Update Pasar Crypto: BTC, ETH, XRP & BNB 21 September 2020

By 21 September 2020Berita

Bitcoin

Akhir pekan kemarin kita melihat satu upaya BTC untuk menembus rintangan $11,000 dengan memanfaatkan celah yang ditinggalkan Ethereum dengan upaya yang seketika membawanya ke level $400.

Grafik dominasi BTC berikut menunjukkan keuntungan tiga hari berturut-turut yang mengkonfirmasi penembusan naik dari tren turun sebelumnya.

Dominasi BTC - 21 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 21 September 2020

Sekarang kita bisa mengharapkan pergerakan naik dengan target jangka menengah pada level dominasi 64%, dimana keramaian pada harga resisten (zona yang mencegah harga naik) yang signifikan akan mencapai SMA 200.

Indikator MACD menunjukkan profil tren naik yang cukup agresif, hanya terancam oleh adanya level nol yang membagi zona tren naik dan tren turun. Proses melewati level ini pada MACD selalu rumit dan bahkan bisa memperlambat pergerakan harga.

Grafik Harian BTC/USD

Prakiraan BTCUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 21 September 2020

BTC saat ini diperdagangkan pada level harga $10,926 dan tetap berada di zona penyerangan menuju keramaian pada harga resisten di $11,088.

Diatas harga saat ini ada resisten utama pada $11,088, kemudian $11,360, dan $11,575
Dibagian bawah harga saat ini ada support di $10,700, kemudian $10,400, dan $10,175

Indikator MACD pada grafik harian menunjukkan moving averages kehilangan kekuatan saat mendekati zona netral indikator. BTC harus segera naik jika kita mau menghindari MACD yang akan membebani.

Indikator DMI menunjukkan tren naik memiliki keuntungan sedikit diatas tren turun, masih belum cukup untuk memvalidasi dominasi sisi beli.

Ethereum

ETH saat ini diperdagangkan pada $375 dan masih terus bertahan untuk minggu ketiga di kisaran $365 hingga $390.

Diatas harga saat ini ada resisten utama di $390, kemudian $400, dan $425
Dibagian bawah harga saat ini ada support pada $365, kemudian $350, dan $335

Grafik Harian ETH/USD

Prakiraan ETHUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 21 September 2020

Indikator MACD pada grafik harian menunjukkan kemungkinan profil tren naik begitu moving averages terkonfirmasi menyebrang keatas seperti akhir pekan kemarin. Level nol pada indikator masih menjadi rintangan terakhir untuk melihat pergerakan naik konsisten pada ETH.

Indikator DMI menunjukkan tren turun yang sedang mengendalikan pasar, meskipun hanya memiliki sedikit keuntungan. Posisi kedua sisi pasar diatas garis ADX menjanjikan kecepatan di pergerakan harga selanjutnya.

Ripple

XRP saat ini diperdagangkan pada level harga $0.245 dan mendapatkan kembali level support ini karena keramaian setelah kehilangan pada sesi Asia.

Diatas harga saat ini ada resisten utama pada $0.255, kemudian $0.264, dan $0.276
Dibagian bawa harga saat ini ada support $0.245, kemudian $0.231, dan $0.225

Grafik Harian XRP/USD

Prakiraan ETHUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 21 September 2020

Indikator MACD pada grafik harian menunjukkan profil yang sangat datar dengan jarak garis yang sangat tipis. Struktur saat ini menunjukkan bahwa pergerakan menuju keatas kemungkinan besar terjadi pada XRP dalam jangka pendek.

Indikator DMI sendiri menunjukkan tren turun sedang mengendalikan pasar saat ini dengan keuntungan jauh diatas tren naik. Sisi penjualan bergerak diatas garis ADX, yang memberikan potensi kenaikan signifikan.

BNB

Pada grafik 4-jam nampak BNB diperdagangkan di puncak pola segitiga menurun. Pola seperti ini digunakan untuk menunjukkan sinyal kelanjutan tren. Pada saar ini, BNB bertahan diatas support segitiga. Sisi bawah akan tetap aman selama support segitiga tidak ditembus. Namun, jika iya, penurunan lebih jauh bisa terjadi, mendorong BNB ke area support penting $22 dan $18.

Dari pandangan teknis, BNB telah melanjutkan tren turun. Buktinya, indikator RSI belum pulih keatas garis tren menurun. Disamping itu, indikator bisa dapat segera me-refresh area penjualan berlebih, pergerakan yang bisa memicu aksi jual karena harga menjelajahi support $22 dan $18.

Grafik 4-Jam BNB

Prakiraan BNBUSD 4 Jam - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 21 September 2020

Sementara itu SMA 100 kemungkinan akan menawarkan support yang akan menahan BNB diatas 25. Jika konsolidasi (pergerakan naik turun pasar stabil pada suatu range tanpa menunjukkan tren apapun, cenderung stagnan) mengambil alih pada saat itu, tren turun ke $22 dan seterusnya tidak akan terjadi. Pada sisi atas, kenaikan diatas SMA 50 bisa membuka jalan untuk aksi diatas $30, demikian mengubah kasus tren naik ke tertinggi tahunan baru.

Sources : Tomas Salles & John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.