apa itu matic coin (polygon)

Mengenal Polygon (Matic), Aset Kripto yang Sedang Melesat

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tahukah Anda bahwa matic coin adalah salah satu koin kripto yang tengah digandrungi oleh para investor saat ini? Tak main-main, volume transaksi polygon (matic) bahkan merupakan terbanyak yang kedua mengalahkan Dogecoin. Hal itu sukses membuatnya bertengger di urutan 15 di antara aset cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Jadi selain Bitcoin dan Ethereum, koin matic tentu juga layak menjadi mata uang digital yang dapat Anda lirik tahun ini. Untuk lebih jelasnya, pahami lebih lanjut dalam artikel berikut yuk, OctoMate!

Apa itu Polygon (Matic)?

Polygon (matic) adalah protokol yang berfungsi sebagai penghubung beberapa jaringan blockchain dan semuanya telah kompatibel dengan Ethereum. Produk ini mampu memberikan solusi atas lambatnya kecepatan maupun tingginya gas fee tanpa mengesampingkan keamanan pengguna.

Adapun matic coin adalah token ERC-20 yang fungsinya untuk pembayaran transaksi dan sebagai governance token pada protokol Polygon. Selain itu, koin ini dapat berfungsi sebagai staking dalam jaringan.

Polygon (matic) adalah media yang memungkinkan transaksi Ethereum lebih cepat dan murah serta memungkinkan tiap-tiap sidechain polygon mencapai 65.536 transaksi untuk tiap blok. Penggunaan produsen blok juga mampu mencapai tingkat desentralisasi yang tinggi sehingga meningkatkan keamanan pengguna.

Sebagai koin yang digunakan untuk membayar proses polygon (matic), matic coin adalah pembayaran yang tidak menimbulkan biaya transaksi tinggi sebab telah mengadaptasi teknologi open source. Jadi, developer mendapat kesempatan untuk menciptakan jaringannya sendiri.

Baca juga: Apa itu USDT? Aset Kripto yang Banyak Diperjualbelikan

Asal-usul Matic Coin

Asal usul matic coin adalah pada tahun 2017 di India dengan nama jaringan Matic. Koin ini dikembangkan oleh para pengembang Ethereum, yakni Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, Anurag Arjun, dan Mihailo Bjelic sebagai solusi permasalahan jaringan, gas fee, kecepatan transaksi, dan skalabilitas Ethereum.

Awal mula dikenalnya matic coin adalah pada April 2019 ketika tim Polygon berhasil mengumpulkan 5.6 juta dolar AS melalui penjualan 1.9 miliar MATIC selama 20 hari saja. Kemudian, pada tahun Februari 2021 nama jaringan Matic diubah menjadi Polygon Network.

Baca juga: Apa Itu Airdrop Crypto? Ini Cara Mendapatkannya Secara Gratis

Fungsi Koin Matic

Fungsi dari penggunaan matic coin adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Investasi

Matic coin adalah instrumen investasi yang cukup menjanjikan karena seperti halnya aset kripto lainnya, nilai koin ini dapat mengalami kenaikan atau penurunan drastis dalam jangka pendek maupun menengah. Hal tersebut memungkinkan kita untuk meraup keuntungan besar.

Selain itu, kerangka skalabilitas dan jaringannya masih terus dikembangkan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai kompetitornya, yakni Avalanche dan Polkadot yang nilai kapitalisasi pasarnya lebih tinggi.

2. Untuk Staking

Fungsi lain matic coin adalah untuk staking kepada validator yang terpercaya sebagai pendukung investasi kripto agar memperoleh passive income lebih besar. Validator inilah yang akan mengamankan jaringan.

Baca juga: Apa itu Staking Coin? Begini Menjadikannya Passive Income

Cara Kerja Polygon (Matic)

Instrumen ini mampu memfasilitasi kebutuhan developer dengan mengutamakan keamanan, kinerja, dan juga user experience (UX). Adapun cara kerja matic coin adalah sebagai berikut.

  • Memiliki 2 layer, dimana layer 1 (L1) merupakan mainnet dan menjadi jaringan blockchain utama. Sedangkan layer 2 (L2) menjadi blockchain yang akan berjalan di atas layer 1. Dengan demikian, L2 akan mengatasi kerugian dan hambatan-hambatan akibat padatnya jaringan Ethereum.
  • Dalam layer 2 terdapat commit chains dan side chains, kedua komponen ini memiliki perbedaan, yakni commit chains lebih berfokus untuk melakukan integrasi keamanan jaringan.
  • Ketika kedua layer tersebut bersinergi, maka transaksinya akan lebih cepat dengan biaya gas jauh lebih murah. Demikian pula skalabilitasnya yang aman bagi pengguna.

Baca juga: Mengenal Shiba Inu, Aset Saingan Dogecoin yang Meroket

Harga Koin Matic Terkini

Per tanggal 17 Agustus 2022, harga matic coin adalah Rp13.276,99. Nominal ini tentu berubah-ubah tiap harinya. Hal ini karena harga kripto sangatlah volatil dan mudah dipengaruhi oleh sentimen pasar. Namun, Anda juga bisa selalu mengecek harga matic coin ke rupiah hari ini secara real time melalui halaman member Bitocto.

Cara Membeli Matic Coin

Adapun cara membeli matic coin adalah dengan mencari platform trading khusus kripto (exchanges) yang juga menyediakan layanan transaksi aset, termasuk Polygon. Setelah menemukannya, biasanya Anda harus mengikuti ketiga prosedur berikut.

  • Pertama, lakukan pendaftaran (sign up) di crypto exchange pilihan Anda guna menjadikannya perantara dan pemberi fasilitas trading.
  • Kedua, syarat agar terdaftar sebagai investor matic coin adalah dengan menyetorkan setoran awal atau sejumlah deposit dana. Biasanya, nominal ini telah ditetapkan oleh broker.
  • Lakukan pembelian matic coin di platform crypto yang tersedia.

Baca juga: Apa itu Deposit dan Deposit dalam Kripto? Begini Caranya

Cara Mencairkan Koin Matic ke Rupiah

Setelah mengetahui pengertian, asal usul, dan fungsinya, hal penting yang harus Anda ketahui jika ingin menjadi investor matic coin adalah cara mencairkannya dalam bentuk rupiah. Biasanya, proses ini berbeda-beda tiap platformnya. Namun secara umum, begini langkah-langkahnya.

  • Login di aplikasi broker menggunakan akun Anda.
  • Cari opsi “Withdraw” atau “Withdraw Funds” kemudian klik.
  • Pilih mata uang tujuan Anda mencairkan, dalam hal ini pilih “Indonesia Rupiah”
  • Masukkan nominal yang ingin Anda tarik. Pastikan nominalnya di atas batas minimal saldo yang telah ditetapkan oleh broker.
  • Lengkapi informasi seperti data diri, nomor rekening pribadi, dan nama bank tujuan.
  • Lakukan konfirmasi dan tunggu beberapa saat hingga uang ditransfer ke rekening Anda.

Demikian penjelasan seputar polygon (matic) yang berhasil Bitocto rangkum untuk Anda. Setelah membaca artikel di atas, apakah OctoMate tertarik menjadikannya sebagai salah satu mata uang cryptocurrency pilihan? Apapun koin pilihan Anda, pastikan untuk selalu memulainya di Bitocto, platform pertukaran aset digital andalan masa kini!

Baca juga: Mengenal Apa itu Chainlink Coin, Harga dan Cara Kerjanya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin