Update Pasar Crypto: BTC, ETH, & XRP 30 Desember 2020

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Bitcoin

Presiden AS Donald Trump akhirnya mendukung tagihan stimulus yang telah lama ditunggu-tunggu senilai $900 miliar, yang berarti bahwa setiap warga negara Amerika akan segera menerima cek sebesar $600. Di musim semi, banyak orang menggunakan cek stimulus pertama senilai $1,200 yang didistribusikan oleh pemerintah untuk berinvestasi di Bitcoin. Pada saat itu, exchange crypto yang berbasis di AS, melaporkan adanya lonjakan nilai deposit senilai $1,200.

Mereka yang membeli BTC dengan cek stimulus mereka pada bulan April 2020 mungkin telah menggandakan hasil mereka karena nilai Bitcoin meningkat dari $10,000 menjadi lebih dari $28,000. Analis Bitcoin Jason Deane memberitahu bahwa orang-orang yang telah melihat pertumbuhan Bitcoin yang stabil dan membaca perkiraan harga gila-gilaan di Twitter mungkin ingin mencoba keberuntungan mereka dan menjadi bagian dari pasar yang bergejolak namun sangat menguntungkan ini.

Menurut akun Twitter yang melacak nilai cek stimulus pertama, sekarang nilainya lebih dari $5,000, lebih dari 300% meningkat dari nilainya di bulan April.

Tweet stimulus market update 30 Desember 2020

Ketika ekonomi AS sedang berjuang karena efek pandemi yang menghancurkan, pemerintah terus mencetak uang pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dan membanjiri sistem dengan likuiditas. Kebijaksanaan konvensional mengatakan bahwa kebijakan semacam itu dapat menyebabkan konsekuensi inflasi yang tidak diinginkan dalam jangka panjang.

Sementara itu, Bitcoin dianggap sebagai aset deflasi karena pasokan maksimumnya dibatasi di 21 juta token. Karena fitur ini, banyak investor dan influencer terkenal telah menggembar-gemborkan BTC sebagai lindung nilai yang efektif terhadap inflasi.

Anthony Pompliano, salah satu pendiri dan mitra dari Morgan Creek Digital, mengatakan bahwa tidak mengherankan jika orang ingin mengubah dolar AS menjadi uang yang sehat.

Dolar AS yang digunakan untuk membayar cek stimulus dijamin akan kehilangan daya belinya dari waktu ke waktu, sementara struktur Bitcoin dibangun dengan cara melindungi dan meningkatkan daya beli dari waktu ke waktu, kata Pompliano dalam wawancara dengan Forbes.

Harga BTC melompat pada pengumuman stimulus

Pengumuman stimulus memicu reli besar-besaran di seluruh pasar, dan Bitcoin tidak terkecuali di sini. Mata uang digital utama melonjak di atas $28,000 dan mencapai level tertinggi baru sepanjang masa di $28,550.

Dari sudut pandang teknis, Bitcoin berada di wilayah yang belum dipetakan. Pergerakan berkelanjutan di atas $26,800 menciptakan dorongan naik yang kuat. Saat momentum naik terus mendapatkan daya tarik, BTC dapat menguji $30,000 sebelum 2020 berakhir.

Grafik 1-Jam BTC/USD

Prakiraan BTCUSD 1 jam - 30 Desember 2020Prakiraan XRPUSD Harian - 30 Desember 2020

Pada sisi bawah, support kritis ada di area $27,000 – $26,700. Area ini berfungsi sebagai perlawanan di awal minggu ini; itu diperkuat oleh EMA50 dan EMA100 pada timeframe 1 jam. Jika harga diatas ter-verifikasi sebagai support, BTC akan mendapatkan dorongan lain dengan pemberhentian berikutnya di $30,000. Jika tidak, aksi jual akan mendapatkan daya tarik dengan target turun berikutnya pada $25,000, diikuti oleh $24,000.

Sementara itu, data In/Out of the Money Around Price (IOMAP) mengkonfirmasi support yang kuat pada pendekatan ke $27,000 karena lebih dari 480,000 alamat wallet membeli 460,000 BTC diantara $26,770 dan $27,000. Jika area ini ditembus, tekanan jual akan meningkat.

Ethereum

Harga ETH di ambang penembusan 25% karena tekanan jual berkurang. Minat pada Ethereum tampaknya lebih kuat dari sebelumnya karena semakin banyak pengguna yang terus mengunci koin ETH mereka di dalam kontrak setoran ETH2. Raksasa smart contract ini tampaknya berada di ambang langkah tren naik besar-besaran yang bertujuan untuk $1,000. Sebagian besar metrik on-chain telah berpihak pada aset digital ini.

Prakiraan ETHUSD Harian - 30 Desember 2020Prakiraan XRPUSD Harian - 30 Desember 2020

Ripple

XRP diperdagangkan sekitar $0.30 sebelum salah satu exchange crypto internasional mengumumkan akan menghentikan perdagangan XRP pada sekitar 19 Januari 2021. Aset digital ini kemudian anjlok lebih dari 30% dalam 24 jam dan tampaknya siap untuk mundur lebih besar karena lebih banyak exchange berisiko menghapus aset ini (delisting).

Harga XRP bisa terus turun terlepas dari apa yang dikatakan teknis

Penting untuk disadari bahwa pergerakan XRP baru-baru ini tidak dimotivasi oleh analisa teknis apapun. Meskipun banyak indikator dapat menunjukkan bahwa harga XRP siap untuk rebound, investor harus sangat berhati-hati karena ini tidak akan akurat.

Grafik 1-Jam XRP/USD

Prakiraan XRPUSD 1 jam - 30 Desember 2020Prakiraan XRPUSD Harian - 30 Desember 2020

Sebaliknya, kita perlu fokus pada metrik on-chain seperti jumlah investor besar. Tampaknya jumlah pemegang XRP besar dengan 10,000,000 koin atau lebih telah turun 11 dalam empat hari terakhir. Demikian pula, jumlah investor besar yang memegang antara 1,000,000 dan 10,000,000 koin turun dari 1,253 orang ke level terendah saat ini 1,116 orang, menunjukkan bahwa investor besar mulai keluar dari posisi XRP mereka.

Tampaknya setiap exchange yang berbasis di Amerika Serikat berpotensi menghapus XRP. Namun, salah satu exchange berbasis di China baru-baru ini juga menghapus aset tersebut, hal ini mengisyaratkan kemungkinan exchange global lain menghapus XRP. Namun masih melihat dulu.

 

Sources : Tanya Abrosimova & Lorenzo Stroe on FXStreet

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore