Update Pasar Crypto 18 Agustus 2020: Bitcoin Menerima Pujian

By 18 Agustus 2020Berita

George Ball, ketua Sanders Morris Harris dan mantan CEO Prudential Securities mengatakan bahwa Bitcoin merupakan “safe haven” untuk para investor dan para trader yang sedang mencari alternatif investasi. Pada wawancara baru-baru ini dengan Reuters, Ball menyatakan bahwa dirinya sebelumnya merupakan “lawan Bitcoin.” Namun, dengan adanya partisipasi pemerintah di pasar keuangan dan menstimulasinya (mencetak uang), Ia pun menyadari nilai dari cryptocurrency seperti Bitcoin.

Saya tidak pernah mengatakan ini sebelumnya, namun saya selalu menjadi lawan Blockchain dan Bitcoin, tetapi jika Anda melihat sekarang, pemerintah tidak bisa terus menerus menstimulasi pasar. Banjir likuiditas akan berakhir cepat atau lambat pemerintah harus mulai membayar stimulus ini, untuk beberapa defisit, untuk beberapa subsidi yang layak dan sangat cerdas yang diberikannya kepada masyarakat.

Menurut Ball, pertanyaan kritisnya adalah bagaimana rencana pemerintah untuk membayar kembali uang yang dipinjam untuk stimulus ini?

Apakah mereka akan meningkatkan pajak dengan tinggi atau jika tidak? Apakah mereka akan mencetak uang? Jika mereka mencetak uang yang merendahkan nilai mata uang dan mungkin bahkan hal-hal seperti TIPS (Treasury Inflation-Protected Securities) bisa rusak juga. Sehingga investor yang sangat kaya atau trader kemungkinan akan beralih ke Bitcoin atau sejenisnya sebagai kebutuhan investasi pokok.

Ball menyebutkan bahwa Bitcoin merupakan safe haven jangka panjang dan aset spekulatif jangka pendek. Ia juga percaya bahwa akan semakin banyak orang yang beralih ke cryptocurrency sebagai investasi pasca Hari Buruh yang akan datang. Alasan dari para investor memilih aset digital sebagai alternatif investasi adalah karena “…tidak bisa diganggu gugat oleh pemerintah,” cetus Ball.

Detektor Pertemuan BTC/USD

BTC-USD Detektor Pertemuan

Tren naik BTC masih terus mengkonsolidasikan harga diatas level $12,300, setelah mendorong harga dari $12,303 ke $12,334. Detektor pertemuan harian memberikan kebebasan kepada pembeli untuk menaikkan harga ke level $13,000. Ada resisten yang nampak pada $13,100 yang merupakan ketinggian tahun lalu. Sedangkan pada sisi bawah, kita memiliki support pada $12,300, $11,900, dan $11,750.

Ethereum

Harga ETH menyentuh ketinggian tahunan sekali lagi, mendekati $450. Pasar cryptocurrency berubah hijau (dominasi tren naik) pada hari Senin (17/08) kemarin pada sesi Amerika. Kenaikan yang sangat luas ini utamanya dikarenakan naiknya Bitcoin menyentuh ketinggian tahunan baru pada $12,492. ETH mengikuti dengan penembusan dua resisten yang cukup keras kepala $430 dan $440. Meski tren naik menargetkan $500, namun terbentur pada $447.

ETH menyerah pada tekanan penjualan, mungkin karena para investor dan trader mengambil keuntungan mereka. Menariknya, support telah diterima pada $430 dengan semua mata masih tertuju pada $500 dan menembus diatas masing-masing zona kemacetan $440 dan $450.

Sementara itu, gambaran teknikal berubah merah (tren turun) secara bertahap seperti nampak pada indikator RSI yang jatuh dibawah garis tengah (50). Momentum turun yang sama juga ditandai oleh indikator Elliot Wave Oscillator; tercetaknya sesi tren turun.

Baca Juga: Bitcoin Mencetak Rekor 2020 Ditengah Pandemi. Yuk Mulai Investi 

Penting untuk dicatat bahwa support $430 dibentuk oleh pertemuan SMA 50 dan SMA 100 pada jangka waktu (time-frame) 1 jam. Sebagai penambahan, perjalanan menurun harga membuktikan support yang sangat dibutuhkan. Jika support berhasil bertahan, tren naik akan kembali memiliki kesempatan untuk berkonsenterasi menembus resisten pada $440, $450, dan $500.

Pada sisi bawah, support yang lebih rendah nampak pada $420 jika terjadi penurunan dibawah $430. Melihat pada $400, level support utama lainnya berada diantara $447.82 dan $364.94, dan $410.

Grafik 1-Jam ETH/USD

ETH-USD Grafik 1 Jam

Ripple

Grafik Harian XRP/USD

XRP-USD Grafik Harian

Tren naik XRP tetap memegang kendali selama 3 hari berturut-turut. Harga telah naik dari $0.3157 ke $0.3188 pada awal hari Selasa (18/08). Pada grafik harian, kita melihat tiga level support yang sehat yaitu $0.312, $0.294 (SMA 20), dan $0.29.

Indikator Elliott Oscillator memiliki tiga sesi hijau berturut-turut. Akhirnya, indikator RSI menunjukkan bahwa harga merayap di sepanjang tepi zona pembelian berlebih. Ini mengindikasikan bahwa aset saat ini sedikit dinilai terlalu tinggi.

S1 : $0.2995                                               R1 : $0.33

S2 : $0.2832                                               R2 : $0.3443

S3 : $0.2689                                               R3 : $0.3606

**Resistance : batas atas yang jika ditembus, mengindikasikan tren naik dan kemungkinan naik lebih

jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati R1, maka target berikutnya R2, dst.).

**Support : batas bawah yang jika ditembus, mengindikasikan tren turun dan kemungkinan turun

lebih jauh (ditembus berurutan, jika sudah melewati S1, maka terget berikutnya S2, dst.).

Tron

TRX telah mengalami peningkatan sejak Maret saat seluruh pasar cryptocurrency merosot besar-besaran karena pandemi COVID-19. Awalnya, pemulihan pelan namun pasti. Namun, dalam dua minggu belakangan ini, TRX telah bangkit dari pinggiran dan siap untuk memimpin pergerakan naik ke ketinggian yang lebih.

Dalam 24 jam terakhir, TRX melihat nilainya naik paling tidak 15%. Sekilas pada grafik harian menunjukkan kenaikan tajam yang konsisten dari pivot $0.020 di minggu pertama bulan Agustus ke $0.0323 (ketinggian bulanan). Aset crypto ini menghindari pada $0.0318 setelah beristirahat pada support jangka pendek di $0.03.

Gambaran teknis menunjukkan genggaman erat tren naik pada harga. Indikator RSI berada pada zona pembelian berlebih dan masih menunjuk keatas. Ini menunjukkan bahwa tekanan pembelian berada didepan mata dan aksi harga lainnya keatas bisa diharapkan dalam waktu dekat.

Indikator MACD mendukung potensi lonjakan naik dengan target $0.035 karena divergensi tren naik yang jelas dan progress yang dibuat diatas garis tengah. Pada saat ini, MACD bertahan pada 0.001628 dan memperlihatkan perbedaan 0.001093.

Jelas bahwa penembusan diatas $0.035 dapat memicu lebih banyak posisi pembelian dengan antisipasi kenaikan ke $0.04 dalam jangka sedang. Namun, jika hal buruk terjadi dan pembalikkan harga mengambil alih dari level harga saat ini, TRX akan mencari perlindungan pada support $0.03, $0.025, $0.02, dan SMA 50, dan garis tren utama (hitam pada grafik).

Grafik Harian TRX/USD

TRX-USD Grafik Harian

Baca Juga: 

Sources : Rajarshi Mitra & John Isige on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.