Update Pasar Crypto: BTC, ETH, & XRP 3 Desember 2020

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Bitcoin

BTC telah memperlambat tren naik setelah mengalami tekanan jual yang sangat besar di bawah $19,500. Cryptocurrency handalan ini telah menetap di sekitar $19,000, menunggu adanya kaki terakhir ke ketinggian baru sepanjang masa di atas $20,000. Sementara itu, indikator on-chain Hash Ribbon dari Glassnode hampir menampilkan sinyal beli sejak Juli 2020.

Bitcoin Hash Ribbon berubah menjadi sangat bullish (menunjukan tren naik)

Hash Ribbon, indikator on-chain yang dikembangkan oleh Charles Edwards dan disajikan oleh Glassnode, menunjukkan bahwa BTC cenderung mencapai titik terendah selama kapitulasi penambang. Dengan kata lain, inilah saat “ketika BTC menjadi terlalu mahal untuk ditambang dibandingkan dengan biaya penambangan.”

Glassnode menjelaskan bahwa kapitulasi penambang berakhir “ketika indikator Moving Average 30 dari tingkat hash melintas di atas MA 60.”

Segera setelah peralihan terjadi, momentum harga BTC berubah dari negatif menjadi positif. Indikator tersebut menyajikan peluang pembelian yang cukup besar setelah pergeseran dari merah tua ke putih.

Sinyal beli mendekati saat MA 30 memotong ke atas MA 60. Bagan di bawah menyoroti langkah yang akan segera terjadi ini, serta pergeseran dari pita merah muda ke pita putih. Dengan kata lain, investor harus bersiap untuk kemungkinan lepas landasnya BTC, mungkin ke level yang jauh di atas $20,000.

Grafik Hash Ribbon BTC

Prakiraan BTCUSD Hash Ribbon - 3 Desember 2020

Bagan IOMAP IntoTheBlock menambah kredibilitas prospek tren naik dengan mengungkapkan kurangnya resisten yang kuat menuju $20,000. Rintangan paling kuat berkisar dari $19,272 hingga $19,310. Di sini, 311 alamat wallet sebelumnya telah membeli sekitar 2,700 BTC.

Di sisi lain, support besar diberikan kepada mata uang kripto ini. Jadi, diragukan bahwa kerugian besar akan muncul dalam waktu dekat. Untuk saat ini, zona keramaian pembeli paling besar terletak antara $18,558 dan $19,118. Di sini, 1.4 juta alamat wallet sebelumnya telah membeli sekitar 792,000 BTC.

Perlu disebutkan bahwa analisa jangka pendek untuk BTC menunjukkan gambaran teknis yang memburuk. Prospek tren naik akan batal jika BTC menutup hari di bawah support garis tren naik jangka pendek dan dibawah level kritis $19,000.

Grafik BTC/USD 4 Jam

Prakiraan BTCUSD 4 jam - 3 Desember 2020

Demikian pula, divergensi tren turun telah dibentuk oleh indikator tren RSI dan harga, yang menunjukkan bahwa daya beli sedang menurun. Divergensi tren turun dibuat saat RSI mempertahankan pola ketinggian yang lebih rendah sementara harga mencetak pola kerendahan yang lebih tinggi.

Saat momentum naik menyusut, tren turun mendapatkan lebih banyak kendali atas harga, yang pada akhirnya dapat mendorong BTC untuk melonjak masing-masing menjadi $18,000 dan $16,000.

Ethereum

Ethereum telah mengalami reli (kenaikan berturut-turut) yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir berkat pembaruan ETH 2.0 yang akan datang. Selain itu, Visa baru-baru ini mengumumkan dukungan pembayaran USDC, yang akan berfungsi di jaringan Ethereum. Sayangnya, raksasa smart-contract ini terus menghadapi level resisten vital di $610.

Bisakah harga Ethereum akhirnya memecahkan penghalang terakhir sebelum $1,000?

Tampaknya investor besar terus membeli koin ETH sejak pertengahan November 2020 dari 967 menjadi 1,008 saat ini. Peningkatan signifikan pada investor besar ini menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik pada ETH meskipun harganya terus meningkat.

Pada grafik harian, harga ETH naik sebentar di atas harga tertinggi tahun 2020 di $623 sempat menyentuh $635.7 tetapi dengan cepat ditolak dan jatuh ke $560. Area sekitar $610 adalah titik resisten terkuat. Penembusan di atas level ini dapat dengan cepat mendorong harga ETH ke ketinggian baru, berpotensi ke $1,000.

Grafik Harian ETH/USD

Prakiraan ETHUSD harian - 3 Desember 2020

Grafik In/Out of the Money Around Price (IOMAP) tampaknya menunjukkan gambaran serupa karena menunjukkan ada area resisten yang kuat antara $592 dan $609 di mana 2.16 juta ETH dibeli oleh 847,320 alamat wallet.

Di atas area ini, secara praktis tidak ada lagi perlawanan dibandingkan dengan support di bawah ini, yang menambah kepercayaan pada target harga potensial $1,000 untuk ETH. Namun, ETH menghadapi indikator tren turun lainnya.

Grafik Mingguan ETH/USD

Prakiraan ETHUSD mingguan - 3 Desember 2020

Di grafik mingguan, indikator TD Sequential telah menghadirkan sinyal jual yang terbukti sangat handal pada masa lalu. Validasi panggilan ini akan mendorong harga ETH ke level support di $488.

Ripple

XRP tetap stabil dalam beberapa hari terakhir, terutama karena resisten yang dihadapi di $0.70 dan $0.75. Token ini tampaknya telah merangkul konsolidasi (pergerakan naik turun harga pada jangka tertentu, cenderung datar) menjelang penembusan yang diantisipasi ke $1.

Ripple tidak banyak bergerak antara $0.60 dan $0.65

XRP diperdagangkan pada $0.62 setelah penolakan baru-baru ini dari level yang sangat dekat dengan $0.70. Batas tengah indikator Bollinger Band telah membatasi sisi atas langsungnya. Untuk mengkonfirmasi penembusan ke atas, Ripple harus menutup hari di atas lapisan tengah indikator ini.

Penyempitan Bollinger Bands menunjukkan bahwa XRP telah menetap untuk konsolidasi. Namun, tekanan mengarah ke kemungkinan penembusan. Oleh karena itu, tren naik Ripple harus mempertahankan support di $0.60 seolah-olah hidup mereka bergantung padanya. SMA 50 telah memperkuat jangkar pada grafik 4 jam dan batas bawah Bollinger Band.

Konsolidasi yang sedang berlangsung juga telah divalidasi oleh indikator tren RSI yang saat ini berada di garis tengah. Untuk saat ini, aksi perdagangan sideways (naik turun harga pada suatu jangka tertentu tanpa menunjukkan tren berarti) mungkin lebih diutamakan sampai penembusan muncul.

Grafik 4-Jam XRP/USD

Prakiraan XRPUSD 4 jam - 3 Desember 2020

Perlu diketahui bahwa perdagangan di bawah support detektor pertemuan di $0.60 mungkin memerlukan lebih banyak pesanan jual. Jika aktivitas penjualan menciptakan volume yang cukup, ada kemungkinan XRP jatuh ke level kritis berikutnya, seperti yang ditunjukkan oleh SMA 100. Aksi harga turun yang diperpanjang bisa berlindung di SMA 200 serta support minggu lalu di $0.45.

Brad Garlinghouse dari Ripple menyerukan kejelasan peraturan

CEO Ripple, Brad Garlinghouse, dalam sebuah wawancara dengan Julia Chatterley dari CNN, memperhitungkan bahwa salah satu pendorong terbesar dari keuntungan yang terlihat di crypto selama beberapa bulan terakhir adalah pencetakan uang fiat yang berlebihan oleh pemerintah di seluruh dunia. Misalnya, menggembungkan dolar mendorong investor ke aset non-inflasi seperti XRP dan aset digital lainnya.

Garlinghouse menyatakan bahwa Amerika Serikat tertinggal dalam memberikan kerangka peraturan yang jelas dibandingkan dengan para pemimpin ekonomi global lainnya. Kejelasan akan memastikan investor memiliki kepercayaan terhadap teknologi digital. Ia juga mengatakan bahwa sebagian besar pelanggan Ripple tidak berbasis di AS karena ketidakpastian dalam kerangka regulasi.

 

Sources : John Isige & Lorenzo Stroe on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore