Pemahaman Dasar Cara Menambang Bitcoin

Pemahaman Dasar Cara Menambang Bitcoin Dengan Mudah

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bitcoin saat ini mulai eksis karena uang digital ini bisa ditambang secara berkala, serta harganya saat ini terus mengalami peningkatan. Selain itu fasilitas atau sarana untuk mempelajari secara mendalam tentang bitcoin juga semakin mudah didapatkan. Semakin banyak meteri pelajar atau tutorial yang bisa diakses dengan mudah di internet. Oleh karena itu bitcoin saat ini salah satu lahan penghasilan yang sangat menjanjikan. Jika anda ingin mempelajari cara menambang bitcoin, maka artikel berikut perlu anda baca hingga selesai. Berikut kami rangkum penjelasan tentang bitcoin serta penambangannya.

Tentang Menambang Bitcoin

Menambang merupakan istilah yang digunakan dalam dunia bitcoin karena cara atau proses menghasilkan uang crypto tersebut tidak jauh beda dengan proses penambangan hasil alam. Tindakan menambang ini merupakan salah satu kegiatan yang legal, karena telah diterapkan sistem yang menjalankan proses verifikasi hash dalam transaksi bitcoin tersebut. Nantinya ada perangkat khusus berupa piranti keras yang digunakan untuk menambang bitcoin tersebut. Komputer ini lah yang bertugas untuk menambang bitcoin  atau tugasnya untuk memproses transaksi. Hanya saja komputer ini membutuhkan usaha computing yang besar serta sumber energi khusus dan alat yang canggih. Jadi nantinya computer tersebut akan menghasilkan bitcoin baru dalam waktu tertentu yang nantinya bisa diperdagangkan ke orang lain.

Secara sederhananya tugas komputer tersebut adalah memecahkan suatu kode matematika terkait komponen kriptografi. Jika kode tersebut terpecahkan, maka nantinya diberikan imbalan kepada penambang tersebut. hanya saya proses pemecahan kode tersebut terbilang rumit sehingga membutuhkan komputer yang supply dayanya tinggi. Proses penambangan ini dilakukan agar menghasilkan kode bitcoin yang tingkat keamanannya paling maksimal serta aman dari gangguan.

Cara Kerja Menambang Bitcoin

Alasan penambangan bitcoin perlu dilakukan karena terdapat dua hal yang dihasilkan oleh proses penambangan tersebut. Yang pertama adalah bitcoin baru. Jadi dengan melakukan penambangan maka jumlah bitcoin akan bertambah nantinya. Sedangkan hasil penambangan yang kedua adalah sistem keamanan yang baru. Jadi setelah melakukan penambangan maka kode komputasi matematika terselesaikan sehingga sistem pembayaran bitcoin menjadi semakin aman, terpercaya, dan juga membuat seluruh transaksi bitcoin bisa diverifikasi.

Sederhananya cara kerja penambangan tersebut dimulai dari memverifikasi transaksi bitcoin, apakah sudah valid atau tidak. Jika transaksi sudah valid, maka seluruh transaksi tersebut nantinya akan dikumpulkan  dalam satu wadah yang disebut blok. Nantiya proses selanjutnya adalah melakukan proof of work, atau disebut juga sebagai proses pemecahan kode. Dalam hal ini lah proses komputasi matematika diterapkan. Nantinya setelah proses ini terpecahkan baru dihasilkan bitcoin baru. Proses penambangan tergolong rumit dan membutuhkan proses panjang. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa harga bitcoin tetap tinggi saat ini dan masih sangat menjanjikan.

Cara – Cara Memining Bitcoin

Saat ini hampir di setiap dunia sudah ada penambang bitcoin, sehingga proses keamanan transaksi bitcoin tersebut semakin hari semakin baik. Jika anda ingin menjadi penambang bitcoin, maka perlu dipahami terlebih dahulu bagaimana cara – cara menambang atau memining bitcoin tersebut. Saat ini ada tiga cara untuk menambang bitcoin tersebut, yakni dengan pool mining, melakukan penambangan sendiri, atau juga dengan cloud mining. Berikut penjelasannya masing – masing.

  • Pool Mining atau Menambang di Kolam Penambang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa proses penambangan dibutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi serta sumber daya yang besar. Sehingga untuk memiliki berbagai peralatan canggih tersebut, harga yang dikeluarkan tentu tidak sedikit. Tetapi jika anda masih pemula, maka tidak perlu membeli semua peralatannya untuk melakukan penambangan. Anda bisa menambang bitcoin tersebut di kolam penambangan atau sering juga disebut sebagai pool mining. Pool mining artinya anda dan penambang lain menggunakan satu alat penambang yang sama untuk menghasilkan bitcoin tersebut.

Nantinya akan ada pihak atau jasa yang menyediakan kolam penambangan. Mereka telah menyediakan sarana khusus serta sumber daya yang tinggi agar anda bisa menambang dengan mudah. Hanya saja bukan hanya anda yang melakukan penambangan di tempat tersebut, tetapi bersamaan dengan panambang lain.Dengan demikian hasil bitcoin baru yang dihasilkan oleh pool mining tersebut nantinya dibagi rata ke seluruh penambang. Selain itu akan dikenakan juga biaya khusus untuk penggunakan pool miningnya. Walaupun demikian tetap saja keuntungan yang anda peroleh tetap besar nantinya karena pool mining biasanya telah dilengkapi dengan teknologi paling canggih, sehingga mampu menghasilkan bitcoin dengan lebih cepat.

  • Menambang Sendiri

Tentu saja untuk mendapatkan hasil bitcoin secara maksimal cara paling mungkin mewujudkannya adalah dengan menambang sendiri. Jadi jika anda memiliki peralatan yang memadai untuk memining bitcoin, maka hasil yang diperoleh nantinya menjadi milik anda sendiri. Hanya saja tentu saja anda sendiri yang harus menyediakan peralatan untuk menambang tersebut, mulai dari computer, sumber daya yang memadai, dan perangkat lainnya. saat ini sudah banyak juga dijual peralatan untuk menambang bitcoin. Anda harus memiliki peralatan yang paling canggih agar tidak kalah dengan pool mining dan penambang lain. Semakin cepat proses penambangan dilakukan maka semakin besar pula keuntungan yang diraih nantinya.

  • Cloud Mining

Cara lain menambang bitcoin adalah melalui komputasi awan atau sering disebut sebagai cloud mining. Jadi dalam hal ini, anda hanya perlu menyewa keperluan untuk menambang, yang biasanya disediakan lewat layanan internet. Jadi dalam hal ini juga anda tidak perlu membeli perangkat untuk menambang bitcoin tersebut. nantinya ada perusahaan yang menyediakan fasilitas penambangan, jadi anda hanya perlu membeli kontrak atau saham penambangan tersebut. bisa saja perusahaan tersebut berada di luar negeri, sehingga biaya yang dibebankan juga semakin murah. Cloud mining juga dinilai lebih praktis sehingga banyak orang awam yang menggunakannya.

Perbedaannya dengan pool mining adalah dalam pool mining yang disewa merupakan seluruh perangkatnya, sedangkan dalam cloud mining ini yang anda sewa hanya hash powernya saja. Jadi perangkat komputasinya tetap dari anda. Dalam hal ini juga akan dibebankan biaya khusus dalam penyewaan hash powernya.

Mining Bitcoin di Android

Proses penambangan bitcoin saat ini semakin dipermudah sehingga siapa saja bisa melakukannya tanpa perlu melewati banyak proses. Bahkan saat ini sudah hadir juga layanan aplikasi penambangan bitcoin, sehingga proses penambangan bitcoin sudah bisa dilakukan lewat android saja. Hanya saja perlu diketahui bahwa proses penambangan bitcoin melalui smartphone kurang efektif, atau bisa dibilang keuntungan yang diraih tidak terlalu besar.

Pasalnya jelas kemampuan smartphone dalam menambang bitcoin tidak sepadan dengan kemampuan komputer yang telah dirancang untuk menambang bitcoin. Smartphone anda tetap bisa nantinya menghasilkan bitcoin baru, hanya saja kecepatannya dalam menambang kalah dengan perangkat komputer yang lebih canggih. Tetapi untuk pemula, tidak ada salahnya menambang melalui android sebagai sarana untuk belajar.

Jika ingin melakukan mining bitcoin di android, maka anda perlu mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Beberapa aplikasi penambang bitcoin yang populer digunakan seperti Storm Play, Bitcoin Miner, dan BTC Safari.

  • Storm Play

Storm Play menghadirkan konsep penambangan yang mudah. Dalam aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk mendapatkan imbalan cryptocurrency, seperti storm dan juga Ethereum. Anda bisa menggunakanannya untuk mendapatkan imbalan bitcoin. Jadi aplikasi Storm Play ini bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk menghasilkan bitcoin.

  • Bitcoin Miner

Bitcoin Miner sendiri merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer serta mudah dioperasikan. Jadi anda bisa menggunakan Bitcoin miner di smartphone untuk melakukan penambangan dengan mudah. aplikasi ini juga banyak mendukung altcoin.

  • BTC Safari

BTC Safari juga menjadi salah satu sarana menambang bitcoin yang bisa dijalankan di android. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini maka smartphone anda sudah dibekali dengan Android 4.0 atau di atasnya. Melalui BTC Safari ini ada bisa mendapatkan satoshi (satuan terkecil dari bitcoin).

Menambang bitcoin menggunakan perangkat android saat ini memang dimungkinkan, hanya saja prosesnya tergolong lambat serta hasil yang diperoleh tidak besar. Jika anda ingin menambang melalui aplikasi bitcoin tersebut, maka pastikan untuk menggunakan smartphone yang spesifikasinya mumpuni serta selalu menyediakan daya maksimal untuk smartphone tersebut. Beberapa orang tidak mendapatkan untung saat menambang melalui android, oleh karena itu anda perlu melakukan riset dan perhitungan cermat sebelum menerapkannya.

Mining Bitcoin di PC

Pada umumnya kebanyakan penambang saat ini menggunakan PC untuk menambang bitcoin karena hasilnya lebih efektif serta proses penambangan juga berlangsung lebih cepat. Sederhananya semakin canggih alat yang digunakan, maka semakin cepat proses penambangan dan besar keuntungan. Oleh karena itu PC yang digunakan sebisa mungkin memiliki spesifikasi tinggi dan jauh lebih canggih dengan milik penambang lain. Pada umumnya terdapat 8 hal utama yang wajib anda persiapkan saat ingin menambang bitcoin melalui PC, yakni motherboard, hard drive, prosesor, RAM, kartu grafis, power supply, kipas pendingin, dan software mining.

  • Motherboard

Dalam melakukan penambangan bitcoin, motherboard PC anda tidak boleh kualitasnya biasa saja. Sebisa mungkin Motherboard tersebut harus memiliki lebih dari slot PCI-E. Tujuannya agar berbagai komponen bisa disematkan pada motherboard tersebut nantinya. Biasanya motherboard yang memiliki banyak slot harganya relatif tinggi.

  • Hard drive

Hard drive sendiri tugasnya untuk menjalankan sistem operasi serta menyimpan data. Hard drive yang perlu disiapkan untuk menambang bitcoin sebisa mungkin hard drive yang berukuran 250 GB. Tujuannya agar blockchain bisa disimpan nantinya. Anda juga bisa menggunakan SSD dengan ukuran 60 GB – 120 GB, agar mining rig nantinya bisa dilakukan.

  • Processor

Dalam proses penambangan bitcoin prosesor komputer anda juga perlu diperhatikan. Disarankan proses komputer tersebut minimal i5 atau juga i7, agar kinerjanya lebih mudah nantinya. Jika proses PC anda tinggi maka penambangan bitcoin semakin efektif nantinya.

  • RAM

Proses penambangan bitcoin sebenarnya tidak bergantung pada RAM, hanya saja tetap saja hal ini menjadi salah satu komponen yang penting diperhatikan. Sebisa mungkin PC anda harus memiliki RAM 4 GB, agar sistem operasi PC tersebut bisa dijalankan dengan lancar nantinya.

  • Kartu Grafis

Kartu grafis termasuk salah satu komponen yang perlu ditingkatkan dalam menambang bitcoin. Minimal untuk melakukan penambangan, anda memerlukan 2 kartu grafis pada motherboard PC tersebut. Jika anda ingin melakukan penambangan dengan PC spek tinggi, maka sebaiknya gunakan 2 GPU, seperti NVDIA dan AMD.

  • Power Supply

Saat melakukan penambangan bitcoin menggunakan PC, maka minimal PSU pada PC tersebut adalah 700 W ke atas. Jika PC anda telah menggunakan 2 kartu grafis, maka Power supply-nya harus 1000 W ke atas. Jika dayanya kurang maka hal ini bisa mempengaruhi proses penambangan nantinya.

  • Kipas Pendingin

PC tersebut harus bekerja terus menerus melakukan penambangan, dan tidak boleh dimatikan. Jika komputer mati maka proses penambangan akan berhenti nantinya. Oleh karena itu PC tersebut juga memerlukan kipas pendingin yang memadai agar PC tidak mudah panas nantinya. Anda perlu menambahkan kipas pendingin yang tangguh agar bisa menjaga suhu CPU tetap dingin. Pastikan juga untuk meletakkan PC di ruang ber-AC agar tidak mudah panas nantinya.

  • Software Mining

Agar PC tersebut bisa melakukan proses penambangan, maka anda harus menggunakan software mining. Software tersebut lah nantinya yang dapat membuat komputer melakukan pemecahan kode serta menghasilkan bitcoin. Beberapa software yang umum digunakan seperti Easy Miner, CG Miner, BTC Miner atau juga BFG Miner.

Untuk bisa melakukan penambangan mandiri maka anda perlu menyiapkan perangkat dengan spek mumpuni. Tentu saja biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, tetapi bitcoin tersebut jelas sangat menguntungkan saat ini. Harga bitcoin tetap meningkat dari tahun – ketahun, jadi walaupun menguras banyak modal, keuntungan yang diraih tetap sebanding nantinya.

Prospek Keuntungan Mining Bitcoin

Saat ini semakin banyak orang yang melakukan penambangan bitcoin, sehingga sering muncul pertanyaan apakah prospek keuntungan menambang tersebut masih bagus? Hal ini tergantung dari bagaimana cara anda menambang keuntungan serta seberapa cepat anda ingin mendapatkan keuntungan tersebut. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat, tentu bitcoin bukan jawabannya. Bitcoin akan menguntungkan jika dalam jangka panjang, karena lama kelamaan proses penambangan semakin sulit dan hasil bitcoin yang ditambang akan habis.

Salah satu alasan mengapa bitcoin menguntungkan adalah kerana transaksinya berlaku di seluruh dunia. Seperti kita ketahui bahwa nilai rupiah dibandingkan dengan nilai mata uang negara lain tergolong rendah. Jadi bila bitcoin tersebut dikonversikan ke rupiah, jumlahnya jelas sangat besar. Bahkan saat ini harga 1 bitcoin sekitar 226 juta rupiah.Jadi jelas bitcoin masih sangat menguntungkan.

Selain itu hingga saat ini tren pasar bitcoin masih positif. Setiap harinya peminat bitcoin terus bertambah. Semakin banyak peminat bitcoin tersebut maka harganya juga semakin tinggi. Jadi bitcoin tersebut  tentu saja menjadi salah satu investasi yang sangat menjanjikan kedepannya. Bitcoin bisa disebut sebagai yang paling aman saat ini, sehingga hal ini juga menjadi alasan banyak orang menyukainya.

Saat ini bitcoin juga telah resmi diakui sebagai mata uang di Indonesia, sehingga prospek kedepannya jelas sangat menjanjikan. Bitcoin tergolong ke salah satu aset yang harganya sangat fluktuatif sehingga banyak orang yang tertarik berinvestasi di bitcoin. Jadi keuntungan cepat bisa didapatkan dengan cara membeli bitcoin saat harganya turun serta menjualnya kembali saat harganya naik. Hingga saat ini nilai fluktuasi bitcoin jelas lebih menguntungkan dibanding emas, dan trennya juga selalu positif. Oleh karena itu bitcoin sangat cocok dijadikan sebagai alat investasi. Itu lah sedikit ringkasan tentang  cara menambang bitcoin.

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin