Harga Bitcoin Turun? Cek Update Harga Cryptocurrency Berikut

By 17 Februari 2020Berita

Harga Bitcoin turun lebih dari $300 dalam kurun waktu kurang dari satu jam pada hari Minggu (16/02/2020) kemarin. Walau begitu, Bitcoin telah memangkas sejumlah kerugian sejak lonjakannya dari $9,600 ke $9,790.

Akhir pekan yang buruk untuk harga bullish (naik) Bitcoin

Sebagian besar Cryptocurrency lainnya bernasib lebih buruk, seperti dibuktikan oleh dominasi pasar Bitcoin yang naik satu persen sejak kemarin ke 63.2%.

Baca juga: Pengadopsian Cryptocurrency: Bagaimana Bisnis Beradaptasi Terhadap Revolusi Cryptocurrency?

Akhir pekan buruk yang menyelimuti kenaikan harga Bitcoin dimulai pada hari Sabtu setelah mengalah dari level $10,000. Hari ini (17/02/2020), BTC jatuh lebih jauh dan memantul dari level resisten utama (batas atas) di sekitar $9,600, yang ternyata juga merupakan 20 hari moving average atau 20-MA.

Lalu bagaimana selanjutnya dengan Bitcoin? Level $9,850 perlu digapai kembali, menurut analis pasar Cointelegraph Markets, filbfilb, untuk menghindari jatuh lebih jauh ke $9,400-$9,500 dan bahkan titik support (batas bawah) $8,800.

Baca juga: Ledakan Cryptocurrency: Bitcoin naik mencapai angka tertingginya, Ethereum dan koin terkemuka lainnya ikut meroket.

Perlu dicatat bahwa harga bitcoin turun memberikan “gap” berjangka Bitcoin di $10,495, harga dimana perdagangan berjangka CME BTC ditutup pada hari Jumat. Seperti yang dilaporkan Cointelgraph beberapa kali sebelumnya, fenomena kesenjangan ini dipenuhi pada saat dimulainya kembali perdagangan — biasanya terjadi dalam beberapa hari — tidak luput dari perhatian.

Sementara itu, Indeks Takut dan Serakah telah menurun dari 64 ke 59, yang masih menunjukan sentimen pasar saat ini masih “serakah” dan menunjukan bahwa multi-week rally (kenaikan berkelanjutan) diatas $10,300 akan dikoreksi.

Koin lain menurun

Kenaikan 40% Bitcoin dari tahun ke tahun telah membuat koin lainnya mendapatkan kenaikan yang lebih besar. Namun, sebaliknya juga berlaku karena kerugian koin lain cenderung lebih besar juga.

Baca juga: Bitcoin menurun dibawah $10,000 – Lalu bagaimana?

Ethereum (ETH) menurun hingga 6% dalam 24 jam terakhir, sedangkan EOS dan XRP mengalami penurunan lebih berat dengan masing-masing -9.13% dan -7.83%.

Baca juga: Ethereum Menembus Titik Resisten: Harga Ethereum Berpotensi Naik Terus

“Ya, kita mengalami retracement (pergantian tren sementara),” komentar kontributor reguler Cointelegraph Markets Michaël van de Poppe. Ia melanjutkan:

“Retracement (pergantian tren sementara) ini memang sadis terhadap beberapa koin lainnya, namun juga memberikan kesempatan. Ragu kalau kita akan melihat $9,400.”

Pada saat pers, dominasi pasar Bitcoin berdiri di 63.2% dengan kapitalisasi pasar Cryptocurrency turun lebih dari 2% pada hari itu menjadi $282 miliar.

Gambaran harga koin 3 teratas

  • Bitcoin (BTC) terlihat belum bisa pulih karena bear (penurunan) masih berlanjut, mengoreksi harga tertinggi dalam 5 bulan terakhir yaitu $10,511.
  • Ethereum (ETH) tergelincir jauh dibawah titik support (batas bawah) $270 dan jatuh ke $265.72 sebelum pulih sedikit ke arah sebelumnya. Meskipun terjadi sedikit penurunan dari titik terendah, harga bisa pulih kembali jika koreksi cryptocurrency secara luas terjadi dalam waktu cepat. Koin ini diprediksi akan mengalami kenaikan mingguan hingga 18%.
  • Ripple (XRP) penjualnya akan kembali bermain setelah pantulan dari kerendahan $0.294 pada hari Sabtu kemarin ke level $0.31. Saat ini koin ditransaksikan dengan datar di area $0.308. Harga pada grafik menunjukan kelelahan akan bullish (kenaikan), dan pasar menunggu penurunan harga selanjutnya. Koin nomor 3 ini mendapatkan lebih dari 9.5% per minggu.

Baca juga:

Sources : Allen Scott on Cointelegraph.com; Dhwani Mehta on FXStreet.com

Disclaimer: Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.