Update Pasar Crypto : Bitcoin, Ethereum, Ripple & Tron 14-08-2020

By 14 Agustus 2020Berita

Bitcoin

Bitcoin pulih dengan signifikan pada hari Kamis (13/08) kemarin setelah mengistirahatkan support pada level $11,100 di awal minggu ini. Awalnya, ada pergulatan dikisaran antara $11,500 dan $11,600. Namun, pembeli pada akhirnya mengumpulkan kekuatan untuk mendorong kenaikan menuju $12,000. Meskipun semua perhatian disalurkan ke usaha menembus resisten pada $12,000, Bitcoin bertemu hambatan pada $11,800.

Sementara ini, Bitcoin diperdagangkan dikisaran $11,768 setelah penurunan kecil. Kaki tren turun menunjukkan kerendahan harian pada $11,686. Dorongan naik ke atas $12,000 mungkin terhambat tapi jangan salah dulu, tren naik tidak henti-hentinya berusaha dalam misi ini.

Selain itu, gambaran teknikal masih positif disamping hambatan pada $11,800 dan penurunan. Indikator RSI contohnya, berpegang erat pada level 70 setelah pulih dari level 60 (kerendahan Agustus). Indikator MACD dengan jelas menunjukkan konsolidasi (pergerakan naik turun harga tanpa menunjukkan tren yang signifikan) akan berlangsung menjelang penembusan resisten psikologi $12,000. Jika melihat grafik harian BTC/USD, harga akan berkonsolidasi antara $11,000 selaku support utama dan $12,000 selaku resisten.

R1 : $11,820                             S1 : $11,698

R2 : $11,942                             S2 : $11,576

R3 : $12,065                             S3 : $11,331

**Resistance : batas atas yang jika ditembus, mengindikasikan tren naik dan kemungkinan naik lebih

jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati R1, maka target berikutnya R2, dst.).

**Support : batas bawah yang jika ditembus, mengindikasikan tren turun dan kemungkinan turun

lebih jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati S1, maka terget berikutnya S2, dst.).

Ethereum

ETH nampaknya bertahan diatas $400 mengikuti kenaikan tinggi dari kerendahan mingguan pada $370. Pada sisi atas, ketinggian tahunan telah terbentuk pada $433.33 namun pembalikkan harga melihat ETH menyelami level dibawah $420. Harga perdagangan saat ini $422 namun ETH berada pada fase tren naik yang berarti adanya potensi untuk misi menyentuh $500.

Ripple

Harga XRP telah menyempit pada pola segitiga menurun selama 2 minggu sekarang. Penurunan ini mengikuti aksi harga menakjubkan yang memperlihatkan XRP reli (kenaikan harga bertahap) dari kerendahan Juli di $0.1740. Penembusan diatas $0.30 merupakan musik indah bagi para investor. Sayangnya, XRP dengan segera terantuk hambatan pada $0.3250.

Perdagangan lock-step (pergerakan harga serupa berturut-turut) beberapa minggu belakangan ini melayani tren turun karena XRP telah menjelajah level lebih rendah dibawah $0.30 dan mendekati support di $0.26. Pembentukkan support yang dapat diandalkan pada $0.28 memberikan kesempatan untuk para pembeli mendorong harga ke atas rintangan SMA 50 pada grafik 4-Jam.

Baca Juga: Seberapa Penting Crypto & Apakah Cryptocurrency Masa Depan Kita?

XRP diperdagangkan pada $0.2934 pada Jumat (14/08) siang. Pemulihan tersebut terhenti saat bersentuhan dengan pembatas di $0.30. Namun adanya formasi segitiga menurun bisa memberikan jalan untuk tercapainya harga diatas $0.30.

XRP berada diambang penembusan pola segitiga ini sembari didukung oleh SMA 50 selama tren naik fokus untuk mengatasi resisten dari pola segitiga ini. Jika penembusan terjadi dan didukung juga oleh volume trading yang memadai, ada kemungkinan XRP melanjutkan kenaikan harga tidak hanya diatas $0.30 namun melampaui $0.32.

Secara teknis aksi harga kemungkinan akan mengalami konsolidasi menurut indikator RSI. Indikator menunjukkan melambatnya momentum kenaikan harga namun bertahan diatas garis tengah. Sedangkan indikator MACD bergerak menuju garis rata-rata. Jelas terlihat divergensi tren naik menunjukkan genggaman tren naik yang lebih kuat.

Grafik 4-Jam XRP/USD

XRP-USD 4 Hour Chart

Tron

Tron (TRX) dan Waves (WAVES) meledak keuntungan dalam 24 jam terakhir mengikuti partnership yang menampilkan kedua platform yang mendukung ekosistem keuangan yang terdesentralisasi. Kedua jaringan mengumumkan pada hari Kamis (13/08) kemarin, kerjasama utama mereka adalah kolaborasi pembentukan jembatan menggunakan Gravity; Oracle dan Cross-Chain jaringan komunikasi yang dibentuk untuk token-agnostic. Jembatan akan memastikan kedua jaringan meningkatkan akses ke layanan dalam upaya menumbuhkan basis pengguna yang lebih luas.

Secara teknikal, TRX memuncak diatas resisten yang memuncak namun kehilangan tenaga saat mendekati $0.024. Meskipun aksi harga naik terhenti, gambaran teknikal pada grafik harian menunjukkan TRX masih berada di genggaman tren naik. Bisa dibuktikan dari RSI yang masih berada di zona pembelian berlebih. Selain itu, MACD juga nampaknya memperpanjang gerakan lebih tinggi di wilayah positif. Dengan kata lain, TRX memiliki potensi untuk reli (kenaikan harga bertahap) diatas rintangan $0.024 dan menentukkan support untuk penghasilan diatas $0.025.

Grafik Harian TRX/USD

TRX-USD Daily Chart

Baca Juga:

Source : John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.