NFT Art

NFT Art: Pengertian, Contoh, Serta Cara Menjual & Membelinya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tahukah Anda apa itu NFT Art? Non-Fungible Token atau disingkat NFT adalah salah satu teknologi yang telah terbukti menolong banyak kalangan terutama seniman dan kolektor seni. Jika Anda masih asing, NFT Art token adalah istilah yang merujuk pada token karya seni digital berbentuk cryptocurrency.

Oleh karena itu, NFT Art dapat diperjualbelikan secara bebas di sistem blockchain. Banyak seniman memanfaatkan keberadaan token seni digital ini guna mengekspresikan mahakarya mereka dan memperoleh pendapatan yang tinggi. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Simak ulasan berikut!

Apa itu NFT Art token?

Teknologi blockchain kini telah memperluas jaringan operasionalnya dengan menghadirkan sebuah fenomena baru yang cukup memberi dampak signifikan dalam aset-aset dunia kripto. Salah satunya dengan kehadiran NFT (Non-Fungible Token) Art.

Tak heran jika beberapa dari Anda masih bingung mengenai apa itu NFT Art. Pasalnya, token ini bisa dibilang cukup baru keberadaanya dalam dunia cryptocurrency. 

Singkatnya, NFT Art token adalah token yang diperjualbelikan dalam bentuk transaksi karya seni berbasis digital. Artinya, NFT cenderung digemari oleh para seniman maupun kolektor dalam aset berupa gambar, lukisan, game, video, musik dan aset lainnya.

Karena keberadaannya yang kian melejit, NFT Art token semakin mudah diterima oleh khalayak luas sehingga hampir seluruh asetnya dipercaya bisa menjadi jembatan ampuh guna menghubungkan karya seni berbentuk fisik di dunia nyata dengan bentuk digital di dunia kripto.

Baca juga: 15+ Game NFT Penghasil Uang Kripto Terbaik yang Bisa Dicoba

Bagaimana NFT mulai diterapkan dalam dunia seni?

Asal mula NFT diterapkan dalam dunia seni ialah demi mempertahankan hak cipta serta orisinalitas seorang seniman atas mahakaryanya. Bentuk aset NFT yang terus menerus berkembang seiring berjalannya waktu juga menjadi semangat baru dalam menggagas luasnya cakupan seni digital.

Fenomena satu ini telah merambah hampir ke segala bentuk karya seni digital seperti musik, tulisan, gambar, real estate virtual, hingga skin video game yang kini semakin diminati kalangan muda.

Keunikan serta keragamannya tersebut akhirnya mampu mendobrak dan memberi angin segar dalam dunia seni modern. Sebagai contoh, salah satu seniman bernama Beeple bahkan bisa menjual mahakaryanya seharga lebih dari 69 juta dolar hanya dalam bentuk karya seni digital. Sangat menarik, bukan?

Selain dapat meningkatkan harga jual, keberadaan NFT Art dipercaya sangat membantu para seniman dalam memperluas jangkauan audiens mereka sehingga mampu mengepakkan sayap mahakaryanya di mata dunia.

Baca juga: Apa itu Basic Attention Token (BAT)? Pengertian dan Harganya

Contoh NFT Art termahal di dunia

Banyaknya seniman berkelas yang hinggap di dunia kripto dan mencoba Non-Fungible Token Art berhasil membuat aset-aset NFT kian melejit dan mendapatkan atensi luar biasa terutama dari kalangan kolektor. Oleh karenanya, terdapat sejumlah mahakarya yang berhasil dinominasikan sebagai aset termahal. Beberapa di antaranya adalah:

1. Everydays-The first 5000 Day oleh Beeple (Rp981 Miliar)

Posisi pertama karya seni dengan nilai jual tertinggi diraih oleh Mike Winkelmann atau biasa dikenal sebagai Beeple. Mahakarya Beeple berhasil merebut perhatian salah satu kolektor seni di balai lelang Christie’s dengan nilai jual fantastis hingga setara Rp981 Miliar.

Pencapaian tersebut berhasil membuat Beeble berada pada posisi ketiga sebagai kreator Non-Fungible Token Art termahal setelah David Hockney dan Jeff Koons.

2. Crossroads oleh Beeple (Rp93 Miliar)

Tak berhenti di mahakarya nya “Everydays-The first 5000 Day”, Beeple ternyata kembali merebut posisi kedua sebagai NFT Art token termahal yang pernah ada. Kali ini, ia meluncurkan karya seni bertajuk Crossroads dan berhasil terjual senilai $6,6 juta dollar Amerika atau setara dengan Rp93 Miliar pada Februari 2021.

3. Forever Rose oleh Kevin Abosch (Rp14 Miliar)

Para kolektor seni dan investor di dunia kripto kembali membuat masyarakat terperangah dengan membeli gambar fenomenal Kevin Abosch senilai Rp14 Miliar yang dibayar dengan NFT Art coin pada hari Valentine di tahun 2018 silam.

Baca juga: 10 Game Penghasil Uang Asli, Langsung ke Rekening!

Cara menjual NFT Art

Apabila OctoMate cukup berbakat dan tertarik bergelut di dunia cryptocurrency sebagai alternatif pendapatan pasif, Anda bisa memulainya dengan mengikuti cara membuat Non-Fungible Token Art berikut ini!

1. Ciptakan mahakarya original

Dalam dunia kripto, NFT Art token dapat diciptakan dan diakses melalui blockchain layaknya aset digital lain. Oleh karena itu, ketika menciptakan mahakarya baru, Anda akan mempunyai semacam kode unik tersendiri sebagai pengganti sertifikat orisinalitas atau bukti keaslian.

Itulah sebabnya, OctoMate sebaiknya menjamin keaslian mahakarya Anda sebelum menjualnya di situs blockchain. Anda bisa mengeksplorasi sejumlah bentuk seni seperti video, gambar, musik dan lain-lain.

2. Siapkan jaringan blockchain

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan jaringan blockchain. Beberapa contoh jaringan blockchain yang dapat memudahkan Anda dalam membuat dan menjual token NFT adalah milik Ethereum atau OpenSea. Kedua jaringan ini juga tidak memungut biaya sepanjang prosesnya sehingga cocok sekali bagi Anda yang pemula.

3. Temukan lapak digital sebagai marketplace

Setelah membuat karya dan menemukan jaringan blockchain, OctoMate tentu membutuhkan sebuah marketplace sebagai lapak menjual mahakarya tersebut. Oleh karena itu, pilihlah lapak marketplace terbaik yang paling cocok untuk aset digital Anda.

Selain mencari lapak terbaik, Anda juga tidak boleh lupa untuk menghubungkan marketplace tersebut dengan crypto wallet Anda. Hal itu penting agar NFT Art coin nantinya dapat diubah menjadi mata uang negara asal sang seniman.

Baca juga: 14 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Cepat & Tanpa Modal!

Cara membeli NFT Art

Bagi OctoMate yang hobi mengoleksi seni-seni digital, Non-Fungible Token Art juga dapat menjadi opsi menarik dan patut dicoba. Apabila Anda masih baru dalam dunia jual-beli kripto, ikuti cara sederhananya berikut.

1. Memiliki crypto wallet

Karya seni ini umumnya dapat dibeli dengan menggunakan mata uang digital bernama NFT Art coin. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan segala hal, Anda sebaiknya memiliki crypto wallet yang berfungsi menyimpan uang digital tersebut.

Dewasa ini, crypto wallet telah hadir dalam beberapa bentuk seperti online wallet, hardware wallet, paper wallet serta mobile wallet. Jadi, pilihlah bentuk mana yang paling sesuai untuk Anda, ya!

2. Menentukan marketplace NFT Art yang ingin dibeli

Setelah crypto wallet terisi, langkah selanjutnya adalah mengunjungi marketplace karya seni digital yang menarik perhatian Anda. Marketplace merupakan lapak jualan para seniman dalam dunia kripto dengan ketentuan berbeda satu sama lainnya.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya membaca segalanya dengan seksama sebelum memutuskan membeli suatu mahakarya, ya.

3. Pilih mahakarya kesukaan Anda

Langkah terakhir adalah memilih karya seni kesukaan Anda. Setelah menemukannya, OctoMate bisa membeli karya tersebut dengan fixed price ataupun dengan mengikuti lelang. 

Karya seni berlabel fixed price berarti tak bisa ditawar lagi harganya. Produk-produk fixed price umumnya langsung memunculkan tombol “Buy Now” di bawah keterangannya. Dengan menekan tombol tersebut, Anda akan diarahkan pada halaman pembelian secara langsung.

Berbeda dengan fixed price, produk NFT Art yang dihadirkan di pasar lelang tentu bisa Anda dapatkan dengan harga hasil bidding. Artinya, Anda dapat memiliki produk tersebut sesuai harga yang Anda ajukan.

Baca juga: Mengenal Bid dalam Dunia Kripto dan Bedanya dengan Ask

Cara mengonversi NFT Art

Setelah mengikuti cara membuat Non-Fungible Token Art sebelumnya, OctoMate bisa melanjutkan proses penjualan dengan tahapan konversi yang pada hakikatnya sama dengan proses pembelian terbalik.

Artinya, Anda bisa menukar hasil penjualan Non-Fungible Token Art dengan BNB (Binance Coin). Hasil BNB tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan token kripto maupun uang tunai. Apabila Anda berniat menukarkannya dengan uang tunai, maka lakukanlah transaksi pertukaran mata uang secara langsung ke dalam rekening bank Anda.

Itulah ulasan rinci mengenai apa itu NFT Art, cara membuat, menjual dan membelinya. Jika memenuhi kriteria dalam usaha aset digital satu ini, maka jangan ragu untuk mencobanya ya, OctoMate!

Baca juga: Begini Cara Investasi Bitcoin Pemula Agar Untung Maksimal!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin