Bitcoin address wallet

Apa itu Bitcoin Wallet Address? Pengertian dan Cara Membuat

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bitcoin adalah jenis mata uang digital atau aset kripto yang semakin banyak diminati oleh masyarakat global. Sejak kehadirannya di tahun 2009, perkembangannya juga semakin pesat. Sama seperti konsep keuangan pada umumnya, Bitcoin juga membutuhkan sejenis akun untuk menyimpan aset. Dari sinilah yang kemudian disebut sebagai Bitcoin wallet addres.

Jika dijelaskan menggunakan analogi, Bitcoin wallet address adalah alamat rekening Anda. Sama seperti fungsinya pada umumnya, Bitcoin wallet address adalah identitas unik untuk setiap akun pemilik Bitcoin. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak artikelnya dan pahami lebih lanjut mengenai apa itu Bitcoin wallet address.

Apa itu Bitcoin wallet address?

Bitcoin wallet address adalah serangkaian alfanumerik yang merupakan alamat unik untuk setiap wallet Bitcoin. Sederhananya, Bitcoin wallet address adalah alamat rekening yang digunakan untuk segala jenis transaksi Bitcoin. Tanpa alamat ini, Anda tentu tidak bisa mengirim, menerima, dan menyimpan aset Bitcoin. 

Dengan kata lain, alamat wallet untuk Bitcoin ini menjadi identitas untuk menentukan dimana aset akan disimpan dan kemana aset akan dikirimkan. Berbeda dari penggunaan alamat rekening yang bisa dipakai berulang kali, Bitcoin wallet address sebaiknya hanya digunakan satu kali saja. Mengapa?

Pada dasarnya, konsep yang berjalan pada setiap transaksi Bitcoin berjalan secara transparan. Artinya, setiap aktivitas transaksi yang pernah dilakukan dapat dilacak karena bersifat publik dan tersimpan dalam jaringan Bitcoin. Sehingga, ketika sebuah alamat Bitcoin digunakan, alamat ini akan terkait dengan semua transaksi lain yang pernah dilakukan. 

Oleh karena itu, demi keamanan pengguna, alamat ini sebaiknya hanya digunakan dalam satu kali jenis transaksi dan lebih berhati-hati dalam menyimpannya.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin Wallet? Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat

Format Bitcoin wallet address

Terdapat beberapa jenis format yang digunakan dalam Bitcoin wallet address. Hingga saat ini ada 3 jenis format yang masing-masing diawali dengan 1, 3 atau bc1 dan panjang karakter 26-35 karakter. Format Bitcoin wallet address adalah: 

1. Alamat P2PKH adalah format alamat yang diawali dengan angka 1

Contoh: 15e15hWo6CShMgbAfo8c2Ykj4C6BLq6Not

2. Alamat P2SH adalah format alamat yang diawali dengan angka 3

Contoh: 35PBEaofpUeH8VnnNSorM1QZsadrZoQp4N

3. Alamat Bech32 adalah format alamat yang diawali dengan bc1

Contoh: bc1q42lja79elem0anu8q8s3h2n687re9jax556pcc

Dengan membagikan alamat tersebut kepada pihak lain, maka Anda dapat melakukan transaksi Bitcoin. Namun, Anda tetap harus lebih berhati-hati dalam memberikan alamat Bitcoin. 

Baca juga: Apa Itu Blockchain Wallet? Pengertian, Contoh, dan Cara Kerja

Cara membuat Bitcoin wallet address

Selayaknya rekening pada bank, Anda tentu harus membuka alamat rekening terlebih dahulu untuk melakukan transaksi. Hal serupa juga dilakukan untuk memulai transaksi menggunakan Bitcoin, baik untuk menyimpan, mengirim, atau menerima Bitcoin dari orang lain. 

Terdapat beberapa jenis dompet Bitcoin yang bisa digunakan dalam cara membuat Bitcoin wallet address. Berikut empat jenis wallet untuk Bitcoin yang bisa Anda pilih:

Hardware wallet

Hardware wallet adalah perangkat fisik yang dapat dihubungkan ke komputer seperti layaknya sebuah flashdisk untuk menyimpan private key aset secara offline. Teknik ini dinilai lebih aman dalam menjaga keamanan aset yang tersimpan di dalamnya. 

Aset dan identitas Anda akan tetap aman meskipun terjadi peretasan pada komputer. Namun, bagi beberapa orang hardware wallet dianggap kurang praktis dan terbilang mahal.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Cold Wallet di Cryptocurrency?

Desktop wallet

Jenis wallet ini merupakan perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer. Namun, potensi adanya peretasan dan pencurian aset Bitcoin masih terbilang cukup tinggi untuk jenis wallet ini, terutama jika peretas menerobos keamanan komputer Anda.

Web wallet

Hampir sama seperti desktop wallet, web wallet juga lebih mudah digunakan dan diakses. Namun, sistem keamanan pada web wallet justru lebih buruk apalagi jika ada pihak yang mengetahui identitas pribadi Anda, seperti tanggal lahir dan alamat email.

Wallet seluler

Dari beberapa jenis wallet sebelumnya, wallet seluler adalah yang paling rentan keamanannya. Penyedia layanan wallet juga akan mengetahui private key Anda, sehingga aset Bitcoin yang tersimpan cenderung kurang aman. 

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai Bitcoin wallet address dan cara membuatnya. Intinya, tanpa Bitcoin wallet address Anda tidak bisa melakukan transaksi atau bahkan menyimpan aset Bitcoin. Selain itu, pastikan untuk menyimpan identitas Anda, baik terkait aset maupun identitas wallet dengan hati-hati.

Baca juga: Begini Cara Investasi Bitcoin Pemula Agar Untung Maksimal!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin