Update Pasar Crypto: BTC, ETH, XRP & LTC 21 Desember 2020

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Bitcoin

BTC mencetak kenaikan harian 1.0% sementara menunjukkan $23,695 sebagai pembuka pasar pada awal Senin (21/12). Dengan demikian, mata uang utama crypto ini membalikkan pergerakan mundur dari rekor ketinggian terbaru di $24,300 sementara memantul dari $23,110 baru-baru ini.

Meskipun kondisi RSI yang diwarnai pembelian berlebih (overbought) memperingatkan tren naik, penembusan sisi atas yang berkelanjutan dari puncak 2017, serta garis tren miring ke atas dari Juni 2019, membuat pembeli BTC tetap berharap.

Akibatnya, tren naik BTC mungkin tidak ragu untuk melihat magnet psikologis $30,000 sebagai target langsung sebelum beralih ke petunjuk fundamental yang lebih kuat pada $100,000.

Sebaliknya, jika terjadi penurunan lebih lanjut mungkin mengincar angka bulat $20,000. Meskipun, penjual akan tetap berhati-hati sampai nampak adanya penembusan sisi bawah menuju $19,500, yang merupakan puncak akhir November 2020.

Secara keseluruhan, BTC naik untuk perjalanan panjang ke atas namun kemungkinan koreksi menengah tidak dapat dikesampingkan.

Grafik Harian BTC/USD

Prakiraan BTCUSD Harian - 21 Desember 2020

S1 : $22,949 R1 : $24,151
S2 : $22,423 R2 : $24,825
S3 : $21,748 R3 : $25,352

**S merupakan support, yang berarti titik yang mendukung harga untuk mencegah kejatuhan lebih jauh. Jika suatu support ditembus, maka ada kemungkinan berlanjut ke penembusan support selanjutnya. Umumnya dijadikan titik untuk membeli.

**R merupakan resisten, yang berarti titik yang menolak harga dan mencegah harga untuk naik lebih jauh. Jika suatu resisten ditembus, maka ada kemungkinan berlanjut ke penembusan resisten selanjutnya. Umumnya dijadikan titik untuk menjual.

Ethereum

ETH menargetkan $800 sementara FOMO (fear of missing out; istilah untuk psikologis trader yang takut ketinggalan momentum harga) dimulai. Sementara harga ETH terapresiasi terhadap dolar, tidak ada pertumbuhan signifikan yang terjadi jika dibandingkan dengan Bitcoin karena cryptocurrency utama ini telah mencuri perhatian selama beberapa minggu terakhir.

Harga Ethereum berhenti bergerak melawan Bitcoin

ETH telah berkinerja baik terhadap dolar, tetapi ketika mempertimbangkan aksi harganya terhadap Bitcoin, token smart contract ini tetap tergolong stagnan.

Skew, penyedia analisis data cryptocurrency, mengungkapkan bahwa pasangan perdagangan ETH/BTC terus menurun sejak 20 September 2020. Sejak itu, harga Ethereum turun di bawah 3% dari persentase harga Bitcoin.

Prakiraan ETHUSD Harian - 21 Desember 2020

Ripple

XRP menargetkan $0.66 dengan penutupan harian di atas $0.59. Setelah menutup dua hari pertama pada minggu lalu di wilayah negatif, XRP naik tajam dan menyentuh level tertinggi dalam tiga minggu di $0.6585 pada hari Kamis (17/12). Namun, XRP berjuang untuk mempertahankan momentum naiknya dan memasuki fase konsolidasi selama akhir pekan. Senin (21/12) siang, Ripple hampir tidak berubah pada hari ini di $0.5760 dan naik lebih dari 12% pada minggu itu.

Fibonacci Retracement 23.6% dari kenaikan yang membuat harga XRP melonjak dari $0.28 menjadi $0.78 dalam seminggu di pertengahan November 2020 saat ini berada di $0.59. Meskipun XRP naik di atas level itu pada hari Jumat (18/12) dan Sabtu (19/12), namun gagal membuat penutupan harian di sana. Jika XRP berhasil mengubah resisten itu menjadi support, XRP dapat menargetkan Fibonacci Retracement Berikutnya, 23.6% tepatnya di $0.66.

Prakiraan XRPUSD Harian - 21 Desember 2020

Litecoin

LTC mencapai $124 pada hari Sabtu (19/12). Terakhir kali LTC terlihat setinggi itu adalah pada Juli 2019. Selama minggu sebelumnya, momentum naik yang kuat mendorong koin ini ke posisi kelima dalam peringkat pasar cryptocurrency global. Sekarang LTC memiliki kapitalisasi $7.6 miliar, sedangkan volume perdagangan harian rata-rata terdaftar pada $8.6 miliar.

Pada Senin (21/12) siang, LTC berpindah tangan ke $116. Harga turun 5% dari jangka harian, meski masih 43% lebih tinggi dari jangka mingguan.

Litecoin sudah matang untuk koreksi

Dari sudut pandang teknis, LTC terlihat menunjukkan pembelian berlebih (overbought) dan siap untuk koreksi ke bawah, jangka pendek. Indikator TD Sequential mengirimkan sinyal jual pada grafik 1 hari dan 12 jam, yang berarti bahwa koin dapat menguji ulang level support sebelum momentum naik dilanjutkan.

Seperti yang ditunjukkan grafik di atas, sinyal pada jangka waktu 12 jam disesuaikan dengan lilin derek merah. Koreksi sisi bawah dapat diperpanjang untuk satu hingga empat lilin merah dengan target awal psikologis $100. Jika area ini menyerah, aksi jual dapat berlanjut menuju $90 yang membatasi pemulihan LTC pada bulan November dan Desember 2020.

Perkiraan jangka panjang tetap naik

Sementara itu, gambaran jangka panjang tetap naik kuat karena LTC tampaknya telah keluar dari segitiga simetris besar. Sekarang koin tersebut menargetkan area $1,100. Ini adalah perkiraan target yang mewakili peningkatan lebih dari 1,700%. Ini dihitung dengan mengukur jarak antara dua titik tertinggi segitiga dan menambahkannya ke titik breakout.

Jika momentum naik gagal terwujud, harga dapat kembali ke $70 yang diperkuat oleh EMA 200 pada timeframe mingguan. Pergerakan yang berkelanjutan di bawah area ini akan membatalkan skenario positif.

 

Sources : Anil Panchal & Tanya Abrosimova on FXStreet

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore