apa itu Pialang

Apa Itu Pialang? Pengertian, Jenis, Tugas, dan Cara Kerjanya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Dalam investasi di pasar modal, broker atau pialang adalah salah satu pihak penting bagi investor guna menentukan instrumen yang tepat. Pialang ini sendiri dapat berupa individu maupun perusahaan yang telah tergabung sebagai anggota dalam bursa efek.

Lalu, apa saja hal yang perlu Anda ketahui tentang pialang? Untuk lebih jelasnya, langsung simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Apa itu pialang?

Broker saham atau pialang adalah pihak ketiga yang bertugas menjual dan membeli barang atas nama pihak lain. Dengan kata lain, pialang adalah pihak selain produsen yang bekerja dalam menjembatani kepentingan penjual dan pembeli.

Sedangkan pengertian pialang dalam dunia investasi adalah pihak yang menjadi perantara antara bursa efek dan investor. Investor sebagai pembeli memiliki kepentingan membeli saham dari perusahaan tertentu, kemudian pialang berperan sebagai pihak yang menghubungkan kepentingan investor dalam transaksi bursa.

Dari transaksi tersebut, imbal jasa pialang adalah komisi, upah atau pembayaran langsung dari bursa efek.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Investasi, Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Perbedaan pialang saham dan pialang berjangka

Selain pialang saham, dalam dunia investasi dikenal pula istilah pialang berjangka. Pialang berjangka adalah pihak yang menyelesaikan transaksi komoditi atas instrumen derivatif seperti kontrak derivatif syariah, kontrak berjangka dan sejenisnya.

Sama dengan pialang saham, pialang berjangka adalah badan usaha yang berada dalam pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Dapat dikatakan bahwa pialang berjangka adalah pihak yang menjalankan amanat nasabah dalam bursa berjangka sedangkan pialang saham adalah pihak yang menghubungkan investor dan emiten dalam transaksi bursa efek. 

Tujuan pialang

Dalam transaksi di bursa, secara umum tugas serta tujuan pialang adalah menghubungkan kepentingan investor dan bursa efek. Berikut penjelasannya.

1. Menghubungkan emiten dan investor

Emiten adalah perusahaan pencari modal guna pengembangan bisnis, sedangkan investor adalah pihak yang dapat memberikan modal tetapi memerlukan informasi dan fasilitas terkait kegiatan investasi. Nah, tujuan pialang adalah menengahi dan memberikan jalan bagi kepentingan kedua pihak.

2. Mendampingi jalannya proses transaksi investor

Pendampingan proses transaksi bursa juga harus dilakukan pialang guna memastikan kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan dalam transaksi tersebut. Sedangkan pendampingan dilakukan hingga kesepakatan selesai dan disetujui kedua pihak.

3. Memberikan rekomendasi instrumen investasi terbaik

Dalam menjalankan tugasnya, pialang adalah pemberi rekomendasi instrumen investasi sesuai dengan kapasitas dan pengetahuannya. Pialang dapat memberikan masukan agar keputusan investasi lebih terarah. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Terbaik, Wajib Tahu!

Jenis-jenis pialang

Pialang saham memiliki beberapa jenis seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Pialang retail

Apa itu pialang retail? Pengertian pialang retail adalah pialang skala kecil, biasanya individu, yang melayani investor kecil dalam kegiatan investasi. Ia akan diberi upah sesuai dengan kualitas analisisnya.

2. Pialang institutional

Kebalikan dari pialang retail adalah pialang institutional. Pialang institutional adalah badan usaha yang hanya melayani permintaan dari perusahaan dan tidak dari individu. Jika Anda berinvestasi melalui reksadana, pialang institutional akan melayani reksadana tempat Anda menginvestasikan dana.

3. Pialang online

Sesuai namanya, pengertian pialang online adalah pialang yang memfokuskan pekerjaannya pada layanan nasabah secara online. Peran pialang online tidak berbeda dengan pialang pada umumnya, hanya saja seluruh pekerjaannya dilakukan secara online.

4. Pialang full service

Pialang full service adalah pialang yang tugasnya tidak hanya memberikan rekomendasi instrumen investasi dan analisisnya, tetapi juga bertanggungjawab atas penyelesaian pesanan transaksi oleh nasabah.

5. Pialang discount

Pialang discount adalah pialang yang melakukan tugasnya sebagai pemberi rekomendasi, saran serta informasi berkenaan dengan emiten. Pialang discount tidak melakukan transaksi dengan emiten secara langsung.

6. Pialang deep discount

Apa itu pialang deep discount? Pialang deep discount adalah pihak yang melakukan pemeliharaan atas rekening investasi serta bertanggungjawab atas penyelesaian pesanan nasabah.

Baca juga: Hedging adalah Lindung Nilai dalam Investasi, Ini Contohnya

Cara kerja perusahaan pialang

Setelah membahas pengertian pialang, apakah Anda tahu bagaimana cara kerja perusahaan pialang saham? Secara umum, cara kerja perusahaan pialang adalah dengan meneruskan pesanan transaksi pada bursa.

Saat melanjutkan pesanan tersebut, pialang saham tidak berhak mengubah apapun yang diinstruksikan oleh investor. Ketika melakukan tugasnya, investor dapat meminta rekomendasi dan saran yang berpengaruh terhadap keputusan investasi.

Setelah transaksi selesai dibuat, investor memberikan sejumlah komisi. Komisi tersebut bisa berupa komisi selisih harga, tarif tetap dan floating spread atau tarif berubah-ubah.

Syarat mendirikan perusahaan pialang di Indonesia

Perusahaan pialang adalah badan usaha yang berada dalam pengawasan BAPPEBTI, sehingga dalam pendiriannya, diperlukan syarat-syarat sebagai berikut.

  • Sertifikasi pialang saham yang disyaratkan oleh OJK, Kementerian Keuangan, dan BAPEPAM
  • Dinyatakan sebagai perusahaan legal sesuai peraturan OJK
  • Teregistrasi sebagai anggota Bursa Efek Indonesia

Tips memilih perusahaan pialang

Nah, jika Anda berminat melakukan investasi, berikut adalah tips-tips memilih perusahaan pialang saham yang tepat.

1. Pilih pialang terpercaya

Pialang saham terpercaya biasanya sudah dikenal luas oleh masyarakat dan memiliki banyak nasabah setia. Pastikan pialang saham pilihan Anda memiliki reputasi baik dalam dunia investasi.

2. Pastikan legalitas perusahaan pialang

Mengecek legalitas perusahaan harus dilakukan agar Anda terhindar dari tindakan penipuan. Mintalah perusahaan memberikan dokumen legalitas sebelum memulai bekerja sama dengan perusahaan pialang tersebut.

3. Cek kemampuan pialang

Pialang saham adalah pihak tersertifikasi, jadi Anda dapat mengeceknya dengan memastikan pialang saham memiliki sertifikasi yang disyaratkan oleh peraturan pemerintah.

4. Periksa riwayat pialang dengan investor lama

Cek juga testimoni nasabah lama yang bekerja sama dengan pialang saham tersebut. Anda dapat segera mengetahui apakah pialang saham memiliki kredibilitas baik atau tidak. 

5. Sesuaikan pialang dengan kebutuhan

Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Dari beberapa jenis pialang saham yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memutuskan akan memilih pialang mana untuk mendampingi Anda dalam kegiatan investasi.

Sebab pada dasarnya, pialang adalah pihak yang membantu Anda, sehingga Anda harus merumuskan kebutuhan terlebih dulu sebelum menemukan pialang yang tepat.

Demikian penjelasan seputar apa itu pialang lengkap hingga tips memilihnya secara tepat. Bagaimana OctoMate, tertarik menggunakan pialang dalam berinvestasi? Jika berniat melakukan pendanaan cryptocurrency, pastikan bergabung dengan Bitocto, ya. Jual, beli, dan simpan aset kripto Anda secara murah serta mudah di Bitocto sekarang juga!

Baca juga: Cryptocurrency Adalah: Jenis, Cara Kerja dan Penggunaan

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin