Update Pasar Crypto 27 Juli 2020: Cryptocurrency Memuncak Serempak

By 27 Juli 2020Berita

Update Analisa Pasar Cryptocurrency

Kenaikan nilai cryptocurrency bermula pada 25 Juli 2020 saat Pengadilan Federal AS menyatakan bahwa Bitcoin didefinisikan sebagai “mata uang” menurut hukum Washington. Ketua Hakim Beryl A. Howell percaya bahwa fungsi utama Bitcoin dan mata uang dalam ekonomi makro tradisional adalah serupa, dan keduanya merupakan “alat tukar, metode pembayaran atau sebagai penyimpan nilai.”

Meski keputusan hakim federal AS belum secara resmi diberlakukan, paling tidak langkah ini menegaskan bahwa Amerika Serikat dengan aktif telah terintegrasi dengan dunia mata uang digital dan sesuai dengan visi pada umumnya. Bahkan, atribut keuangan mata uang digital semakin diakui oleh lebih banyak negara, termasuk Cina dan Rusia. Dimana Cina saat ini telah meluncurkan bank sentral mata uang digitalnya dan dalam tahap uji; sedangkan Rusia telah melewati tahap awal dan dalam proses mengakui legalisasi mata uang digital, namun belum bisa menggunakannya sebagai alat pembayaran.

Dengan bank sentral global memberlakukan kebijakan pelonggaran kuantitatif skala besar (pencetakan uang), mata uang fiat yang mengalir ke pasaran cenderung mengalami depresiasi karena kelebihan pasokan. Maka dari itu, cryptocurrency tidak diragukan lagi telah menciptakan target pasar investasi lainnya untuk para investor disamping emas, dan bahkan telah menjadi “emas digital”. Menurut Crypto Research Report, harga Bitcoin bisa saja meningkat 40 kali hingga mendekati US$ 400,000 (sekitar naik 4000%) setelah 2030. Karena tingkat penetrasi pasar terus meningkat di masa depan (saat ini kurang dari 0.44%), laporan juga memprediksi bahwa potensi ukuran pasar Bitcoin di masa depan adalah US$ 212 triliun.

Baca Juga: Visa Dan Mastercard Menunjukkan Dukungan Terhadap Cryptocurrency

Pada akhirnya, legalisasi mata uang digital tidak akan terjadi dalam satu malam. Namun, semakin disempurnakannya segala legalisasi dan pengawasan sehubungan blockchain dan Bitcoin, dapat dipercaya bahwa cryptocurrency pada akhirnya akan mendapatkan identitas mata uang konsensus global.

Bitcoin

BTC bertumbuh pesat selama akhir pekan. Koin digital pertama ini menembus $10,000 dan setelah periode singkat konsolidasi harga (pergerakan cenderung datar tanpa ada tren tertentu yang berlaku) dilanjutkan dengan tercapainya ketinggian harian di $10,334. Pada Senin (27/07) siang, BTC berada pada $10,300, dengan total pencapaian 6% dalam 24 jam terakhir dan pencapaian 3.45% sejak awal hari ini.

Dominasi pasar Bitcoin pulih ke 61.5% setelah jatuh ke 60.2% pada akhir pekan. Saat ini, BTC bergerak dengan tren naik yang sangat kuat, dengan volatilitas tinggi (adanya perubahan harga naik dan turun yang signifikan).

Grafik 1 Jam BTC/USD

BTC-USD 1 Hour Chart

Pada grafik BTC menetap diatas garis atas indikator Bollinger Band periode 1-jam pada $10,295, yang saat ini melayani sebagai support lokal. Begitu $10,295 terlewati, kegiatan penjualan cenderung mengambil alih menuju level psikologis $10,000. Penghalang ini berfungsi sebagai resisten saat ini. Mungkin untuk sekarang, penghalang ini mengulur tren turun dan menciptakan dorongan tren naik baru.

R1 : $10,400                             S1 : $10,150

R2 : $11,000                             S2 : $10,000
R3 : $11,400                             S3 : $9,800

**Resistance : batas atas yang jika ditembus, mengindikasikan tren naik dan kemungkinan naik lebih

jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati R1, maka target berikutnya R2, dst.).

**Support : batas bawah yang jika ditembus, mengindikasikan tren turun dan kemungkinan turun

lebih jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati S1, maka terget berikutnya S2, dst.).

Ethereum

Aset digital terbesar kedua ini menyentuh ketinggian terbarunya pada $329.21 pada awal sesi Asia kemudian turun ke $322.25. Koin ini telah meningkat 3% dalam 24 jam terakhir dan lebih dari 30% dari perkembangan mingguan.

Pada grafik, ETH di support oleh garis tengah yang bergerak naik pada indikator Bollinger Band 1-jam $316.50. Jika support ini dikalahkan, aktifitas penjualan kemungkinan akan berlanjut hingga menyentuh SMA 50 $306.50 dan psikologis $300. Indikator RSI menunjukkan posisi netral, yang berarti harga tetap berada dikisaran terikat sebelum pertumbuhan berlanjut. Tren jangka pendek masih tetap naik selama harga bertahan diatas $300.

Grafik 1-Jam ETH/USD

ETH-USD 1 Hour Chart

Pada grafik harian, ETH menetap dengan baik diatas garis atas indikator Bollinger Band $310. Level teknikal ini akan melayani sebagai support lokal. Jika ditembus, aktifitas penjualan akan berlanjut hingga diatas garis tengah dari Bollinger Band 1-jam. Indikator RSI pada grafik harian masih berada di wilayah pembelian berlebih, yang berarti harga rentan terhadap koreksi turun paling tidak ke dalam indikator Bollinger Band harian.

Pada sisi atas, begitu harga mencapai ketinggian diatas $329.21, kita akan memasukki wilayah yang belum dipetakan dengan potensi resisten selanjutnya berada pada ketinggian $350.

Grafik Harian ETH/USD

ETH-USD Daily Chart

Ripple

XRP membuat comeback diatas $0.20 pada akhir pekan. Namun, aksi harga terhenti sebelum menyentuh ketinggian Juli sebelumnya pada $0.21. Sesi akhir pekan terbentuk dari progress yang dibuat sepanjang minggu untuk mendorong XRP ke $0.2250.

Sementara ETH dan BTC lanjut reli (naik harga bertahap) hingga hari Senin (27/07) ini, XRP berhadapan dengan peningkatan tekanan penjualan pada kedua sesi Asia dan Eropa. Pada Senin siang ini, harga berada pada $0.2177 ditengah terbangunnya momentum tren turun.

Baca Juga: Pembeli Bitcoin: Siapa dibalik kenaikan pesat harga Cryptocurrency? 

Penolakkan kemungkinan akan berlanjut dalam jangka waktu dekat ini, seperti terlihat pada indikator RSI yang berbalik arah dari zona pembelian berlebih. Kemungkinan, aksi trading sideways (pegerakan harga naik turun, tanpa menunjukkan tren tertentu) akan mengambil alih menurut indikator MACD. Indikator ini menahan support diatas garis tengah.

Melihat pada sisi atas, pembentukkan pola segitiga jangka pendek menandakan adanya potensi untuk kenaikan yang menguji kembali ketinggian bulan Juli pada $0.2250. Pada sisi bawah, support diantisipasi pada $0.2150 (support segitiga), $0.2157 (SMA 50), dan sekitar $0.21 (SMA 100).

Grafik 1-Jam XRP/USD

XRP-USD 1 Hour Chart

Baca Juga:

Sources : John Isige & Tanya Abrosimova on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.