Seberapa Penting Crypto & Apakah Cryptocurrency Masa Depan Kita?

By 12 Agustus 2020Berita

Cryptocurrency telah menarik perhatian investor diseluruh dunia, begitu juga bisnis dan para konsumen. Keuntungan yang ditawarkan cryptocurrency beragam, mulai dari keamanan, privasi, efisiensi, dan akses yang luas, semuanya secara bersamaan. Keuntungan uniknya—sifatnya yang terdesentralisasi dan otonom—telah menyebabkan pertumbuhan pesat di transaksi crypto.

Mengapa Cryptocurrency Penting Sebagai Masa Depan Kita?

Selain menjadi alat tukar, cryptocurrency tidak dikeluarkan oleh bank sentral atau otoritas keuangan manapun. Sifat desentralisasi dari mata uang digital ini lah yang menjadi alasan utama mengapa pemerintahan takut akan aset ini. Cryptocurrency memiliki potensi untuk merusak otoritas bank sentral dan otoritas keuangan. Terkadang, mata uang ini bisa digunakan untuk menghindari kontrol modal. Exchange cryptocurrency pun mulai diregulasi.

Mengapa Cryptocurrency Menjadi Sangat Terkenal?

Ada alasan mengapa cryptocurrency menjadi sangat terkenal. Mereka membuatnya sangat mudah untuk mengirim uang antara dua pihak. Tidak perlu ada pihak ketiga atau perantara. Selain itu, biaya pemrosesan yang dikenakan tergolong rendah dibandingkan dengan biaya yang dikenakan bank atau institusi keuangan lainnya.

Anda bisa mulai membuat akun di Bitocto untuk mendapatkan wallet digital Anda, yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan pengiriman dana dalam bentuk aset digital, tentunya dengan biaya yang terjangkau ya.

Baca Juga: Bitcoin Mencetak Rekor 2020 Ditengah Pandemi. Yuk Mulai Investi 

Ada argumen yang mendukung, mengatakan investasi cryptocurrency sama dengan investasi emas. Saat ini, emas diperdagangkan mendekati ketinggian sepanjang masanya. Salah satu penyebabnya adalah karena pencetakkan uang yang gencar dilakukan bank sentral. Pencetakkan uang ini mengikis nilai mata uang fiat, yang merusak kepercayaan investor pada mata uang tersebut. Aktifitas lainnya yang dilakukan bank sentral, seperti suku bunga negatif dan pembelian aset, juga telah mendorong investor ke cryptocurrency seperti Bitcoin. Dimana cryptocurrency ini juga dilihat sebagai pelindung nilai terhadap inflasi.

Kepercayaan Goldman Sachs Pada ‘Cryptocurrency Masa Depan Kita’

Dalam pemilihan kepercayaan terhadap cryptocurrency di bulan Juli lalu, Goldman Sachs menunjuk kepala aset digital baru, Matthew McDermott. Menurut CNBC, Ia mengatakan, “Dalam 5 sampai 10 tahun kedepan, Anda akan melihat suatu sistem keuangan dimana semua aset dan liabilitas berasal dari blockchainm dengan semua transaksi terjadi secara berantai.” Goldman Sachs juga berfikir untuk menciptakan cryptocurrency-nya sendiri, sebuah taruhan yang meningkatkan kepercayaan dalam adopsi crypto di masa depan. Tahun lalu JPMorgan Chase meluncurkan JPM Coin, salah satu koin digital pertama dari bank besar.

Survei Deloitte menegaskan potensi kuat Cryptocurrency dan Blockchain

Tahun ini, survei Deloitte pada teknologi blockchain dunia menyimpulkan bahwa sikap orang-orang telah berubah dan organisasi mulai meningkatkan investasi mereka di teknologi ini. Dengan penerimaan luas yang didapatkan oleh teknologi dibalik cryptocurrency, ada kemungkinan akan memperkuat lebih banyak kepercayaan pada crypto sebagai andalan transaksi digital.

Selain itu, minat pada cryptocurrency nampaknya juga beralih dari investor ritel ke institusi besar. Sebuah survei Fidelity mengungkap 80% dari investor institusional AS dan Eropa menganggap cryptocurrency sangat menarik, dan jumlah institusi yang membeli cryptocurrency bertambah dua kali lipat di tahun 2020 ini.

Akankah Cryptocurrency Masa Depan Untuk Menggantikan Mata Uang Fiat?

Menurut artikel pada Small Business Economics, pada akhir tahun 2019, Bitcoin merupakan mata uang terbesar ke-6 yang beredar di dunia. Menambahkan juga, “Transaksi Bitcoin dan akun unik saja telah tumbuh hampir 60% per tahun selama 5 tahun terakhir.”

Baca Juga: Bitocto AMA Event with DigiByte (DGB) Recap

Cryptocurrency mungkin tidak bisa seutuhnya menggantikan mata uang fiat, yang didukung oleh pemerintah dan kredit dan sangat tersentralisasi. Namun, di tempat-tempat dimana kepercayaan akan pemerintahan lemah atau inflasi merajalela, penggunaan cryptocurrency bisa meningkat.

Apakah Bener Cryptocurrency Masa Depan Kita?

Banyak perdebatan tentang masa depan cryptocurrency. Banyak yang beranggapan karena penggunaan cryptocurrency terbatas pada transaksi dan trading, mereka akan runtuh. Banyak juga yang beranggapan bahwa keuntungan cryptocurrency jauh melampaui kekurangannya, dan teknologi yang mendasarinya kuat serta multi-fungsi. Pada masa depan, cryptocurrency mungkin akan berubah karena disesuaikan dengan preferensi penggunanya dan berbagai aplikasi, namun secara umum, mereka ada disini untuk menetap.

Tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari masa depan keuangan. Mulai investasi crypto-mu sekarang! Merdeka-kan investasimu dengan atur sendiri asetmu, Bitocto yang akan bantu belajarnya, GRATIS!

Baca Juga: 

Reference : Anuradha Garg on Marketrealist.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.