Update Pasar Crypto : BTC, ETH, XRP 14 September 2020

By 14 September 2020Berita

Bitcoin

BTC mencoba pemulihan diatas $10,500 pada hari Minggu (13/09) namun gagal untuk mempertahankan. Pada Senin (14/09) siang, pelopor mata uang digital ini berada pada $10,350, tidak banyak berubah sejak awal hari. Selain itu, BTC telah berjalan ditempat dengan jangkauan yang cukup sempit lebih dari seminggu ini ditengah level keraguan pasar yang tinggi. Sementara para BTC HODLers (penyimpan BTC) masih duduk tenang menunggu harga melanjutkan momentum naik, para trader spekulatif kemungkinan mulai frustasi dan mencari petunjuk untuk memahami apa yang sedang terjadi dan kapan kenaikan akan kembali terjadi.

Grafik Harian BTC/USD

Prakiraan BTCUSD Harian - 14 September 2020

Pada grafik harian BTC nampak melambung dari batas atas kisaran konsolidasi (pergerakan naik turun stabil tanpa menunjukkan tren tertentu) di $10,500. Kemungkinannya adalah harga menguji kembali channel support sebelum tren naik meluncurkan usaha pemulihan lanjutan. BTC menyelam dibawah $10,000 beberapa kali pada minggu sebelumnya, namun setiap kali itu terjadi, tebalnya order pembelian mendorong harga kembali naik dari area tersebut.

Sementara itu, data pemosisian BTC menunjukkan bahwa hampir 1.4 juta alamat dompet dengan lebih dari 750,000 koin mengalami balik modal saat mendekati $10,000. Halangan ini juga diikuti oleh sejumlah 700,000 alamat dompet yang mengalami pembalikkan modal pada kisaran $10,000 dan $9,700. Kemungkinan besar, tren turun akan kesulitan untuk menembus lapisan pelindung yang tebal ini. Meski begitu, jika sampai tren turun berhasil, penjualan akan mendapatkan daya dengan fokus selanjutnya di $9,200 – $9,000, yang bertepatan dengan target koreksi harga jangka panjang. Indikator harian SMA 200 dan minggguan SMA 50 menambah kredibilitas untuk men-support area ini.

Kesimpulannya, BTC terkunci dalam kisaran ketat dan mungkin akan lanjut bergerak sideways (naik turun harga pada range tertentu tanpa adanya tren berlaku) sementara waktu ini karena adanya hambatan teknis dan fundamental diatas dan dibawah harga saat ini. Indikator jangka pendek menunjukkan bahwa BTC mungkin siap untuk pemulihan lanjutan; namun, signal ini harus dikonfirmasi oleh pergerakan berkelanjutan diatas $10,500 – $10,600. Begitu hal ini terjadi, $11,000 akan menjadi fokus baru. Di sisi lain, kegagalan membereskan penghalang atas akan mendorong harga ke batasan lebih rendah di $10,000, yang cukup kuat untuk memperlambat penurunan lebih jauh dan menciptakan dorongan tren naik baru. Jika tidak juga, maka aksi penjualan akan berlanjut ke koreksi target jangka panjang di $9,000.

Ethereum

ETH saat ini diperdagangkan pada kisaran $365 setelah gagal menembus halangan di $390. Proses koreksi saat ini membuat kerendahan relatif pada level $320, sehingga perjalanan dibawah $300 bisa dikatakan bukan pilihan.

Diatas harga saat ini ada resisten utama di $390, kemudian $408, dan $440.

Dibawah harga saat ini ada support utama di $360, kemudian $335, dan $315.

Grafik Harian ETH/USD

Prakiraan ETHUSD Harian - 14 September 2020

Indikator MACD pada grafik harian menunjukkan struktur yang rentan terhadap persilangan keatas, meskipun profil tergolong terlalu datar dan posisi dibawah level 0 berlawanan dengan kemungkinan pergerakan naik.

Indikator DMI pada grafik harian menunjukkan tren turun dan naik bertatap muka. Untuk saat ini sisi penjual memiliki sedikit keuntungan diatas pembeli.

Ripple

XRP saat ini diperdagangkan pada kisaran $0.2452 dan berusaha mengkonsolidasikan level dukungan keramaian harga pada level $0.24. Level support ini mendapatkan kekuatan dari kehadiran garis tren jangka panjang.

Diatas harga saat ini ada resisten utama di $0.26, kemudian $0.276, dan $0.295.

Dibawah harga saat ini ada support utama di $0.235, kemudian $0.228 dan $0.215.

Grafik Harian XRP/USD

Prakiraan XRPUSD Harian - 14 September 2020

Indikator MACD pada grafik harian menunjukkan profil optimal untuk persilangan tren naik. Moving average pada indikator ini juga menunjukkan adanya kemiringan keatas untuk mencapai signal naik.

Indikator DMI pada grafik harian menunjukkan tren naik dan turun pada level yang sama. Sisi penjualan kehilangan daya dalam beberapa minggu ini, dan jika tidak berubah arah, tren naik akan mampu mengalahkan penjualan ini untuk memimpin pasar.

 

Sources : Tanya Abrosimova & Tomas Salles on FXStreet.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.