Update Pasar Cryptocurrency : Bitcoin, Ethereum & Ripple 7 Agustus 2020

By 7 Agustus 2020Berita

Setelah menyelesaikan bulan Juli dengan gaya yang begitu keren, cryptocurrency di semua pasar mulai beristirahat, nampak pada masuknya para aset ke tren konsolidasi, dipimpin oleh Bitcoin, Ethereum, dan Ripple. BTC contohnya sudah mulai menetap pada konsolidasi (pergerakan naik turun harga pada range tertentu, tanpa adanya tren yang signifikan) diantara support $11,500 dan $12,000. Mengikuti pemulihan dari penurunan ke $10,500. Meskipun tren naik berusaha untuk mendorong keatas $12,000, namun tampaknya volume yang dibutuhkan untuk aksi harga tersebut masih kurang.

Bitcoin

Bitcoin berubah ke $10,800 pada Jumat (07/08) siang hari. Pada detektor pertemuan nampak adanya resisten pada $11,899 yang masih menjadi hambatan terbesar yang mencegah aksi harga diatas $12,000. Level teknikal umumnya positif dengan RSI dan MACD yang menunjukkan sinyal tren naik. BTC juga diperdagangkan diatas garis tren yang memuncak. Support nampak pada $11,500, $11,000, dan pada garis tren saat ini jika sampai terjadi pembalikkan harga.

Grafik Harian BTC/USD

BTC-USD Daily Chart

Ethereum

Harga ETH nampaknya menetap untuk konsolidasi (pergerakan naik turun harga pada range tertentu, tanpa adanya tren yang signifikan) beberapa hari setelah ketinggian terbaru tahunan pada $415 tercapai. Support pada $400 menahan untuk sementara namun para investor pengambil keuntungan mensenjatai tren turun yang terus memaksa ETH untuk menuju support selanjutnya di $390.

Grafik mingguan menunjukkan RSI menahan dengan nyaman diatas 70. Indikator ini telah menunjukkan pembelian berlebih sejak 21 Juli 2020. Ini berarti sementara pembeli memegang kendali, pesta akan berakhir dengan tren turun yang akan segera mengambil alih.

Di sisi lain, MACD menunjukkan bahwa pembeli memegang kendali. Dengan tambahan adanya divergensi tren naik, MACD masih menunjuk naik. Ini berarti bahwa ETH berada ditangan tren naik, hanya saja kekurangan katalis dan volume untuk mempertahankan kenaikan menuju $500.

Baca Juga: Seberapa Penting Crypto & Apakah Cryptocurrency Masa Depan Kita?

ETH telah membuktikan bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk mencapai ketinggian baru tahun ini. Seiring dengan semakin dekatnya peluncuran Ethereum 2.0 yang akan memanggil para anggota komunitasnya untuk staking. ETH akan mendapatkan dorongan cukup kuat tidak hanya keatas $500, namun hingga ke $1,000. Untuk saat ini, support diatas $390 merupakan kunci utama untuk tren naik menggerakkan harga keatas $400 untuk sesi akhir pekan.

Grafik Mingguan ETH/USD

ETH-USD Weekly Chart

Ripple

Ripple saat ini sedang memelihara tren konsolidasi (pergerakan naik turun harga pada range tertentu, tanpa adanya tren yang signifikan) diatas $0.30. Trading sideways (memperdagangkan dengan stabil pada range harga tertentu tanpa tren yang signifikan) hadir setelah penurunan dari ketinggian bulan Agustus di $0.3250. Support pada $0.30 nampak akan menahan dengan cukup baik untuk beberapa hari kedepan. Semua indikator teknikal termasuk RSI dan MACD memperkuat perdagangan sideways. Namun, dengan SMA 50 berada diatas SMA 100, sangat jelas bahwa tren naik mengambil kendali pada sesi saat ini.

Grafik Harian XRP/USD

XRP-USD Daily Chart

Baca Juga: 

Source : John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.