Apa itu pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian hingga Cara Mengukurnya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa itu pertumbuhan ekonomi? Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa sehingga adanya peningkatan pendapatan dari periode ke periode lainnya. Pertumbuhan ekonomi biasanya dipengaruhi oleh jumlah penduduk.

Pengertian pertumbuhan ekonomi juga bisa dibilang sebagai indikator sebuah negara untuk menilai apakah perekonomian negara tersebut menuju ke keadaan yang lebih baik atau tidak. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jelas tentang pertumbuhan ekonomi, simak artikel berikut ini, yuk!

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Singkatnya, pertumbuhan ekonomi artinya sebuah indikator bagi suatu negara. Pengertian pertumbuhan ekonomi adalah perubahan perekonomian suatu negara ke arah yang lebih baik dalam kurun waktu tertentu.

Menurut Bapak Ilmu Ekonomi yaitu Adam Smith, pertumbuhan ekonomi adalah perubahan tingkat ekonomi yang dipengaruhi oleh adanya perkembangan jumlah penduduk di suatu negara, di mana perkembangan jumlah penduduk tersebut memiliki dampak terhadap hasil dari produksi suatu negara.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi adalah perubahan pada ekonomi suatu negara yang berlaku dari tahun ke tahun berikutnya. Untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi, nantinya akan dilakukan sebuah perbandingan antara pendapatan nasional tahun sebelumnya dengan tahun berikutnya.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi Adalah: Arti, Tujuan, Jenis & Contohnya

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Pada dasarnya, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi adalah:

  • Adanya arus barang
  • Tingkat urbanisasi yang tinggi
  • Pertumbuhan tingkat struktural tinggi
  • Terjadinya ekspansi pada negara maju
  • Perkembangan produktivitas masyarakat
  • Modal dan manusia tersebar di berbagai negara
  • Laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita yang sangat cepat

Baca juga: Pengertian Produsen Beserta Contoh, Bentuk dan Tujuannya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Dalam pertumbuhan ekonomi, setidaknya ada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah:

1. Sumber Daya Manusia

Faktor pertama yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya manusia dari negara tersebut. Semakin tinggi kualitas dari sumber daya manusianya, maka semakin cepat juga pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca juga: Mengenal Pengertian Pelaku Ekonomi, Peran, serta Contohnya

2. Sumber Daya Alam

Selanjutnya ada sumber daya alam, dimana ini juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut dikarenakan sumber daya alam melimpah dapat mendorong kemajuan dari pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pastinya juga diiringi dengan SDM yang berkualitas untuk mengelola sumber daya alam.

3. Kemajuan IPTEK

Sebuah negara akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat apabila adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK. Ini dikarenakan IPTEK dapat mendorong proses pembangunan menjadi lebih cepat dan juga efisien.

Baca juga: Ekonomi Digital Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

4. Tingkat Suku Bunga

Faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah tingkat suku bunga. Tingkat suku bunga akan bertambah apabila terjadi kenaikan pendapatan masyarakat. Tentunya hal tersebut tidak disukai oleh perusahaan yang biasanya digunakan untuk modal pinjaman dan bisa berpengaruh ke pertumbuhan ekonomi.

5. Tingkat Inflasi

Inflasi adalah kenaikan harga barang yang terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Apabila suatu negara mengalami inflasi, maka akan berdampak ke bahan baku, biaya operasional perusahaan, serta gaji karyawan. Hal tersebut dapat menghambat laju pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Mengenal Arti Resesi, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Umumnya, pertumbuhan ekonomi dapat diukur dengan dua rumus di bawah ini.

1. Produk Nasional Bruto (Gross National Product)

Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP) merupakan pendapatan negara yang dihasilkan dari pendapatan masyarakatnya dalam kurun waktu tertentu. Rumus pertumbuhan ekonomi dengan Produk Nasional Bruto yaitu membandingkan jumlah PNB saat ini dengan periode sebelumnya.

2. Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product)

Selanjutnya ada Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). PDB merupakan jumlah nilai tambah atas barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu wilayah dalam waktu tertentu. Untuk mengukurnya sama seperti PNB, yaitu membandingkan jumlah PDB saat ini dengan periode sebelumnya.

Baca juga: 13 Cara Mendapatkan Uang 500 Ribu Dalam Sehari dan Cepat

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan PDB yang dialami suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah kenaikan pendapatan masyarakat yang diikuti dengan perubahan kualitas dari struktur sosialnya.

Pembangunan ekonomi juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas, dimana lingkungan ini ada di luar aspek ekonomi, misalnya perbaikan lembaga pemerintah, perbaikan sikap, dan memperkecil jarak antara kaya dan miskin.

Adapun perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi lainnya ialah sebagai berikut.

1. Penekanan terhadap Kenaikan PDB

Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi sama-sama berfokus pada kenaikan PDB. Namun, pertumbuhan ekonomi hanya berfokus pada PDB tanpa membandingkan terhadap laju pertumbuhan penduduk. Sedangkan pembangunan ekonomi yaitu kondisi di mana kenaikan laju pertumbuhan penduduk kurang dari kenaikan PDB.

2. Akibat dan Perbaikan Kondisi

Pertumbuhan akan berfokus pada penambahan sarana, seperti jembatan, mesin-mesin, dan sarana listrik. Sedangkan pembangunan ekonomi tak hanya berfokus pada pertumbuhan secara fisik, namun juga ke perbaikan kelembagaan, kondisi ekonomi, sikap, dan struktur sosial.

3. Faktor Keberhasilan

Keberhasilan pertumbuhan ekonomi akan dilihat dari kuantitas dan kualitas tenaga kerja atau SDM, kepemilikan teknologi dan modal, serta kekayaan alam. Sedangkan pembangunan ekonomi bisa dilihat dari segi angka pengangguran berkurang, tidak adanya kesenjangan antara kaya dan miskin yang nyata, serta pendapatan per kapita meningkat.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian hingga cara mengukur pertumbuhan ekonomi. Perkembangan bisnis yang sedang terjadi di suatu negara dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Bagi Anda yang ingin mulai investasi Bitcoin, Ethereum dan cryptocurrency lainnya, daftar di Bitocto sekarang!

Baca juga: 11 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Dengan Cepat dan Mudah

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin