ke bitcoin. Pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa pada hari Rabu (20/01) mengatakan BlackRock telah mencairkan dua reksa dananya untuk berinvestasi dalam cryptocurrency.

Poin-poin penting lainnya yang perlu diketahui seputar penurunan bitcoin ini :

  • Penurunan cryptocurrency terkemuka ini “mungkin hanya penurunan biasa,” menurut trader Techemy Capital Josh Olszewicz, yang tidak mengharapkan koreksi berkepanjangan.
  • Analis Bloomberg, Mike McGlone juga setuju akan hal itu, mengatakan kepada CoinDesk bahwa dia bisa melihat bitcoin “menjelajahi support dan resisten dalam kisaran $30,000 – $40,000 untuk sementara waktu sampai memulai langkah reli bertahap berikutnya.”
  • Tetapi CIO Guggenheim Scott Minerd berpikir bitcoin mungkin menduduki puncak sementara, mengatakan bahwa penelusuran kembali ke $20,000 adalah hal yang mungkin.
  • Penjualan signifikan selama seminggu terakhir di salah satu bursa yang berbasis di AS, menandakan aksi ambil untung oleh investor, berdasarkan pelaporan CoinDesk sebelumnya, setelah bitcoin hampir menyentuh $42,000 pada awal Januari 2021.
  • Cryptocurrency alternatif terkemuka (altcoin) seperti Ethereum juga mencatat persentase kerugian dua digit.
  • Penurunan hari Kamis (21/01) membantu menghapus sebagian besar keuntungan tahunan bitcoin, dengan cryptocurrency yang saat ini hanya naik 6% pada tahun 2021.

 

Sources : Matthew Fox on Business Insider & Zack Voell on CoinDesk

 Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.