Bank DBS & PayPal Mengumumkan Bergabung Di Ekosistem Crypto

By 28 Oktober 2020Berita

PayPal

PayPal telah memasuki pasar cryptocurrency, mengumumkan bahwa pelanggannya akan dapat membeli dan menjual Bitcoin dan mata uang virtual lainnya menggunakan akun PayPal mereka.

Koin virtual itu kemudian dapat digunakan untuk membeli barang-barang dari 26 juta penjual yang menerima PayPal, terangnya.

PayPal berencana untuk meluncurkan opsi pembelian di Amerika Serikat dalam beberapa minggu ke depan, setelah pengumumannya 1 minggu lalu, dengan peluncuran penuh yang akan dilakukan awal tahun 2021. Harga Bitcoin naik seiring dengan pengumuman ini, menembus angka $12,000. Cryptocurrency lain yang akan ditambahkan juga adalah Ethereum, Litecoin, dan Bitcoin Cash (spin-off dari Bitcoin).

Semua bisa disimpan “langsung di dalam dompet digital PayPal”, jelas perusahaan PayPal.

Cryptocurrency tetap menjadi metode pembayaran khusus, sebagian besar karena perubahan cepat dalam harga yang dialami aset ini dibandingkan dengan mata uang tradisional milik negara. Itu yang membuat aset ini populer di antara beberapa jenis investor.

PayPal mengatakan perusahaannya bertujuan “untuk meningkatkan pemahaman konsumen dan tingkat adopsi cryptocurrency”.

“Sebagai bagian dari penawaran ini, PayPal akan memberikan pemegang akun konten pendidikan untuk membantu mereka memahami ekosistem cryptocurrency,” lanjutnya.

Pembayaran dengan Crypto

Perusahaan pembayaran lain, seperti aplikasi Square’s Cash dan Revolut, telah menawarkan cryptocurrency untuk dijual. Tetapi PayPal memiliki salah satu jaringan pedagang terbesar di dunia.

Terkait penggunaan koin virtual, PayPal akan mengonversi cryptocurrency menjadi mata uang nasional yang relevan, sehingga perusahaan yang dibayar tidak akan pernah menerima koin virtual langsung dalam jumlah sebenarnya dalam poundsterling atau dolar.

PayPal mengatakan dengan sistem ini berarti akan ada “kepastian nilai dan tidak ada biaya tambahan”. Tetapi penggunaan Bitcoin untuk membayar ke pedagang biasa tidak akan diluncurkan hingga “awal 2021”.

Harga volatil Cryptocurrency bersama dengan penggunaan historisnya sebagai metode pembayaran yang kurang dapat dilacak untuk tujuan ilegal telah menyebabkan banyak seruan agar mereka diatur dengan undang-undang.

PayPal telah diberikan izin untuk operasinya dari Departemen Layanan Keuangan Negara Bagian New York, dalam bentuk “Bitlicence” bersyarat lisensi pertama sejenis ini yang diberikan.

Sebagai permulaan, layanan ini akan bekerja dengan penyedia cryptocurrency yang ada di Amerika Serikat, Paxos Trust Company.

Bank DBS

DBS Bank Ltd adalah bank terbesar di Asia Tenggara dalam perihal aset yang dikelola (Asset Under Management), karena 100+ cabang perusahaan ini menyimpan lebih dari $600 miliar saat ini. Bank menerbitkan informasi tentang pertukaran cryptocurrency yang sedang dirancang oleh bank DBS dan kemudian dengan cepat menghapus pengumuman tersebut. Namun, sejumlah pendukung cryptocurrency menangkap pernyataan DBS sebelum bank tersebut menghapusnya. Akun Twitter yang dijuluki ‘Fiat Minimalist’ men-tweet tangkapan layar dan berkata: “Kucing keluar dari persembunyiannya (rahasia telah terbongkar).”

“Ini telah dikerjakan selama 2 tahun belakangan,” Fiat Minimalist memberitahu 2.300 pengikutnya. “Semua bank harus mengikuti pada akhirnya. Bayangkan kalau dirimu terus menolak BTC,” tambahnya. Pengumuman juga telah disimpan di cache web dan sekarang dihosting di Archive.org juga. “Pertukaran Aset Digital DBS menawarkan layanan pertukaran dari mata uang fiat ke empat mata uang digital teratas yang beredar — Bitcoin, Bitcoin Cash, Ether, dan XRP,” demikian bunyi situs web DBS Digital Exchange.

DBS Digital Exchange

Berita tentang DBS Digital Exchange yang baru dibuat mengikuti pengumuman yang dibuat oleh raksasa pembayaran Paypal sebelumnya. Selain itu, pada bulan September 2020 terungkap bahwa bank-bank Amerika Serikat sekarang diizinkan untuk menyimpan cadangan bagi penerbit stablecoin.

Platform pertukaran DBS yang baru ini juga berencana untuk mengizinkan penawaran token keamanan (security token offerings). “Perusahaan yang mencari opsi teregulasi untuk meningkatkan modal swasta dari investor yang memenuhi syarat sekarang dapat memanfaatkan DBS Digital Exchange untuk mengamankan aset nyata menjadi token digital yang dapat diperdagangkan,” catat DBS.

Selanjutnya, DBS berpikir bahwa cryptocurrency adalah “masa depan pasar modal.”

“Aset digital siap untuk menjadi masa depan dari ‘ekonomi digital masa depan’. Dengan DBS Digital Exchange, bursa digital yang didukung bank, perusahaan, dan investor kini dapat memanfaatkan ekosistem solusi terintegrasi untuk memanfaatkan potensi besar pasar swasta dan mata uang digital, ” demikian pengumuman bank DBS.

Kedua berita besar diatas telah menggerakkan harga pasar cryptocurrency begitu tinggi pada 28 Oktober 2020 ini, dan menunjukkan semakin luasnya kepercayaan dan adopsi khalayak luas pada Bitcoin dan aset crypto lainnya. Kapan giliran Anda memulai investasi crypto Anda?

#MulaiDenganBitocto dari IDR 50.000 saja dan dapatkan edukasi GRATIS. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Support Bitocto di WhatsApp 0877-9888-6840 atau 0877-2288-9488 atau Telegram Bitocto saat diluar hari kerja http://t.me/bitocto

Sources : Jamie Redman on Bitcoin News & BBC News