Update Pasar Crypto: BTC, ETH, XRP & TRX 2 November 2020

By 2 November 2020Berita

Bitcoin

Cryptocurrency andalan melonjak ke ketinggian tahunan baru selama akhir pekan setelah resistensi Juni 2019 hancur. BTC menembus rintangan utama berikutnya di $14,000 dan berpindah tangan di ketinggian 33 bulan sebelum turun kembali di bawah $14,000.

Support telah terbentuk di atas $13,600. Sisi baiknya, penjual tampaknya telah beristirahat di $14,000. Dengan kata lain, BTC telah ditetapkan untuk konsolidasi sebelum adanya kemunculan penembusan lain. Bollinger Band memperkuat aksi perdagangan sideways (naik turun harga pada suatu range tanpa tren berarti) dan kemungkinan untuk kenaikan signifikan dalam waktu dekat.

Tren naik Bitcoin tampaknya telah mendapatkan kembali kendalinya atas harga, terutama setelah harga memantul dari batas tengah Bollinger Bands. Selain itu, Relative Strength Index (RSI) juga telah mempertegas prospek tren naik setelah memantul dari garis tengah.

Grafik BTC/USD 4 Jam

Prakiraan BTCUSD 4 jam - 2 November 2020

Perlu diketahui bahwa prospek tren naik akan dibatalkan jika Bitcoin tergelincir di bawah batas tengah Bollinger Band. Selain itu, pembeli perlu menjaga support pada $13,600 seolah-olah hidup mereka bergantung pada itu. Jika tidak, mata uang kripto ini mungkin akan terjun untuk mencicipi kembali $13,000.

Ethereum

Raksasa smart-contract ini menguat dari support penting minggu lalu yang disediakan oleh SMA 200 dalam timeframe 4 jam ke level sedikit di atas $400. Pergerakan harga ini didukung oleh penembusan dari pola bendera tren naik. ETH juga melewati SMA 100 dan SMA 50 tetapi tidak mempertahankan kenaikan melebihi $400.

Namun, momentum yang terhenti tampaknya menjadi kemunduran sementara, terutama jika RSI dipertimbangkan. Indikator menunjukkan kekuatan tren, dalam hal ini, aksi harga naik yang sedang berlangsung. ETH harus mengklaim kembali posisi di atas $400 untuk terwujudnya pemulihan menjadi $420. Untuk saat ini, jalur dengan resisten terendah adalah ke atas meskipun ada keramaian penjual jangka pendek.

Grafik ETH/USD 4 Jam

Prakiraan ETHUSD 4 jam - 2 November 2020

Perlu diketahui bahwa narasi tren naik akan menjadi tidak valid jika ETH ditolak pada harga $400. Tindakan harga ke bawah dapat melampaui SMA 50 dan menguji ulang support di $390, seperti yang ditunjukkan oleh SMA 100. Koreksi lebih lanjut dari level ini kemungkinan akan mengirim Ethereum kembali ke SMA 200.

Ripple

XRP diselamatkan dari potensi kerusakan besar-besaran yang menargetkan posisi terendah di bawah $0.2 oleh support yang dibentuk di atas $0.23. Pemulihan terjadi, tetapi XRP gagal untuk naik melampaui garis tren menurun.

Resisten di $0.245 juga membatasi pergerakan harga, oleh karena itu terjadi penundaan dalam upaya pencapaian keuntungan menuju $0.26. Namun, indikator MACD telah menekankan cengkeraman naik dengan menggiling ke atas menuju garis tengah.

Untuk mengkonfirmasi prospek tren naik, pembeli harus mendorong XRP di atas resisten yang disorot oleh SMA 50 dan pertemuan yang dibentuk oleh SMA 100 dan SMA 200 dalam kisaran 4 jam. Jika semua rintangan ini tertinggal dibelakang, Ripple kemungkinan besar akan memulai perjalanan menembus batasan, yang bertujuan untuk menguji masing-masing $0,26 dan $0.30.

Grafik XRP/USD 4 Jam

Prakiraan XRPUSD 4 jam - 2 November 2020

Melihat sisi lain dari gambaran tersebut, penembusan yang diharapkan akan tersabotase jika XRP gagal mendapatkan momentum yang cukup untuk menurunkan resistensi MA dan rintangan di $0.245. Pembalikan di bawah $0.24 juga dapat membuka kotak Pandora, mengakibatkan lebih banyak kerugian yang mungkin mengunjungi kembali area support masing-masing di $0.23 dan $0.22.

Tron

Justin Sun, CEO dari platform pembuatan kontrak pintar terdesentralisasi TRON, telah mengatasi serangan jahat pada jaringan, yang terjadi selama peningkatan software pada 2 November 2020. Menurut Sun, jaringan sedang menjalani peningkatan rutin pada versi 4.1 dari mainnet tetapi “diserang oleh kontrak jahat pada 20.11.02 pukul 06:14 (Waktu Hongkong).”

Rupanya, penyerangan tersebut memanfaatkan kewenangan yang diberikan pada kontrak oleh pengembang. Oleh karena itu, orang-orang yang di balik serangan itu “memulai transaksi berbahaya dan menyebabkan perwakilan super menghentikan produksi blok.”

Sun mengklaim bahwa serangan jahat terhadap TRON dimotivasi oleh keserakahan. Para penyerang berharap dapat memanfaatkan “jaringan blockchain tersibuk di industri untuk mendapatkan keuntungan dari penangguhan produksi blok.” Namun, tim pengembangan di TRON menanggapi dengan cepat dan mengutamakan masalah tersebut, sehingga dengan segera diperbaiki.

Saat ini, tim sedang bekerja dengan perwakilan super (Super Representative) jaringan untuk memastikan bahwa peningkatan dilakukan dengan mulus. Selain itu, produksi blok secara bertahap dilanjutkan di mainnet dan dalam beberapa jam. Sun meyakinkan pengguna TRON bahwa semua data blockchain utuh dan aset mereka juga aman.

Harga TRON di ambang penembusan

TRX sedang menuju periode volatilitas tinggi, menurut penyempitan Bollinger Band pada grafik harian. Karena indikator teknis ini gagal memberikan jalur yang jelas untuk arah tren, area antara garis bawah dan atas dapat dianggap sebagai zona tanpa perdagangan yang wajar.

Hanya sebuah lilin harian yang menutup diatas atau dibawah range harga ini yang dapat menentukan kemana arah TRX bergerak selanjutnya.

Lonjakan tekanan jual di belakang TRON yang mendorongnya ke bawah level support $0.0249 bisa membuatnya turun menuju Moving Average 200-hari, sekitar $0.021.

Sebaliknya, jika pesanan beli mulai menumpuk, mata uang kripto ini mungkin memiliki kekuatan untuk mengubah resisten $0.0276 menjadi support. Melewati rintangan ini mungkin melihat harga TRX naik menuju $0.031.

 

Source : John Isige on FXStreet.com