kegiatan ekonomi adalah

Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Jenis & Contohnya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang tidak mungkin bisa dihindari. Kegiatan ekonomi selalu ada dan terjadi di sekitar kita, seperti ketika kita membuat, menjual atau membeli sesuatu. Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi ataupun upaya pemenuhan kebutuhan hidup tiap masyarakat akan selalu berhubungan dengan kegiatan ini.

Nah kemudian, apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi itu sendiri? Dan apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Bitocto telah merangkumnya dalam artikel dibawah ini.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Perekonomian yang dilakukan oleh manusia terdiri dari tiga kegiatan berkelanjutan, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Orang yang melakukan kegiatan ekonomi adalah disebut pelaku ekonomi.

Manusia memiliki banyak kebutuhan setiap harinya. Dari saat dia bangun sampai tertidur lagi di malam hari, semua kebutuhan ini tidak dapat dipisahkan darinya. Kebutuhan ekonomi tersebut antara lain meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan informasi.

Semua kebutuhan ini diperlukan untuk mencapai kesejahteraan dan kepuasan. Guna memenuhinya, diperlukan suatu kegiatan yang menurut prinsip ekonomi disebut kegiatan ekonomi bagi seseorang untuk memperoleh penghasilan.

Pengertian lain dari kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi.

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Karena adanya tujuan yang harus dicapai, maka kegiatan ekonomi dilakukan. Adapun tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi kebutuhannya di masa sekarang dan juga di masa yang akan datang.

Selain itu, tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi adalah:

  • Mendapatkan keuntungan atau kekayaan
  • Meningkatkan kualitas dan jumlah produksi
  • Memenuhi kebutuhan manusia
  • Mempertahankan kelangsungan sebuah perusahaan
  • Mengganti atau memperbaharui barang yang telah rusak karena terpakai

Baca juga: Negosiasi adalah: Tujuan, Tahapan, Ciri, dan Contohnya

Jenis Kegiatan Ekonomi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Di dalam kegiatan ekonomi sendiri terdapat beberapa jenis kegiatan dan faktor yang mempengaruhi keberlangsungannya. Penjelasan mengenai jenis kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Produksi

Produksi adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk menghasilkan barang. Dalam pengertian lain, produksi juga diartikan sebagai kegiatan atau upaya manusia untuk menambah nilai guna suatu barang atau jasa.

Tujuan kegiatan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen serta mendapatkan keuntungan sebagai seorang produsen

Barang hasil proses produksi dibagi menjadi 3 jenis, yakni barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Proses kegiatan ekonomi yang satu ini akan selalu dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain ketersediaan tenaga kerja, modal, kondisi sumber daya alam, dan kemampuan dalam berwirausaha.

Tujuan manusia melakukan kegiatan produksi adalah:

  • Memenuhi kebutuhan 
  • Mencari keuntungan 
  • Menjaga kelangsungan sistem operasional dalam perusahaan
  • Mengganti barang yang rusak 
  • Meningkatkan jumlah dan mutu produksi

Baca juga: Produsen Adalah: Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Contohnya

2. Konsumsi

Konsumsi adalah jenis kegiatan ekonomi berupa pemakaian barang hasil produksi. Sedangkan manusia yang melakukan kegiatan ini disebut sebagai konsumen (pembeli).

Kegiatan konsumsi sangat bermanfaat dalam membantu kegiatan perekonomian suatu negara. Sebab kegiatan ini dinilai dapat mendukung aktivitas produksi, mulai dari membantu penyesuaian upah pekerja, hingga sebagai upaya mengurangi kemiskinan suatu negara.

Secara umum, tujuan manusia melakukan kegiatan konsumsi adalah untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Namun, perlu diingat kegiatan konsumsi yang berlebihan malah justru bisa berdampak buruk pada kesehatan finansial Anda. Oleh sebab itu, Anda harus bijak dalam melakukan kegiatan ekonomi yang satu ini, ya.

3. Distribusi

Distribusi adalah jenis kegiatan ekonomi berupa penyaluran barang produksi oleh produsen kepada konsumen. Pihak atau orang yang terlibat dalam kegiatan distribusi disebut distributor. Proses distribusi dinilai penting karena pada tahapan inilah barang hasil produksi bisa tersebar dan sampai ke tangan para konsumen. 

Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi distribusi adalah:

  • Barang dan jasa hasil produksi dapat diambil nilai gunanya oleh konsumen
  • Konsumen lebih mudah mendapat barang yang dibutuhkannya
  • Menjamin keberlangsungan usaha produksi barang dan jasa

Penyaluran distribusi bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni sebagai berikut.

  • Distribusi langsung, artinya proses penyaluran dilakukan tanpa melalui perantara, yakni langsung dari produsen ke konsumen. Contohnya pedagang nasi goreng ke pembelinya.
  • Distribusi semi langsung, pada proses ini hasil produksi disalurkan melalui perantara atau distributor, namun produsen masih tetap dapat mengontrol distributor tersebut. Contohnya pabrik tekstil yang menyalurkan barangnya melalui converter.
  • Distribusi tidak langsung, proses penyaluran dari produsen ke konsumen dilakukan melalui agen, grosir, pedagang kecil, atau makelar. Contohnya PT Unilever yang menyalurkan barangnya hingga ke toko-toko kecil di seluruh daerah.

Baca juga: Ekonomi Digital Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Contoh Kegiatan Ekonomi

Contoh kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut.

1. Contoh Kegiatan Ekonomi pada Bidang Pertanian

Pada bidang ini kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang selalu bergantung dari adanya sumber daya alam yang baik yaitu tanah. Kondisi tanah dinilai mampu memengaruhi baik tidaknya hasil produksi pertanian. Misalnya daerah penghasil padi, kentang, atau wortel, kemudian didistribusikan ke daerah kota (non agraris) dan dikonsumsi oleh masyarakat luas.

2. Contoh Kegiatan Ekonomi pada Bidang Jasa

Lain halnya dalam bidang jasa, dalam bidang ini kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang selalu berkaitan dengan berbagai bentuk pelayanan. Misalnya seperti perhotelan, asuransi, transportasi, perbankan dan aktivitas pemberian jasa lainnya.

3. Contoh Kegiatan Ekonomi pada Bidang Perkebunan

Contoh kegiatan ekonomi selanjutnya adalah di bidang perkebunan. Kegiatan ekonomi pada bidang ini umumnya tak jauh beda dengan bidang pertanian. Dimana faktor sumber daya alam dinilai dapat memengaruhi hasil produksi. Skema kegiatan ekonominya pun sama. Bedanya,  barang yang dihasilkan pada bidang ini adalah mangga, sawit, dan hasil kebun lainnya.

4. Contoh Kegiatan Ekonomi pada Bidang Industri

Terakhir adalah contoh kegiatan ekonomi pada bidang industri. Pada bidang ini, kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dapat dilakukan baik secara individu maupun berkelompok dalam suatu lembaga.

Inti dari kegiatannya pun adalah mengolah bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi yang siap dikembalikan pada masyarakat. Misalnya, industri roti, industri sabun, dan lainnya.

Demikian penjelasan lengkap dari Bitocto mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dan apa tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi. Nah, Anda juga bisa melakukan kegiatan ekonomi dengan mudah dan aman melalui Bitocto, lho. Karena Bitocto adalah platform investasi terpercaya yang sudah diregulasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo.

Baca juga: Mengenal Arti Resesi, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin