Update Pasar Crypto: BTC, ETH, dan XRP 18 September 2020

By 18 September 2020Berita

Bitcoin

Pelonggaran kuantitatif oleh Fed AS mendorong lebih banyak investor ke Bitcoin?

Federal Reserve AS baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga mendekati 0% hingga 2023 — sebuah langkah yang berpotensi mendorong lebih banyak investor menuju cryptocurrency. The Fed mencatat bahwa suku bunga mendekati 0 kemungkinan akan membantu AS pulih dari kejatuhan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Dalam sebuah konferensi pers, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan :

Berkenaan dengan suku bunga, kami sekarang menyatakan bahwa kami berharap ini merupakan keputusan yang tepat untuk saat ini mempertahankan di kisaran target 0 hingga 0,25% untuk suku bunga dana federal sampai kondisi pasar tenaga kerja mencapai tingkat yang konsisten dengan penilaian komite sehubungan lapangan kerja yang maksimal dan inflasi telah meningkat hingga 2% dan berada di jalur yang melebihi 2% untuk beberapa waktu belakangan.

Menurut laporan Decrypt, Charles Bovaird, Vice President dari Content di Quantum Economics, mengatakan bahwa suku bunga rendah dapat membuat investor beralih ke aset tanpa bunga seperti Bitcoin. Menurutnya, investor tertarik pada aset tertentu karena jumlah bunga yang dibayarkan ke mereka sekarang memiliki insentif yang lebih kecil untuk mereka menginvestasikan uang.

Dunia keuangan tradisional telah mencari emas dan aset digital di tengah kejatuhan ekonomi pandemi. Beberapa hari yang lalu, korelasi antara emas dan harga Bitcoin mencapai rekor tertinggi, menunjukkan bahwa mata uang digital menjadi lebih dari aset safe-haven. Hal ini bisa berlanjut jika suku bunga rendah menciptakan efek bola salju (berawal dari masalah kecil lama-lama membawa dampak besar).

BTC sedang dalam tahap awal tren naik besar, menurut CEO Pantera Capital

Federal Reserve AS baru-baru ini mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan suku bunga mendekati 0% hingga 2023. Dalam Surat Blockchain, Dan Morehead, CEO Pantera Capital, mengkritik pelonggaran kuantitatif Fed dan menyarankan orang untuk membeli Bitcoin. Dia mencatat bahwa perusahaan Amerika berada dalam musim pendapatan kuartal ketiga yang brutal sementara saham terus mengabaikan fundamental dan menemukan level ketinggian terbaru.

Tweet CEO Pantera Capital - 18 September 2020

Menanggapi kebijakan moneter Ketua Fed Jerome Powell, Morehead menyarankan orang-orang untuk membeli Bitcoin. Dia menjelaskan bagaimana aset seperti emas telah menembus tahun ini, tidak terpengaruh oleh dampak pandemi.

Tetapi cryptocurrency telah mengungguli sebagian besar aset lainnya sepanjang tahun, karena fitur seperti kelangkaan sangat penting dalam dunia pasca-pandemi, menurut pendapat Morehead.

Pantera Capital percaya Bitcoin sedang berada di awal kenaikan.

Kami sangat yakin bahwa kami sedang berada dalam tahap awal dari pasar yang akan naik besar yang dipicu oleh gelombang makro global yang kuat dan fundamental yang berkembang dalam teknologi yang mendasarinya.

MicroStrategy kembali membeli Bitcoin setara $175 juta

MicroStrategy, salah satu perusahaan intelijen bisnis publik terbesar, baru-baru ini kembali membeli Bitcoin senilai $175juta. Ini membawa keseluruhan pembelian Bitcoin yang dilakukan perusahaan menjadi $425juta. Michael Saylor, CEO MicroStrategy, turun ke Twitter untuk berbagi berita ini.

Tweet CEO MicroStrategy - 18 September 2020

Pada bulan Agustus 2020, MicroStrategy telah mengumumkan investasi Bitcoin pertamanya setara $250juta. Dalam semua press release, perusahaan ini mencatat bahwa Bitcoin merupakan kelas aset dengan nilai simpan lebih baik dibandingkan mata uang fiat, terutama mengingat kejatuhan ekonomi global akibat pandemi COVID-19. Perusahaan saat ini melihat pemimpin cryptocurrency ini sebagai “pemegang utama dalam strategi cadangan perbendaharaan.”

Menurut laporan dari CoinDesk, Saylor mengatakan bahwa pembelian BTC yang dilakukan perusahaannya adalah investasi multi-generasi jangka panjang.

Ini bukan spekulasi, juga bukan untuk lindung nilai. Ini adalah strategi perusahaan yang disengaja untuk mengadopsi standar Bitcoin.

CEO MicroStrategy ini juga menyebutkan bahwa perusahaannya mulai melihat uang tunai sebagai metode penyimpanan yang berpotensi mahal untuk surplus. Ia mengatakan bahwa Bitcoin dan pembelian kembali saham merupakan dua tempat berkualitas untuk mengarahkan dana surplus.

Kami baru saja menyadari bahwa kami sedang duduk diatas es batu senilai $500juta yang mencair (sebelum pembelian Bitcoin).

Grafik Harian BTC/USD

Prakiraan BTCUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 18 September 2020

Jika indikator MACD menyebrang keatas garis tengah, kita bisa melihat BTC naik menembus resisten $11,000, untuk kemudian menyulut kenaikan menuju $12,000. Secara umum BTC sedang berada dalam tren naik diatas garis tren multi-bulan dari kerugian yang tercatat di bulan Maret 2020. Maka dari itu, penundaan berasal dari zona keramaian penjual pada $11,000 yang jika mampu ditembus, akan membuka jalan bagi lepas landas yang sangat ditunggu-tunggu ke $12,000.

Analisa Fundamental Bitcoin

Menurut metrik IOMAP oleh IntoTheBlock, BTC tidak mungkin melakukan pergerakan drastis kebawah dikarenakan adanya support besar di kisaran $10,582 dan $10,891. Peru diperhatikan bahwa sebelumnya 1.25 juta alamat membeli 768,460 BTC pada area tersebut.

Ethereum

ETH telah memetakan pola morning star saat harga naik dari $365.65 ke $390, menembus keatas resisten SMA 20 dalam prosesnya. Ada peluang bagi harga untuk melompat dan menembus level $400. Harga telah berkonsolidasi (naik turun pada suatu jangka tertentu cenderung stagnan) dalam pola segitiga naik, karena bersiap untuk penembusan. Lilin baru memiliki label hijau-1 pada pola TD, yang menunjukkan bahwa harga telah memulai tren naik. Indikator RSI berada pada zona netral, memberikan ETH lebih banyak ruang untuk bertumbuh.

Grafik Harian ETH/USD

Prakiraan ETHUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 18 September 2020

IOMAP ETH/USD

IOMAP ETH memberikan bacaan yang cukup menarik. Potensi penurunan sangat dibatasi oleh dinding support $389.50 hingga $378.75. Pada sisi atas, pembeli menghadapi dinding resisten yang cukup kuat antara $390.80 hingga $401.50. Namun, jika harga menembus level ini, seperti yang diharapkan, ETH memiliki ruang untuk tumbuh hingga $425 hingga menemukan level resisten lain yang serupa.

Ripple

Tren naik XRP/USD masih memegang kendali pasar setelah harga memantul dari garis tren naik. Dalam prosesnya, harga naik dari $0.243 ke $0.2525 dalam dua hari terakhir. XRP saat ini sedang tren dalam pola bendera turun. Pembeli memiliki ruang untuk menumbuhkan harga hingga $0.265 sebelum harga menghadapi resisten pada tren naik dan jatuh. Para investor dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat posisi mereka dan menjual di level $0.265 untuk mendapatkan keuntungan.

Grafik Harian XRP/USD

Prakiraan XRPUSD Harian - 7 September 2020Prakiraan BTCUSD Harian - 18 September 2020

R1           : $0.2586                                               S1            : $0.2463
R2           : $0.2647                                               S2            : $0.2401
R3           : $0.2709                                               S3            : $0.234

**Resistance : batas atas yang jika ditembus, mengindikasikan tren naik dan kemungkinan naik lebih
jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati R1, maka target berikutnya R2, dst.).

**Support : batas bawah yang jika ditembus, mengindikasikan tren turun dan kemungkinan turun
lebih jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati S1, maka terget berikutnya S2, dst.).

 

Sources : Rajarshi Mitra & John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.