Update Pasar Crypto: Teknologi MimbleWimble Dari Litecoin

By 5 Oktober 2020Berita

MimbleWimble Litecoin tayang di testnet pada akhir pekan, menurut informasi yang dipublikasikan di situs web resmi proyek ini.

David Burkett, pencipta Grin cryptocurrency yang berfokus pada privasi, telah mengerjakan proyek MimbleWimble Litecoin sejak Oktober 2019, ketika Litecoin Foundation menerbitkan dua Proposal Peningkatan Litecoin yang menyiratkan integrasi MimbleWimble untuk membuat transaksi dengan LTC lebih anonim.

Apa itu MimbleWimble dan bagaimana cara kerjanya?

Tanpa membahas lebih dalam, MimbleWimble adalah protokol berdasarkan algoritma konsensus Proof-of-Work (PoW) dengan skalabilitas yang kuat dalam peningkatan fitur privasi. Namanya berasal dari serial Harry Potter, di mana MimbleWimble adalah singkatan dari kutukan yang pengikat lidah yang mencegah musuh berbicara dengan koheren dan mencegah mereka berbicara tentang topik tertentu. Dalam industri cryptocurrency, ini berarti protokol dapat menyembunyikan data transaksi.

MimbleWimble tidak mendukung skrip, sementara fungsionalitas protokol terbatas pada transaksi moneter, sehingga sulit untuk mengimplementasikan solusi lapis kedua seperti Lightning Network atau atomic swaps. Selain itu, secara teori, MimbleWimble mungkin rentan terhadap komputasi kuantitatif karena didasarkan pada kriptografi kurva eliptik (ECC).

Saat ini, MimbleWimble digunakan oleh dua proyek — Beam dan Grin. Litecoin sedang dalam perjalanan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Bagaimana progress integrasi Litecoin?

Sekarang setelah protokol diluncurkan di testnet, komunitas dapat menjelajahi fungsionalitas dan mencari bug sebelum resmi dirilis.

Menurut David Burkett, testnet mendukung beberapa node yang terhubung dan fungsionalitas penambangan blok. Saat ini pengembang berencana untuk fokus membuat MimbleWimble lebih ramah penggunaan untuk orang-orang yang non-teknologi.

Burkett juga menambahkan bahwa versi protokol saat ini tidak sempurna karena tidak mendukung pemeriksaan untuk skenario luar biasa atau darurat. Dia mengharapkan versi final akan ditayangkan pada tahun 2021; namun, tanggal pastinya masih belum diketahui pada tahap ini.

Gambaran Teknikal LTC

LTC sekarang merupakan aset digital terbesar ke-10 dengan nilai pasar saat ini $3 miliar, berpindah tangan ke $46.20. Koin ini telah memperoleh lebih dari 1% nilainya dalam 24 jam terakhir. LTC telah bergerak dalam tren turun harian sejak awal Senin (05/10) di tengah aksi jual di pasar cryptocurrency. LTC memiliki volume perdagangan harian rata-rata $2.2 miliar dan paling aktif diperdagangkan di exchange internasional.

Grafik Harian LTC/USD

Prakiraan LTCUSD Harian - 5 Oktober 2020

Pada grafik harian, LTC bergerak dalam pola segitiga simetris, yang mengimplikasikan bahwa pasar dalam keadaan tidak pasti, sedangkan arah tembusannya belum jelas.

Pada sisi atas, pemulihan dibatasi oleh EMA jangka pendek di $47.00, diikuti oleh batas atas dari pola segitiga yang disebutkan di atas pada $47.50. Pergerakan berkelanjutan di atas area tersebut akan memberi sinyal bahwa harga melakukan terobosan tren naik dengan tujuan selanjutnya di $49.65 (EMA jangka panjang) dan psikologis $50.00.

Pada sisi bawah, support pertama berada di $44.00, dengan garis bawah segitiga terletak di bawah level ini. Jika support ini ditembus, aksi jual dapat diperpanjang menuju psikologis $40.00 dan $39.20 yang berfungsi sebagai support kuat hingga awal bulan Juli kemarin.

Data Keluar Masuk Uang LTC (Fundamental)

LTC IOmap 5 Oktober 2020

 Data on-chain LTC menunjukkan bahwa koin ini memiliki support kuat di area dari $46.00 hingga $44.80, dengan lebih dari 3.6 juta koin dibeli disekitar harga tersebut. Dinding pasokan ini berpotensi menyerap tekanan tren turun dan mendorong harga kembali ke target naik $49.65 dan $50.00.

Sementara itu, resisten lokal kurang kuat, dengan 2.3 juta LTC duduk di area $46.60 – $48.00, diikuti oleh sejumlah 1.75 juta LTC di sekitar $49.50.

Kesimpulan

Peluncuran MimbleWimble tetsnet membawa LTC selangkah lebih dekat ke status koin yang berfokus pada privasi. Namun, reaksi pasar diredam karena LTC terus bergerak dalam kisaran harga yang ketat.

Dari sudut pandang teknis, sisi atas tampak seperti jalur dengan resistensi paling rendah. Pergerakan berkelanjutan di atas $47.50 akan mengkonfirmasi skenario tren naik.

Di sisi lain, jika terjadi aksi jual hingga di bawah $44.00 akan membatalkan prospek positif dan membuat $40.00 menjadi fokus berikutnya.

 

Source : Tanya Abrosimova on FXStreet.com

 Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.