Apa Itu DigiByte?

Apa Itu DigiByte?

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

DigiByte merupakan open-source blockchain yang berkembang pesat diciptakan pada akhir 2013 dan rilis pada awal 2014 oleh pendiri Jared Tate. DigiByte bukan merupakan ICO, tidak ada perusahaan dibaliknya, namun 100% didorong oleh komunitas tanpa otoritas siapapun. Semuanya relawan.

Aset ini merupakan UTXO blockchain tertua dan terlama. Selain itu juga merupakan salah satu rantai tercepat dengan biaya yang hampir 0. DigiByte fokus pada kecepatan, keamanan, dan skalabilitas. Dengan timing blok yang jauh lebih cepat dibandingkan UTXO blockchain lainnya (15 detik).

Keamanan diperoleh dengan penggunaan 5 algoritma penambangan yang berbeda menggunakan solusi “MultiAgo” dan puluhan ribu node aktif. Sementara blockchain lainnya hanya menggunakan 1 algoritma penambangan untuk menambang blok baru dan memperkenalkan aset baru ke sirkulasi. DigiByte juga telah mempelopori Multishield, menciptakan kesulitan waktu nyata di kelima algoritma penambangan untuk menghadapi fluktuasi hashpower dengan mudah.

Koin DGB ditambang seiring waktu. Supply yang sudah beredar mencapai 13 miliar, dengan supply maksimal di 21 miliar pada 2035. Saat ini DigiByte berada di antara nomor 30 dan 40 pada Coinmarket Cap.

Setelah 6,5 tahun pengembangan dengan pemikiran kedepan, DigiByte telah menjadi salah satu aset teraman, tercepat, terlama, dan blockchain UTXO terdesentralisasi yang pernah ada.

Apa itu DigiByte dan Sejarahnya?

Jared Tate mengembangkan DigiByte pada 2013 dan meluncurkan genesis block pada Januari 2014. Pada saat itu, ini adalah salah satu dari sedikit proyek blockchain publik. DigiByte diluncurkan tanpa penjualan token awal dan dengan sedikit kemeriahan.

Setelah peluncuran, Tate mendedikasikan dirinya penuh untuk pengembangan DigiByte. Sejak itu, pendanaan untuk proyek tersebut datang melalui donasi ke DigiByte Foundation. Masuk akal juga untuk mengasumsikan bahwa Tate dan orang lain yang terlibat dalam proyek memiliki sejumlah besar DGB (koin asli) dari penambangan dan transaksi awal. Kekayaan mereka akan meningkat setiap kali harga DGB meningkat.

Berbicara tentang orang lain yang bekerja dalam tim ini, bisa dilihat anggota pengembang DigiByte langsung pada website mereka DigiByte.io.

Seperti semua mata uang kripto, harga DigiByte ini tidak stabil (fluktuatif). Hingga 2017, harganya relatif konstan, dengan hanya sedikit pertumbuhan. Namun, 2017 dan 2018 melihat serangkaian lonjakan dan penurunan untuk DGB.

Lonjakan Juni 2017 datang ketika DigiByte mengisyaratkan pengumuman yang akan datang di Twitter. Investor yang ingin mendapatkan uang dari pengumuman tersebut dengan cepat membeli ke DigiByte. Ini menaikkan harga. Namun, pengumuman tidak datang selama beberapa hari lagi. Aset ini memperkenalkan dompet baru dan beberapa fitur tambahan. Pada saat pengumuman, harga DGB telah jatuh mendekati level sebelum pengumuman.

Harga DigiByte melonjak lagi pada Desember 2017-Januari 2018. John McAfee, investor kripto yang populer, men-tweet tentang DigiByte sebagai perusahaan yang layak untuk ditonton. Lonjakan Desember yang diakibatkannya dibawa ke tahun baru. Tapi, akhirnya runtuh bersama dengan pasar crypto lainnya dalam koreksi Januari 2018.

Tidak ada fluktuasi besar di tahun 2018, kecuali untuk periode singkat di Triwulan ke-3 tahun ini di mana harga naik selama satu atau dua bulan. Ini terjadi pada saat perusahaan mengumumkan ketersediaan dompet untuk iOS dan Android, yang mungkin menjelaskan kenaikannya. Saat ini, Apple App Store mulai mengizinkan pembayaran dalam Digibyte.

Harga TerkiniUSD 0.024165
ROI (est. sejak waktu peluncuran)1532.08%
Kapitalisasi PasarUSD 329 304 126
Peringkat Pasar#43
Suplai Beredar13 627 455 231 DGB
Suplai Maksimal21 000 000 000 DGB
Harga Tertinggi Sepanjang MasaUSD 0.142889 (Jan 2018)
Harga Terendah Sepanjang MasaUSD 0.000020 (Dec 2014)
Volume Perdagangan 24 JamUSD 6 231 667

Sumber: CoinMarketCap 9 OCT 2020

Link Whitepaper DigiByte disini

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin