Update Pasar Crypto: BTC, XRP, LTC, & EOS 20 November 2020

By 20 November 2020Berita

Bitcoin

Halving terakhir tidak diragukan lagi telah menyebabkan guncangan pasokan yang signifikan ke Bitcoin yang beredar, yang menyebabkan peningkatan kelangkaan. Tampaknya perlombaan untuk memiliki BTC tumbuh karena semakin banyak orang kaya ingin memiliki Bitcoin, dan para miliarder tampaknya berada di depan.

Peningkatan besar-besaran dalam tekanan beli dapat mendorong harga Bitcoin lebih jauh ke level ketinggian baru sepanjang masa.

Tidak semua orang akan memiliki akses ke Bitcoin yang utuh

Hanya 21 juta Bitcoin yang dapat ditambang, dengan beberapa token terakhir dijadwalkan untuk mulai beredar pada tahun 2140. Setelah semua token ditambang, tidak ada lagi yang dapat diperbuat karena prinsip ekonomi inti jaringan.

Sejauh ini, sekitar 18.5 juta BTC telah ditambang, menyisakan kurang dari tiga juta untuk 120 tahun ke depan.

Ketika mempertimbangkan bahwa ada sekitar 47 jutawan di dunia, dengan kekayaan kumulatif sekitar $158.3 triliun, hanya segelintir investor kaya yang dapat menambahkan Bitcoin ke portofolionya. Bahkan jika mereka membeli semua BTC yang ada, masing-masing individu ini hanya akan dapat membeli kurang dari 0.5 BTC.

Twitter Cameron 20 November 2020

Skenario ini menunjukkan tingginya tingkat kelangkaan yang dimiliki Bitcoin terhadap aset lain, menjadikannya penyimpan nilai yang sangat menarik.

Miliarder berkumpul di industri cryptocurrency

Mengingat model deflasi Bitcoin, minat meningkat di antara beberapa miliarder paling terkemuka di planet ini. Banyak dari mereka percaya bahwa BTC akan muncul sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.

Manajer pelindung nilai, Paul Tudor Jones bahkan membandingkan membeli Bitcoin dengan berinvestasi di saham teknologi awal, seperti Apple dan Google. Aset digital ini akan menjadi perdagangan inflasi terbaik, menurut Jones.

Sejalan dengan itu, orang terkaya kedua di Meksiko, Ricardo Salinas Pliego mengonfirmasi bahwa ia memiliki 10% dari portofolio likuidnya di Bitcoin karena itu membantu mencegah kekayaannya terkikis.

Miliarder terkenal lainnya, seperti Bill Miller, menambah daftar investor bullish saat ia mengalokasikan 30% dari dana $154 jutanya ke Bitcoin.

Dengan meningkatnya perhatian pada cryptocurrency andalan ini di antara miliarder dan pasokan tetapnya, sepertinya harga memiliki lebih banyak ruang untuk naik.

Twitter Holger 20 November 2020

Titik tertinggi baru sepanjang masa sudah mulai di depan mata

Karena tekanan beli terus meningkat, harga Bitcoin mungkin memiliki kekuatan untuk memotong sepanjang Desember 2017 hampir $20,000.

Indikator Fibonacci Retracement yang menembus di atas $19,892 dapat membuat BTC melonjak menuju ambang berikutnya di $24,451, yang sesuai dengan level 127.2%. Tetapi jika tekanan beli cukup kuat, harga bahkan dapat naik menuju area minat potensial berikutnya di sekitar $30,000.

Terlepas dari prospek optimis, pasar naik 2015-2017 mengungkapkan bahwa Bitcoin cenderung menukik tajam sebelum naik ke ketinggian baru sepanjang masa.

Sangat penting untuk memperhatikan tingkat harga saat ini. Kegagalan naik di atas $19,892 dapat menyebabkan kemungkinan koreksi ke $16,300 atau $13,500. Titik harga ini cocok dengan level retracement Fibonacci 78.6% dan 61.8%.

Ripple

Tampaknya harga XRP menunjukkan tanda-tanda potensi kemunduran sebelum memantul ke atas dalam jangka pendek. Indikator menunjukkan bahwa momentum tren turun yang masuk bisa membuatnya mencapai $0.27 sebelum lepas landas. Indikator Fibonacci Retracement mengkonfirmasi sinyal jual pada grafik harian.

Grafik Harian XRP/USD

Prakiraan XRPUSD - 20 November 2020

Litecoin

LTC mencapai level tertinggi sejak Februari 2020 di $83.91 selama jam-jam awal Asia dan turun ke $81 pada Jumat (20/11) siang. Meskipun ada koreksi sisi bawah, LTC telah naik lebih dari 10% setiap hari dan hampir 32% dalam tujuh hari terakhir.

LTC mencapai level terendah $41.6 pada 27 September 2020 dan telah tumbuh dengan mantap sejak itu di tengah pemulihan global di pasar cryptocurrency. Ini adalah aset digital terbesar ke-6 dengan kapitalisasi pasar saat ini $5.3 miliar dan volume perdagangan harian rata-rata hampir $7 miliar.

Koreksi sisi bawah sudah dekat

Sementara saat ini, LTC adalah pemimpin pertumbuhan minggu ini dari 10 koin teratas, situasinya akan berubah setiap menit. Indikator sekuensial TD telah mencetak delapan kandil hijau pada grafik 4 jam dan harian, yang berarti bahwa momentum naik memudar dan harga siap untuk berbalik.

Grafik 4-Jam LTC/USD

Prakiraan LTCUSD 4 jam - 20 November 2020

 

Tentunya, skenario tren turun membutuhkan konfirmasi karena sinyal jual pada grafik harian akan muncul dalam 24 jam ke depan. Ini berarti LTC memiliki potensi untuk memperpanjang sisi atas dan menguji ulang ketinggian baru 2020 sebelum koreksi dimulai. Namun, pedagang harus ekstra hati-hati pada tahap ini.

Perkiraan harga Litecoin

Sementara itu model “In / Out of the Money Around Price” dari IntoTheBlock menunjukkan bahwa LTC menghadapi hambatan kecil saat mendekati $84 karena lebih dari 22,000 alamat wallet sebelumnya telah membeli 365,000 LTC antara harga saat ini dan $83.5.

Dinding pasokan ini dapat memperlambat kenaikan dan menciptakan prasyarat untuk koreksi dengan target pertama pada $80, di mana 18,000 alamat telah membeli hampir 700,000 juta LTC. Support ini dapat menyerap tekanan tren turun, mencegah LTC jatuh lebih jauh. Jika area ini memberi jalan, penjual akan menemui penghalang signifikan lainnya saat mendekati $75.

Secara keseluruhan, gambaran IOMAP menyiratkan bahwa tren turun LTC akan kesulitan menekan harga karena lapisan tebal penghalang support yang terletak hingga $68. Sementara itu, pada sisi atas, pergerakan berkelanjutan di atas $84 akan memungkinkan pemulihan yang diperpanjang menuju $86 dan $90.

EOS

EOS mundur hampir 43% dari level tertinggi yang diperdagangkan di bulan Agustus di $3.88. Dukungan sedikit di atas $2.2 membawa kembali kemiripan stabilitas serta harapan untuk pemulihan. Namun, terobosan baru-baru ini telah mengalami banyak resisten, karenanya menunda momentum tren naik yang diharapkan.

EOS terjebak di antara resisten dan support utama

Token ini telah rusak di atas sisi miring segitiga menurun. Ini membutuhkan peningkatan pesanan beli, yang berpuncak pada keuntungan melewati $2.5 dan SMA 50.

Namun, penembusan telah dibantah oleh keramaian penjual yang intens di SMA 200 pada grafik harian. Untuk mempertahankan tren naik, EOS harus menutup perdagangan harian di atas rintangan langsung ini. Di saat yang sama, pembeli harus menyadari bahwa SMA 100 dapat menghalangi pergerakan harga di $2.75.

Grafik harian yang sama menunjukkan EOS mencoba menembus di atas batas atas Bollinger Bands. Jika tren naik berhasil dengan misinya, EOS mungkin keluar dari konsolidasi yang diperpanjang. Harga juga harus bertahan di atas batas tengah indikator untuk memastikan bahwa prospek naik yang potensial terjaga.

Di sisi lain, Indikator tren RSI menekankan aksi harga sideways (naik turun harga pada range tertentu tanpa tren berarti). Perlu dicatat bahwa EOS sedikit di tren naik, terutama dengan RSI yang bertahan di atas garis tengah dan mengarah ke atas.

Grafik Harian EOS/USD

Prakiraan EOSUSD harian - 20 November 2020

Grafik 4 jam menampilkan pola wedge naik. Dengan kata lain, pola ini mungkin memvalidasi prospek tren turun, terutama jika EOS ditolak pada $2.7.

Grafik 4-Jam EOS/USD

Prakiraan EOSUSD 4 jam - 20 November 2020

Perdagangan di bawah pola wedge akan menyebabkan lonjakan pesanan jual dan menciptakan volume yang cukup untuk mendorong EOS kembali ke papan gambar $2.2. Perhatikan bahwa SMA 50, SMA 100, dan SMA 200 akan menyerap sebagian dari tekanan jual dan mencegah harga turun tajam.

 

Sources : FXStreet Team, John Isige & Tanya Abrosimova on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.