Riset Deutsche Bank: Kripto Gantikan Mata Uang Fiat di 2030

By 27 Desember 2019Edukasi

Pada tahun 2030, permintaan untuk mata uang alternatif akan meningkat, dengan mata uang digital yang akan menggantikan uang tunai, hal ini diungkapkan dalam hasil riset terbaru dari Deutsche Bank. Dalam laporan “Imagine 2030”, ahli strategi riset Deutsche Bank Jim Reid menyebutkan perlunya meningkatkan kesadaran akan tantangan yang dihadapi sistem fiat dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dengan kemunculan cryptocurrency. Reid menambahkan bahwa meningkatnya permintaan orang akan alat pembayaran yang tidak berwujud dan anonimitas dapat mendorong lebih banyak orang ke mata uang digital.

Baca juga: Selama 2019, Bitcoin Naik Turun?

Untuk mendapatkan penerimaan yang lebih luas, aset digital harus mengatasi tiga rintangan utama. Ini termasuk legitimasi yang dirasakan di mata pemerintah dan regulator, yang mensyaratkan stabilitas harga dan memungkinkan jangkauan global di pasar pembayaran. Pada saat yang sama, Reid menjelaskan bahwa dengan adopsi arus utama, tantangan baru akan muncul. Di antara ancaman besar terhadap sistem keuangan berbasis mata uang digital yang diakui, Reid menyebutkan ketergantungan pada listrik, serangan siber dan perang digital.

Baca juga: Riset: Pekerjaan di Industri Crypto dan Blockchain Meningkat Hingga 26%

Sementara itu, pemerintah dunia telah secara aktif memperdebatkan perlunya mengembangkan mata uang digital nasional. Sebelumnya Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa tidak ada permintaan publik untuk mata uang digital bank sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC) di negara itu. Kuroda mencatat meningkatnya permintaan pembayaran tunai dan menambahkan bahwa bank telah melakukan penelitian teknis dan hukum mengenai masalah ini. Kepulauan Virgin di Inggris telah mengambil pendekatan yang lebih proaktif terhadap CBDC, mengumumkan bahwa negara tersebut sedang mengembangkan mata uang digital yang dijuluki BVI~LIFE yang bekerja sama dengan startup blockchain LifeLabs. Mata uang adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas untuk menumbuhkan sektor fintech lokal. Selain itu, Bank sentral Perancis juga berencana untuk menguji coba CBDC untuk lembaga keuangan pada tahun 2020.

Baca juga: