Update Pasar Crypto: BTC, ETH & LTC 11 Desember 2020

By 11 Desember 2020Berita

Bitcoin

BTC memegang posisi yang lebih rendah, saat ini di dekat kerendahan harian di $18,172, selama awal Jumat (11/12). Mata uang kripto ini menandai kegagalan kedua untuk menembus garis tren miring ke atas milik 9 Oktober 2020 pada hari sebelumnya. Namun, MACD turun dan kelemahan yang diperpanjang di bawah SMA 21 hari mendukung para penjual Bitcoin.

Oleh karena itu, kelemahan lebih lanjut terhadap garis support utama, di $18,064 sekarang, tidak dapat dikesampingkan.

Padahal, penurunan lebih dari $18,064 akan membutuhkan validasi dari angka bulat $18,000 sebelum memandang ke posisi terendah akhir November 2020 di sekitar $16,210.

Selama penurunan harga antara $18,000 dan $16,210, posisi terendah yang ditandai selama 22 November dan 9 Desember, sekitar $17,640, dapat menawarkan ruang bernapas bagi tren turun BTC.

Sementara itu, penembusan sisi atas SMA 21 hari, saat ini di sekitar $18,600 akan terlihat menghadapi garis tren turun dari 1 Desember, di $19,131 saat ini.

Dalam kasus di mana tren naik BTC berhasil mendominasi melewati $19,131, puncak bulanan $19,914 dan magnet psikologis $20,000 akan menjadi sorotan.

Grafik Harian BTC/USD

Prakiraan BTCUSD Harian - 11 Desember 2020

Tren : Naik

S1 : $17,919 R1 : $18,568

S2 : $17,589 R2 : $18,886

S3 : $17,217 R3 : $19,217

**S merupakan support, yang berarti titik yang mendukung harga untuk mencegah kejatuhan lebih jauh. Jika suatu support ditembus, maka ada kemungkinan berlanjut ke penembusan support selanjutnya. Umumnya dijadikan titik untuk membeli.

**R merupakan resisten, yang berarti titik yang menolak harga dan mencegah harga untuk naik lebih jauh. Jika suatu resisten ditembus, maka ada kemungkinan berlanjut ke penembusan resisten selanjutnya. Umumnya dijadikan titik untuk menjual.

Ethereum

Kejadian baru-baru ini tampaknya menjadi argumen yang kuat untuk harga Ethereum naik karena dua fundamental menyarankan aset ini bisa menuju ke $800. Indikator teknis menegaskan kembali narasi ini karena mereka menunjukkan bahwa pasar belum bereaksi terhadap berita.

Ethereum tampaknya diremehkan pada level saat ini

Menurut perusahaan riset dan analitik aset digital, Bloqport, lebih dari 131,254 ETH telah ditambahkan ke dana yang dikelola (AUM) Ethereum, yang dipegang oleh Grayscale, sehingga totalnya menjadi $1.66 miliar. Perusahaan ini sekarang menjadi pengelola dana lindung nilai crypto terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari banyak institusi yang telah melakukan upaya signifikan untuk meningkatkan simpanan mereka belakangan ini.

Sebelum penambahan baru-baru ini, Grayscale mengungkapkan bahwa total aset yang dikelola Ethereum (AUM) mencapai $1.64 miliar.

Meningkatnya kepemilikan Ethereum oleh institusi seperti Grayscale membangun kasus tren naik untuk harganya. Tidak hanya melayani tujuan meningkatkan kejutan pasokan, tetapi juga dapat meningkatkan sentimen positif investor dari token smart contract ini.

Faktor fundamental lainnya yang memperkuat skenario tren naik untuk harga ETH adalah bahwa lebih dari 100,000 ETH telah dikunci dalam staking ETH 2.0 melalui Kraken.

Volatilitas akan kembali

Volume perdagangan yang rendah menunjukkan kemungkinan bahwa pasar belum bereaksi terhadap pembangunan fundamental selama beberapa hari terakhir, tetapi sentimen investor dapat berubah dengan cepat.

Grafik Harian ETH/USD

Prakiraan ETHUSD Harian - 11 Desember 2020

Grafik harian ETH menunjukkan pembentukan segitiga naik. Dengan uji mundur dan support dari EMA 34 hari, dapat diperkirakan bahwa potensi penembusan ke atas mungkin terlihat jika tetap di atas garis EMA. Wilayah harga yang harus diperhatikan tetap $800.

Di sisi lain, volume yang lebih kuat pada aksi jual dibandingkan dengan pemantulan, menunjukkan perspektif tren turun, jika semua indikator naik tidak valid, membuat $450 menjadi level berikutnya yang harus diperhatikan.

Litecoin

LTC tampaknya mencari support di atas $70, menyusul penolakan lain di $75. Peran support yang diharapkan ini adalah untuk mengalihkan fokus tren naik ke level harga yang lebih tinggi, sebaiknya di atas $80. Selain itu, zona keramaian pembeli dapat membantu mencegah potensi penurunan kembali ke support kuat di $65.

Tren naik LTC dengan penuh semangat mencari support menjelang pemantulan

LTC berpindah tangan pada $71.2. Ini adalah pertarungan berat bagi tren naik dan tren turun. Pemenang tarik tambang akan menentukan arah yang diambil LTC. Sebuah pemantulan mungkin ikut bermain untuk tren naik, memungkinkan mereka untuk mendorong harga melewati rintangan jangka pendek di $75 dan SMA 200.

Tindakan harga di luar $80 akan menyebabkan pesanan beli besar-besaran terutama karena ini akan mengkonfirmasi kembalinya kenaikan serta kemampuan LTC untuk pulih setelah koreksi di pasar naik.

Demikian pula, indikator tren RSI menunjukkan bahwa LTC sedang penjualan berlebih saat ini. Oleh karena itu, pemantulan kemungkinan besar terjadi dalam waktu dekat. Pola baji turun mengisyaratkan potensi penembusan besar-besaran, mungkin di atas $80.

Grafik 4-Jam LTC/USD

Prakiraan LTCUSD 4 jam - 11 Desember 2020

Indikator TD Sequential dapat menghadirkan sinyal beli dalam bentuk lilin sembilan berwarna merah pada grafik harian. Prospek tren naik akan membuat permintaan untuk LTC melonjak, sehingga menciptakan volume yang cukup untuk mendukung aksi harga naik yang signifikan.

Pada grafik harian yang sama, Litecoin diperdagangkan di atas poin Parabolic SAR, menambah kredibilitas pada narasi naik.

Grafik Harian LTC/USD

Prakiraan LTCUSD Harian - 11 Desember 2020

Prospek naik akan dibatalkan jika LTC gagal mengamankan support di atas $70. Kaki tren turun mungkin meregang hingga $65, di mana pola dasar ganda mungkin terbentuk. Di sini, pembeli akan merencanakan misi pemulihan yang dilaksanakan dengan baik menuju $100.

 

Sources : Anil Panchal, John Isige & FXStreet Team on FXStreet

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.