Pendekatan Blockchain dalam Customer Relations Management (CRM)

By 17 Januari 2020Edukasi

Setiap pelaku bisnis pasti sudah faham bahwa salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah dengan mengedepankan kepuasan pelanggannya. Customer Relations Management (CRM) membantu bisnis terlibat secara langsung dengan para pelanggannya, yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan keuntungan serta menurunkan biaya operasional. Di tahun 2018, perusahaan-perusahaan menghabiskan $ 48,2 miliar untuk perangkat lunak CRM – naik lebih dari 15% dari tahun sebelumnya – diperkirakan CRM akan menjadi segmen terbesar di pasar perangkat lunak pada tahun 2020. Lalu bagaimanakah hubungan antara blockchain dengan CRM?

Baca juga: Ripple Jajaki Pasar Brasil

Survei Introhive menunjukkan bahwa 70% penjual barang profesional menghabiskan minimal empat jam per minggu untuk entri data di sistem CRM dan 60% lainnya menghabiskan waktu empat jam untuk menguraikan data tersebut. Dari semua penjualan profesional dan pengembangan bisnis yang disurvei, 60% menggunakan CRM setiap hari, dan hanya 23% dari mereka menganggap mendapatkan wawasan dari CRM sebagai tugas yang mudah.

Untuk memangkas waktu diatas agar lebih efisien, blockchain dapat menjadi solusi untuk memecahkan kekurangan infrastruktur CRM dengan cara mengaktifkan, transfer data yang akurat dengan hemat biaya, keakuratan dan integritas data, hingga layanan lintas platform dan lintas merek yang sebelumnya tidak mungkin.

Baca juga: Cina dan Rusia Mulai Ujicoba Cryptocurrency

Melansir tulisan Fred Jin di Cointelegraph, hanya segelintir perusahaan yang mengeksplorasi teknologi buku besar ini di lingkup CRM. Loyyal, platform loyalitas blockchain yang melayani beberapa perusahaan Fortune 500, terus berkembang secara global, dengan investasi tambahan dari Line, Recruit Co. dan Monex Group. Qiibee, platform loyalitas blockchain lainnya, membantu bisnis memigrasi program loyalitas mereka yang rumit dan mahal ke blockchain. Tren ini berkembang dengan para pemimpin industri lainnya seperti Salesforce, yang berusaha untuk memanfaatkan teknologi blockchain untuk meningkatkan infrastruktur layanan.

Baca juga: Manfaatkan Blockchain, Thailand Segera Terapkan eVOA

Blockchain memperkenalkan paradigma yang sepenuhnya baru untuk beroperasi di industri, menciptakan standar baru tentang bagaimana data disimpan, dianalisis, dan digunakan. Ini memberikan semua peserta jaringan salah satu hal terpenting yang tidak dimiliki CRM saat ini: interoperabilitas yang sebenarnya. Sebagai solusi industri terkemuka, di mana proyek progresif mulai membentuk kembali manajemen hubungan pelanggan melalui blockchain.

Baca juga: