Update Pasar Crypto: BTC, ETH & XRP 2 Oktober 2020

By 2 Oktober 2020Berita

Pasar cryptocurrency masih berenang di perairan yang bergejolak, bahkan saat sesi akhir pekan ini dimulai. Sudah seminggu pasar bertahan dengan pergerakan harga kecil, terutama pergerakan ke atas. Cryptocurrency andalan, BTC mundur ke $10,400 pada hari Kamis (01/10) sebelum melakukan ayunan cepat di atas $10,600. Mayoritas aset kripto mengikuti jejak Bitcoin. Contohnya, Ethereum mengunjungi kembali support pada $340, sementara XRP turun di bawah $0.24.

Presiden AS Donald Trump teruji positif COVID-19

Dunia masih menghadapi pandemi COVID-19 yang telah membuat perekonomian bertekuk lutut. Penyakit yang dimulai dari China ini telah melanda seluruh dunia, menginfeksi semua orang sepanjang penyebarannya; yang kaya, yang miskin, yang kuat, dan yang lemah tunduk pada monster ini.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengonfirmasi bahwa dirinya telah dites positif mengidap virus COVID-19 pada Jumat (02/10) siang. Dia membagikan berita itu di Twitter, meyakinkan dunia, “Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kita akan melalui ini BERSAMA.”

Berita Trump teruji positif ini muncul beberapa minggu menjelang pemilihan presiden AS. Ini juga merupakan momen pertimbangan bagi kebanyakan orang yang masih belum menganggap pandemi ini sesuatu yang serius, mengingat siapa saja bisa terinfeksi.

Bitcoin

Bitcoin gagal menembus resisten di $11,000, yang membuat tren naik kelelahan dan mungkin sedikit kecewa. Saat pembeli mundur untuk menyegarkan pasar sejenak, tren turun memanfaatkan momen terlemah ini untuk mendorong agenda kerugian mereka ke $10,000. Sisi baiknya, BTC memegang support pada $10,400.

Sementara itu, BTC telah membuat pemulihan kecil ke level ketinggian SMA 50 membatasi pergerakkan keatas. Pembeli harus mengubah SMA 50 menjadi support untuk kenaikan yang menargetkan $10,800 dan $11,000 agar terwujud. Di sisi lain, saluran paralel naik menunjukkan bahwa belum banyak kerusakan yang terjadi pada tren naik. Namun, jika saluran mengonfirmasi bendera tren turun, BTC mungkin memulai tren turun dan meluncur menuju $10,000. Untuk saat ini, jalur rendah hambatan adalah ke bawah karena RSI berada di bawah garis tengah.

Grafik 4 Jam BTC/USD

Prakiraan BTCUSD 4 Jam - 2 Oktober 2020

Model IOMAP IntoTheBlock menampilkan resisten yang berkembang pada sisi atas. Untuk saat ini, resisten yang paling menantang terbentang antara $10,580 hingga $10,890. Sebelumnya, kurang lebih 2 juta alamat wallet membeli hampir 1.4 juta BTC pada jangkauan harga diatas. Zona ini nampaknya memiliki cukup kekuatan untuk menyerap tekanan pembelian, yang bisa memperlambat pergerakkan menuju $11,000.

Grafik IOMAP BTC (Fundamental)

BTC IOmap 2 Oktober 2020

Pada sisi bawah, model ini menampilkan bahwa support telah menipis cukup signifikan, namun keramaian pembeli pada $10,250 dan $10,650 kemungkinan akan membantali BTC dari kejatuhan lebih jauh. Sebelumnya, sekitar 1 juta alamat wallet membeli hampir 680,000 BTC pada area ini. Namun, penting untuk diingat bahwa support yang paling kuat terletak pada $9,308 dan $9,640 menurut model IOMAP.

Penurunan tajam pada BTC terhubung dengan berita bahwa Komisi Perdagangan Komoditas dan Berjangka AS (CFTC), bersama dengan jaksa federal lainnya, telah bergerak maju dengan tuduhan terhadap BitMEX karena memfasilitasi pembelian dan penjualan derivatif yang tidak terdaftar. Selain itu, penjabat Pengacara Distrik Selatan New York, Audrey Strauss, telah menuntut CEO BitMEX, Arthur Hayes, dan karyawan perusahaan lainnya karena melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank.

Ethereum

ETH menyelesaikan kakinya ke $370 setelah istirahat di atas $360. Namun, pembeli kehabisan tenaga untuk melanjutkan tren naik. Tren turun, di sisi lain, mengasah cakar mereka, melukai ETH ke level di bawah $350. Pada Jumat (02/10) siang, ETH berada di tengah-tengah penurunan setelah penolakan lanjutan di SMA 50. Jika support jangka pendek di $340 rusak, token smart-contract ini akan mulai menjelajahi lubang kelinci kembali ke $320. Tren turun disorot oleh Moving Average Convergence Divergence (MACD) saat turun ke wilayah negatif sambil memperlebar divergensi tren turun.

Grafik 4-Jam ETH/USD

Prakiraan ETHUSD 4 Jam - 2 Oktober 2020

Menurut model IOMAP IntoTheBlock, ETH memiliki jalur lancar ke $300 karena kurangnya support yang signifikan. Support paling tangguh terletak antara $292 dan $302. Di sini, kira-kira 1 juta alamat wallet membeli 2.6 juta ETH. Pada sisi atas, jalan menuju pemulihan tampak belum dapat dilewati, terutama dengan konsentrasi besar pembeli antara $343 dan $353. Di sini, hampir 403.000 alamat wallet membeli 9.45 juta ETH. Tekanan jual ETH kedepannya sangat kuat; karenanya perjalanan dengan rintangan terkecil adalah ke bawah.

Grafik IOMAP ETH (Fundamental)

ETH IOmap 2 Oktober 2020

Terlepas dari penurunan harga, data oleh Santiment menunjukkan bahwa pengguna reguler kembali ke ETH sebagai tanggapan atas biaya transaksi yang lebih rendah (dan lebih terjangkau). Selain itu, sejumlah besar penyimpan non-pertukaran dengan cepat terakumulasi, mungkin karena antisipasi seputar Peningkatan Ethereum 2.0 yang akan datang. Contohnya, selama satu bulan terakhir, orang-orang besar ini telah meningkatkan kepemilikan mereka dari 11.14 juta menjadi 12.92 juta ETH. Tekanan pembelian kemungkinan akan membantu Ethereum melawan tren turun yang sedang berlangsung dan memulai perjalanan besar ke $400.

Ripple

Cryptocurrency lintas batas ini telah mencoba yang terbaik untuk mencapai level $0.25 tetapi tidak berhasil — resisten antara $0.245 dan $0.2475 menguras pembeli sehingga membuat mereka kelelahan. Tekanan jual di seluruh pasar memanfaatkan pelabuhan tren naik yang lemah, memaksa XRP menuju $0.23. Saat ini, XRP diperdagangkan pada $0.233 di tengah cengkeraman tren turun yang bertumbuh. Relative Strength Index (RSI) saat ini menekankan tren turun yang kemungkinan akan mencapai level yang lebih rendah di $0.22. Dukungan di $0.23 sejalan untuk menyerap beberapa tekanan jual, yang mungkin membatalkan kerusakan yang diperkirakan RSI.

Grafik Harga XRP/USD

Prakiraan XRPUSD - 2 Oktober 2020

Retracement dalam harga juga telah tercermin dalam arus masuk exchange sesuai data oleh Santiment. Awal pekan ini, arus masuk exchange XRP melonjak menjadi 44 juta. Nilai XRP meningkat dari dukungan di $0.22 ke ketinggian mendekati $0.25. Namun, penurunan masuknya XRP terjadi seiring dengan kerusakan yang dijelaskan. Namun jika pembalikkan arus masuk terlihat, XRP mungkin terus mengeksplorasi lubang kelinci.

Source : John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.