Pengertian Keylogger

Pengertian Keylogger, Cara Kerja, Dan Cara Menghindarinya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Keylogger bukanlah istilah dan teknik baru di dunia hacking. Teknik ini sangat berbahaya karena mampu membobol data dari komputer. Bagi yang belum tahu, di sini kami akan coba jelaskan pengertian keylogger dan cara kerjanya.

Selain itu kami juga akan menjelaskan beberapa contoh keylogger dan betapa bahayanya teknik hacking ini. Bahkan teknik ini pernah digunakan untuk membobol akun dan melakukan pemerasan pada pemilik Bitcoin.

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Keylogger?

Keylogger adalah metode atau teknik hacking yang dapat merekam aktivitas pada keyboard komputer. Contohnya, ketika Anda mengetik username dan password media sosial, e-banking, dan lainnya, maka akan tercatat pada keylogger.

Keylogger PC sendiri berbentuk spyware yang biasanya dikirim oleh hacker berbentuk attachment yang dikirim ke email. Pemilik komputer secara tidak sadar memasang perangkat tersebut sehingga hacker bisa merekam aktivitas keyboard komputer korban.

Setelah teknik tersebut menghasilkan banyak data dari rekaman keyboard, maka si hacker pun mendapatkan semua informasi penting milik korban. Misalnya seperti akun e-banking, akun Bitcoin, dan lainnya.

Sederhananya, setelah spyware tersebut terpasang, maka semua informasi data sensitif pada device user bisa diketahui.

Cara Kerja Keylogger

Di atas kami sudah menjelaskan secara singkat dan sederhana bagaimana cara kerjanya. Berikut akan kami bedah secara detail agar Anda bisa aware terhadap metode hacking yang berbahaya ini.

Pada dasarnya ada dua cara hacker memasang spyware ini pada perangkat komputer korban. Salah satunya telah kami jelaskan di atas yaitu dikirim melalui attachment via email.

Cara lainnya yaitu dengan memasangnya secara langsung pada komputer korban. Artinya spyware ini memerlukan sebuah akses fisik langsung ke komputer milik korban dan memasangnya sendiri.

Software yang berhasil dipasang akan berjalan tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Artinya keylogger hanya diketahui oleh orang yang memasangnya saja.

Spyware tersebut akan merekam seluruh aktivitas keyboard pada komputer lalu mencatatnya pada log file. Beberapa jenis keylogger bahkan ada yang secara otomatis mengirim data tersebut ke pemilik spyware secara langsung.

Setelah itu data yang didapatkan akan digunakan untuk membobol akun-akun tertentu. Misalnya membobol akun e-banking milik korban sebagai aksi kejahatan virtual.

Contoh-Contoh Keylogger

Agar Anda bisa lebih berhati-hati, berikut akan kami jelaskan beberapa contohnya yang cukup sering digunakan.

  1. Hypervisor

Spyware ini merupakan jenis perangkat lunak yang merekam semua ketikan pada keyboard komputer. Salah satu contoh jenis Hypervisor yang paling populer adalah AMD-V atau yang dikenal juga dengan sebutan Blue Pill.


  1. Spyware yang Menangkap Formulir

Selain mencatat keyboard, ada juga jenis keylogger yang dapat mencatat pengiriman formulir. Metodenya adalah dengan merekam fungsi pengiriman pada website. Data yang dihasilkan yaitu berupa enkripsi bahasa HTTPS.


  1. Spyware yang Menempel Pada API Keyboard

Tipe keylogger berikutnya adalah jenis spyware yang bisa bekerjasama dengan sistem operasi. Cara kerjanya adalah dengan merekam aktivitas penekanan tombol lalu mencatatnya secara otomatis.

Contoh tipe keylogger API keyboard yang populer seperti GetForegroundWindow dan GetAsyncKeyState.


  1. Spyware Berbasis Kernel

Hingga saat ini, masih banyak orang yang sulit melawan spyware yang satu ini. Kernel adalah tipe keylogger yang powerful. Pasalnya, tidak banyak orang dan software yang mampu mendeteksi keberadaan kernel pada komputer.

  1. Packet Analyzers

Tipe yang satu ini tergolong yang paling mudah digunakan. Itulah kenapa Packet Analyzers tergolong sering digunakan. Sama seperti jenis keylogger pada umumnya, Packet Analyzers juga  dapat merekam aktivitas keyboard.

Namun, Packet Analyzers cukup sulit didapatkan. Spyware ini mampu menangkap lalu lintas jaringan yang sudah terkait dengan aktivitas HTTP POST. Setelah itu Packet Analyzers mengambil data-data sekaligus password yang tidak terenkripsi.

Tips Mencegah Keylogger

Agar terhindar dari keylogging download via email, atau yang dipasang secara langsung, berikut kami jelaskan tips mencegahnya:

  1. Menggunakan Software Keamanan

Cara paling mudah untuk mencegah tindakan hacking ini yaitu dengan menggunakan perangkat lunak berbasis keamanan. Contohnya seperti perangkat lunak anti-keylogger yang kini sudah cukup banyak ditawarkan.  

Anda bisa menggunakan jenis software gratisan yang ada di internet, maupun yang berbayar. Namun kami menyarankan Anda untuk memilih software berbayar karena fiturnya lebih lengkap dan powerful.

  1. Memanfaatkan On-Screen Keyboard

Ada cara lain yang tak kalah mudah dan gratis untuk mencegah tercurinya data oleh keylogger. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi On-Screen Keyboard pada sistem operasi Windows.

Cara menggunakannya pun mudah. Anda hanya tinggal mengklik setiap tombol yang ada pada layar. Dengan menggunakan aplikasi ini, jika Anda mengetik data-data penting di komputer, maka keylogger tidak akan mampu merekamnya.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengetik id dan password. Contohnya untuk login akun-akun penting seperti e-banking, credit card, akun Bitcoin, dan lainnya.

  1. Menggunakan KeyScrambler

KeyScrambler adalah anti keylogger gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menangkal spyware tersebut. Silahkan Anda download, lalu pasang pada komputer.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan mengklik ikon Keyscrambler pada komputer. Kemudian aktifkan software anti-keylogger tersebut.

Cara kerja dari aplikasi ini tergolong cukup sederhana. Setiap Anda mengetik pada keyboard, maka aplikasi akan mengacak apa yang Anda ketik. Hasilnya, rekaman keylogger tidak dapat mendeteksi secara jelas apa yang Anda ketik.

Kesimpulan

Secara garis besar, keylogger merupakan software hacking yang mampu mengambil data-data sensitif atau penting pada komputer korban. Setelah hacker mengambil data-data tersebut, maka mereka akan menggunakannya untuk membobol akun-akun penting milik korban.

Itulah pengertian keylogger yang bisa kami sampaikan di sini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk mencegah kejahatan virtual yang sering terjadi saat ini.

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin