Bit-Learning by Bitocto

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Level 1. Pemahaman Dasar

Crypto = Kode rahasia digital
Currency = Mata uang

Cryptocurrency sendiri artinya adalah teknologi mata uang virtual yang menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan transaksinya.

Tidak seperti mata uang yang setiap hari kita gunakan, cryptocurrency tidak punya bentuk fisik karena memang ada di dunia virtual dan berbentuk digital.

Blockchain – buku besar umum dari semua transaksi yang pernah terjadi dalam jaringan, tersedia untuk semua orang.

Sistem pencatatan transaksi di banyak database yang tersebar luas di banyak komputer, yang masing-masing memuat catatan yang identikal.

Dengan catatan transaksi yang ter-desentralisasi ini, maka hampir tidak mungkin untuk di-hack atau dirubah secara sepihak, tanpa mengubah jumlah mayoritas dari semua database tersebut. Sangat sulit bukan? Jadi lebih aman bertransaksi di dalam blockchain.

Level 2. Kenali Crypto Lebih Dekat

  • Penawaran dan permintaan
    Seperti komoditas pada umumnya, prinsip penawaran dan permintaan lah yang paling utama mendorong naik turunnya nilai cryptocurrency.
    Semakin banyak yang membeli harga naik.
    Semakin banyak yang menjual harga turun.
  • Regulasi terhadap cryptocurrency
    Jika pemerintah mendukung dan melegalkan cryptocurrency, maka rakyat di negara tersebut akan merasa lebih aman untuk mengadopsi crypto sebagai aset.
  • Pemberitaan cryptocurrency di media
    Pemberitaan yang baik seperti solusi yang bisa diberikan crypto di masa depan, tingkat adopsi dan penerimaan yang semakin meningkat, nilai yang kian meningkat, dan pemberitaan baik lainnya dapat meningkatkan minat terhadap crypto, dan sebaliknya jika pemberitaan buruk terus menerus, maka minat terhadap crypto juga akan menurun.
  • Daftar koin di bursa teratas
    Jika suatu koin memiliki tingkat adopsi dan dominasi yang lebih tinggi dan berada diperingkat tertinggi, seperti Bitcoin #1 misalnya, tentu saat Anda mendengar crypto, yang Anda tuju pertama adalah aset-aset top-nya.
  • Menurunnya nilai mata uang fiat atau nilai instrumen investasi lainnya
    Karena crypto umumnya diperjual belikan dengan mata uang fiat (uang kertas) maka jika nilai mata uang fiat menurun, crypto umumnya meningkat. Serta jika adanya penurunan kepercayaan terhadap instrumen investasi lainnya, salah satu contohnya seperti saham yang terguncang hebat akibat pandemi COVID-19, tentu Anda sebagai investor akan mulai melirik crypto sebagai salah satu aset untuk meramaikan portfolio investasi Anda.
  • Masa depan keuangan
    Karena crypto mendukung aset digital, dimana saat inipun orang-orang juga sudah mulai beralih ke dompet digital dibandingkan memegang uang cash. Dan dengan adanya crypto, berkirim uang juga menjadi lebih murah, mudah dan cepat, hingga ke luar negeri sekalipun.
  • Keamanan & Transparansi
    Sistem yang dianut cryptocurrency yaitu Blockchain menawarkan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan sistem keuangan biasa serta transparansi di sisi pencatatan transaksinya.
  • Memerangi inflasi (lindung nilai)
    Beberapa cryptocurrency, seperti Bitcoin contohnya memiliki pasokan yang terbatas dan tidak bisa sesuka hati dicetak ulang seperti halnya uang fiat. Jadi tidak adanya kepentingan pihak manapun yang bisa memengaruhi pasokan aset crypto, membuat aset crypto semakin menggiurkan mengingat tingkat inflasi yang kian bertumbuh pada mata uang fiat (uang kertas).
  • Fluktuatif
    Meski nampak berisiko karena pergerakkan harganya yang dengan signifikan naik turun, namun dari tingkat fluktuasi inilah kita memiliki kesempatan untuk berprofit dan berpenghasilan dengan modal rendah dan bisa dilakukan dari mana saja, kapan saja, cukup dalam genggaman Anda.
  • Pertumbuhan pesat
    Sejak pelopor cryptocurrency pertama kali diperdagangkan pada 2010, nilai Bitcoin telah naik hingga lebih dari 100.000%, serta sejak memasukki pandemi COVID-19 pada 2020, Bitcoin juga telah menunjukkan kemampuannya melawan masa sulit dengan pemulihan yang cepat dan signifikan. Serta saat ini Bitcoin juga sudah mulai diadopsi oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti MicroStrategy, Square Inc., PayPal, dan masih banyak instansi lainnya, sebagai aset lindung nilai mereka mengingat tingkat inflasi mata uang fiat (uang kertas) yang semakin tinggi.
  • Aset sekaligus mata uang
    Bitcoin dan cryptocurrency lainnya tidak hanya bertingkah sebagai aset yang bisa disimpan dan diperjualbelikan, namun juga mulai diterima oleh beberapa merchant (internasional) sebagai alat pembayaran, dan juga bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi secara internasional.
  • Platform yang mudah digunakan, terutama bagi pemula.
  • Edukasi GRATIS bagi pemula serta Market Review untuk membantu analisa teknikal para trader crypto.
  • Customer Support dengan pelayanan terbaik SETIAP HARI (Senin-Jumat 08.30-17.30 WIB di WhatsApp dan Telegram untuk luar jam operasional dan hari libur).
  • Deposit awal yang kecil mulai dari IDR 50,000 saja, untuk meminimalisir risiko belajar diawal.
  • Sistem keamanan baik dengan penyimpanan offline cold-storage terenkripsi dan legalitas terjamin dengan adanya pengawasan dari BAPPEBTI & KEMKOMINFO.
  • Biaya trading, deposit (instan), dan withdraw yang kompetitif bisa dicek langsung di https://help.bitocto.com/informasi-seputar-biaya-di-bitocto/#artikel

Level 3. Memulai Trading Crypto

  • Trading
    Anda bisa jual belikan cryptocurrency dan memanfaatkan pergerakan harganya yang cepat untuk mengambil profit dari selisih harga beli dan jual Anda.
  • Investasi
    Anda bisa ikuti jejak investor jangka panjang dan instansi yang mulai mengadopsi cryptocurrency seperti Bitcoin sebagai aset lindung nilai yang bisa disimpan untuk jangka panjang, seperti emas saja.
  • Transaksi
    Anda juga bisa gunakan cryptocurrency untuk mengirim uang dengan murah, mudah, dan cepat bahkan ke luar negeri sekalipun.
  •  
  • Trading crypto di Bitocto mengadopsi sistem pasar SPOT.

    Seperti trading saham, atau lebih familiar lagi, seperti jual beli perhiasan emas saja di pasar, bedanya cryptocurrency tidak memiliki wujud fisik. Anda membeli Bitcoin misalnya, dan Bitcoin tersebut menjadi milik Anda, bisa Anda simpan, dan jual kembali saat harga pasaran sudah naik untuk mendapatkan profit.

    Beli saat harga turun, dan jual saat harga naik. Jangan terbalik ya 🙂

Ekosistem blockchain dan cryptocurrency yang tengah berkembang dengan sangat cepat membuat banyak perusahaan maupun proyek berbasis blockchain bermunculan di Indonesia.
Organisasi pemerintahan BAPPEBTI (Kementerian Perdagangan) secara aktif merumuskan regulasi untuk exchange cryptocurrency di Indonesia. Didukung juga oleh KEMKOMINFO sebagai pengawas di sisi teknologinya.

Cryptocurrency sudah termasuk dalam komoditi – boleh diperdagangkan, dimiliki, ditransaksikan, dan dimanfaatkan sebagai objek investasi, namun pihak Bank Indonesia menyatakan bahwa cryptocurrency bukan dan tidak diperkenankan untuk dijadikan alat transaksi sehari-hari yang sah di Indonesia.

 

Level 4. Langkah Demi Langkah Trading Crypto

Untuk deposit awal minimal Rp 50,000 bisa diajukan langsung melalui aplikasi atau website Bitocto.

Untuk panduan deposit instan menggunakan VA :
https://help.bitocto.com/panduan-deposit-instan-melalui-virtual-account-va/

Panduan deposit manual (mengantri sesuai batch) :
https://help.bitocto.com/bagaimana-cara-melakukan-deposit-rupiah/

Transaksi di pasar spot ada 2 :

Maker (tidak instan)
Membuat harga sendiri sehingga mengantri untuk nasabah lain ambil harga yang Anda pasang.
Panduan : https://help.bitocto.com/melakukan-transaksi-maker-tidak-instan/

Taker (instan)
Mengambil harga yang sudah terpasang pada Order Book.
Panduan : https://help.bitocto.com/melakukan-transaksi-taker-instan/

Untuk cancel transaksi Maker, Anda bisa ke menu TRADE >> Order Aktif >> Anda lihat transaksinya disana bisa klik CANCEL.
Transaksi yang di cancel TIDAK akan kena fee apapun.

ntuk penarikan akan diproses ke rekening bank nasabah, instan 24/7 dengan biaya sebesar Rp 25,000 untuk penarikkan dibawah 5juta dan Rp 50,000 untuk penarikkan diatas 5juta.

FLAT ya, jadi kalau Anda tarik hingga 100juta pun (maks. Penarikkan dalam sehari) dikenakannya tetap Rp 50,000 saja.

Panduan Withdraw :
https://help.bitocto.com/bagaimana-cara-melakukan-penarikan-rupiah/

Di Bitocto ada layanan wallet atau dompet crypto, yang tidak hanya bisa digunakan untuk penyimpanan yang aman, tapi juga bisa berkirim dan menerima cryptocurrency. Berikut panduannya :

Deposit atau menerima kiriman Cryptocurrency & melihat alamat wallet Anda :
https://bit.ly/3sWOBUu

Withdraw atau mengirim Cryptocurrency ke alamat wallet lain :
https://bit.ly/2Y2FzH9

Ada. Program referral tersedia bagi Anda yang mau mengajak kerabat-kerabat atau komunitas Anda untuk ikut bergabung dan trading di Bitocto.

Caranya Anda bisa share link referral milik Anda yang bisa Anda lihat di menu REFERRAL PROGRAM pada aplikasi atau website Bitocto Anda.

Jika orang yang Anda refer berhasil mendaftar melalui link referral milik Anda dan melakukan transaksi, maka Anda berhak mendapatkan 40% dari setiap biaya trading mereka.

Bonus akan masuk ke wallet IDR Bitocto Anda dalam 1×24 jam dan laporan lengkapnya bisa Anda lihat pada menu REFERRAL PROGRAM.

Level 5. Analisa Untuk Mengambil Keputusan

Market Review merupakan laporan gambaran analisa teknikal tren pasar, jadi meskipun Anda tidak mahir membaca grafik, dari Market Review ini Anda akan lebih terbantu untuk mengambil keputusan jual ataupun beli.

KLIK DISINI untuk Hubungi Customer Support kami melalui WhatsApp atau Telegram untuk mendapatkan link Market Review.

KLIK DISINI untuk download PDF cara membaca Market Review.

Hal-hal yang harus diperhatikan seputar fundamental cryptocurrency:

  • Jumlah supply
  • Jumlah permintaan
  • Terjadi peristiwa besar
  • Volume transaksi
  • Level adopsi
  • Utilitas jaringan
  • Kesehatan jaringan
  • Rancangan kriptografi
  • Jumlah node
  • Fasilitas sistem

Pelajari lebih lengkapnya serta istilah-istilah dalam berita pasar cryptocurrency disini :
https://bit.ly/2MeMGti

Untuk pengenalan detail aset crypto juga bisa Anda telusuri di :
https://bitocto.com/octopedia/ & https://coinmarketcap.com

Disamping Market Review, kalau Anda mau belajar sendiri untuk langsung analisa grafik bisa ikuti panduan ini ya. Belajar cara membaca grafik di link berikut https://bitocto.com/octopedia/video

Dengan urutan sebagai berikut :

– Cara membaca candlestick
– Bollinger Bands
– SMA (Simple Moving Averages)
– Ichimoku Cloud
– Indikator Tren (RSI & MACD)

Jangan lupa untuk selalu mendampingi penggunaan suatu indikator dengan indikator tren ya!

  • Pahami risiko investasi Anda.
    Pertanyaannya, “Seberapa besar kerugian yang Anda sanggup tanggung? Segitulah yang Anda investasikan.” Gunakan “uang dingin” untuk berinvestasi dan trading agar Anda juga bisa mengambil keputusan dengan kepala dingin. Jangan sampai panik dan emosi akibat Anda menggunakan uang yang digunakan juga untuk keseharian Anda. Karena pada dasarnya apapun yang berhubungan dengan keuangan pasti punya risikonya masing-masing.
  • Saat harga turun, jangan panik, ini waktu tepat untuk membeli.
    Merah? Jangan takut. Momen yang tepat untuk membeli. Anggap saja seperti SALE besar-besaran. Menarik kan?
    Jika aset yang Anda pegang nilainya turun, persiapkan Stop Loss untuk meminimalisir kerugian, atau jika Anda yakin harga kedepannya akan pulih lagi, tahan dulu aset Anda, karena yang berkurang itu nilainya, bukan jumlah koin yang Anda miliki.
  • Pasang Order Aktif untuk hindari kehilangan momentum harga.
    Pasar crypto bergerak 24/7 diseluruh dunia. Pergerakan harga signifikan umumnya terjadi dan dapat dilihat pada pagi (06.00-09.00 WIB) dan malam hari (19.00-02.00 WIB). Untuk memastikan Anda tidak ketinggalan saat harga naik atau turun drastis jangan lupa pasang Order Aktif dengan transaksi MAKER ya. Begitu harga yang Anda pasang tersentuh, akan otomatis tereksekusi meski Anda sedang tidak buka aplikasi secara langsung.
  • Membaca update berita & pasar crypto.
    Karena pasar crypto juga diperdagangkan secara internasional, Anda perlu rajin-rajin memantau update berita dan pasar crypto secara internasional juga ya. Mulai dari tren harganya sampai pemberitaan-pemberitaan pentingnya. Bisa dari Google News atau di https://bitocto.com/blog/

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore