tips trading crypto

5 Tips Trading Crypto Bagi Pemula Biar Untung, Coba Yuk!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kesabaran dan disiplin merupakan dua hal penting yang amat diperlukan ketika melakukan aktivitas trading cryptocurrency. Jika Anda masih baru di bidang ini, tak perlu khawatir. Sebab ada tips trading crypto yang bisa OctoMate ikuti.

Semakin hari, trading crypto semakin diminati banyak orang. Tak heran lantaran keuntungan dari trading ini cukup menggiurkan. Penasaran bagaimana cara trading crypto bagi pemula? Langsung saja simak ulasannya berikut.

Apa itu Trading Crypto?

Sebelum membahas tips trading crypto, alangkah baiknya kita bahas dulu apa itu trading crypto sebenarnya. Mungkin OctoMate sudah sering mendengar istilah trading saham dalam jual beli saham.

Nah, trading crypto ini sebenarnya hampir sama dengan trading saham. Hanya saja bedanya ada pada objek transaksinya, yaitu berbentuk cryptocurrency.

Beberapa contoh cryptocurrency di antaranya bitcoin, ethereum, dodge, dan sebagainya, di mana nilainya dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Orang yang melakukan aktivitas trading atau jual beli aset crypto disebut sebagai trader. Perlu diketahui bahwa crypto ini memiliki tingkat volatilitas sangat tinggi dan pasarnya buka selama 7×24 jam. Berbeda dengan pasar saham yang hanya buka di jam kerja dan tutup di hari libur serta tanggal merah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai aset pada crypto akan terus berubah tanpa mempedulikan waktu. Itulah mengapa bila Anda ingin untung, tips trading cryptocurrency adalah Anda harus rajin memantau fluktuasi harga.

Waktu yang Tepat untuk Trading Kripto

Bicara tentang waktu, mungkin Anda akan bertanya, lantas kapan waktu yang tepat untuk trading kripto?

Pada dasarnya dalam pasar kripto memang tidak ada aturan waktu perdagangan tertentu, pasalnya Anda bisa bertransaksi selama 24 jam setiap hari. Namun, potensi trading berhasil akan lebih besar apabila Anda bertransaksi di kala aktivitas pasar global sedang tinggi.

Di luar itu, biasanya volume perdagangan lebih ringan, sehingga berpotensi menyebabkan nilai tukar lebih lemah serta kesulitan dalam menemukan harga yang tepat untuk transaksi Anda.

Salah satu cara menemukan waktu yang tepat untuk trading kripto, utamanya bagi trader harian adalah mengikuti sesi trading pusat keuangan, misalnya Eropa (London), New York, Tokyo, dan Australia (Sydney), atau dengan kata lain mengikuti sesi trading pasar forex.

Baca juga: Tips & Cara Trading Bitcoin untuk Pemula agar Profit Maksimal

Tips Trading Crypto Bagi Pemula

Berikut tips trading crypto untuk pemula yang bisa kamu ikuti.

1. Mulailah Trading Crypto dengan Sesuatu yang Bisa Saja Hilang

Tips trading crypto yang pertama adalah mulailah dengan jumlah kecil terlebih dulu. Lakukan secara bertahap untuk menghindari kerugian. Cukup pertaruhkan apa yang Anda miliki seproporsional mungkin.

Seandainya Anda memiliki tabungan pribadi sebesar $5.000, tidaklah bijaksana untuk menggunakan seluruhnya dengan harapan Anda akan menjadi kaya. 

Untuk benar-benar menggunakan trading cryptocurrency sebagai sumber utama kehidupan, seseorang tidak boleh mengandalkan peluang atau keberuntungan dalam hal ini.

Ada berbagai website dan sarana lainnya di luar sana yang dibuat untuk para trader belajar tentang cara menghasilkan keuntungan dari trading crypto. 

Sangat disarankan untuk OctoMate memulainya dengan belajar melalui fasilitas gratis terlebih dahulu dan kembangkan keterampilan yang diperlukan.

Setelah mencapai hasil yang memuaskan, Anda kemudian dapat memulai pengalaman trading nyata dengan sejumlah kecil uang. Saat keuntungan meningkat, maka jumlah uang yang diperdagangkan secara bertahap pun bisa kamu tingkatkan.

2. Fokus secara Berkelanjutan pada Bitcoin

Melakukan trading cryptocurrency dari satu aset ke aset lain secara konstan dapat merugikan Anda. Namun banyak panduan yang merekomendasikan investor untuk melakukan trading dengan lebih dari satu aset.

Alasannya adalah jika kehilangan semua aset seketika atau mengalami kerugian dalam satu komoditas, dapat dipulihkan dengan keuntungan di komoditas lain.

Padahal, penting untuk Anda mempelajari dinamika satu aset dan menjadikannya pembuat uang utama Anda. Bitcoin menghadirkan banyak peluang bagi para trader untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, perdagangan Bitcoin menguntungkan bagi para trader yang terampil. Sehingga tips trading crypto berikutnya adalah fokus secara berkelanjutan pada Bitcoin.

Baca juga: Mengapa Harga Cryptocurrency Sangat Volatile?

3. Jangan Serakah

Aspek lain mengenai tips trading crypto adalah menghindari keserakahan. Terkadang kondisi pasar dapat berayun ke sisi Anda sehingga Anda memenangkan sebagian besar perdagangan.

Namun, jangan berpikir ini saatnya untuk menghasilkan banyak uang dan menggunakan semua modal Anda untuk trading cryptocurrency selanjutnya.

Pasar cryptocurrency adalah pasar paling dinamis di dunia yang dapat berubah setiap detik. Saat mengalami kekalahan beruntun yang panjang, istirahatlah dan cari tahu apa yang menyebabkan kerugian.

Kemudian juga pertimbangkan merevisi jumlah perdagangan untuk mencegah kehabisan seluruh portofolio dalam kekalahan beruntun.

4. Jangan Melakukan Investasi ‘Buta’

Sebelum menyuntikkan uang ke aset crypto, luangkan waktu Anda untuk melakukan pengecekan latar belakang pada aset tersebut. Sebab, ditemukan beberapa jenis altcoin yang digunakan sebagai alat penipuan dan hanya bertahan sekitar dua tahun.

Melakukan pemeriksaan latar belakang tentang aset yang ingin diperdagangkan sebagai tips trading crypto dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan kerugian dari penipuan dan aset berkinerja buruk.

Ketika aset berada dalam tahap gelembung harga sangat tinggi, kadang trader berpikir harga bisa terus meningkat, sebaiknya luangkan waktu untuk menyelidiki mengapa harga aset tiba-tiba meningkat atau menurun tajam. Ingat, tujuan Anda bukan untuk menghasilkan uang cepat karena keberuntungan atau peluang.

5. Pastikan Platform Trading Terpercaya

Tips trading crypto untuk pemula terakhir adalah pastikan platform trading yang Anda gunakan terpercaya, seperti Bitocto yang sudah diawasi oleh BAPPEPTI dan KOMINFO sehingga sudah pasti aman.

Dengan memastikan platform trading Anda terpercaya, hal ini bisa meminimalisir terjadinya penipuan yang bisa merugikan Anda.

Itu dia penjelasan tentang apa itu trading crypto dan cara trading crypto bagi pemula yang bisa menambah wawasan Anda. Selain tips di atas, masih ada lho teknik trading crypto lainnya, seperti mengetahui info kapitalisasi pasar dan informasi pergerakan harga crypto sebelum memulai trading.

Terakhir, jangan lupa gunakan platform jual beli Bitcoin yang aman, mudah, dan praktis seperti Bitocto. Yuk investasi kripto di Bitocto sekarang juga!

Baca juga: Apa Itu Stop Loss dan Take Profit? Begini Cara Menentukannya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin