Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital yang termasuk dalam bagian cryptocurrency. Mata uang digital ini dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan proses enkripsi kriptografi. Berbicara mengenai cryptocurrency sebenarnya tidak hanya bitcoin, melainkan ada lebih dari 900 jenis mata uang digital yang bisa Anda temukan seperti monero, cardano dash, ethereum serta lainnya. Meski banyak sekali jenis mata uang digital yang beredar, namun bitcoin dirasa yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Terlebih bitcoin kini memiliki harga paling menjanjikan dibandingkan jenis mata uang digital lainnya. Selain itu, konon dikatakan pergerakan harga pasar bitcoin di seluruh dunia setiap harinya mencapai 15 triliun dan bahkan diprediksi masih akan terus bertambah nilainya seiring meningkatnya jumlah permintaan dari pengguna mata uang virtual ini.

Langkah-Langkah Sebelum Memulai Trading Bitcoin

Bitcoin kini memang bisa diperoleh melalui kegiatan pembelian serta penambangan. Sehingga tidak mengherankan jika bitcoin kian diminati oleh masyarakat yang ingin memperoleh keuntungan dari segi materinya. Untuk memperoleh keuntungan materi dari bitcoin, tak jarang banyak  masyarakat tanah air yang langsung memutuskan terjun ke dunia trading bitcoin tanpa memodalkan pengetahuan yang cukup serta strategi yang andal. Padahal melakukan trading bitcoin tanpa pengetahuan yang cukup dan strategi yang tepat tentu membuat Anda mengalami kerugian yang besar. Oleh sebab itu, Anda patut mengetahui langkah-langkah melakukan trading bitcoin sebelum melangkah lebih jauh. Lebih jelasnya, berikut beberapa langkah yang patut diketahui sebelum memulai trading bitcoin, yaitu:

1. Membuka Akun Di Exchange Terpercaya

Apabila ingin memperdagangkan bitcoin maka terlebih dahulu Anda harus membuat akun dengan pemilihan exchange yang terpercaya. Dengan memilih exchanger terpercaya tentu dapat membuat proses pembuatan akun lebih mudah dan cepat. Asalkan dana awal setelah pembuatan akun bitcoin sudah disetorkan maka hanya dalam beberapa menit saja Anda sudah bisa melakukan trading bitcoin. Perlu diketahui, biasanya setiap exchange yang dipilih akan menawarkan harga yang cocok serta menguntungkan bagi Anda. Jika Anda ingin membuka akun bitcoin yang tepat, sebaiknya memilih exchange terpercaya yang memiliki fee rendah untuk setiap transaksinya. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa memperoleh keuntungan dari trading bitcoin, namun juga bisa hemat pengeluaran yang dibebankan untuk bertransaksi.  Umumnya trading bitcoin bisa dilakukan melalui exchange atau tempat perdagangan bitcoin secara online. Untuk itu, Anda harus membuka akun di exchange yang bisa diandalkan ketika melakukan trading bitcoin. Selesaikan proses registrasi exchange dari tahap pertama hingga akun milik diverifikasi oleh exchange terkait.

Salah satu platform jual beli yang sudah teregulasi secara resmi di BAPPEPTI dan KOMINFO adalah Bitocto.

2. Membangun Rencana Trading Bitcoin

Rencana trading bitcoin sangat peting dipertimbangkan, terlebih bagi Anda yang sudah memiliki sebuah strategi trading namun masih pemula di perdagangan bitcoin. Dengan adanya rencana trading tentu dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan yang tepat serta mengetahui keputusan yang baik diambil ketika ada risiko yang tinggi dalam trading bitcoin. Selain itu, hal ini juga berguna agar Anda tidak membiarkan perdagangan terbuka terlalu lama serta tidak menutup perdagangan terlalu dini. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menyusun rencana trading seperti memikirkan apa yang akan diperoleh dari trading bitcoin, memilih rasio antara risiko dan reward untuk mengetahui profit potensial yang diperoleh, memutuskan risiko kerugian yang sewajarnya serta memilih pasar bitcoin yang paling tepat untuk melakukan trading.

3. Membuat Riset Terkait Trading Bitcoin

Sebelum memulai trading bitcoin sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan riset seperti membaca berita terkini mengenai bitcoin serta lainnya. Hal ini berguna agar Anda bisa mengetahui situasi dan kondisi mengenai cryptocurrency atau mata uang digital. Perlu diketahui, untuk bisa menafsirkan perilaku trading bitcoin maka keberadaan charts akan menjadi hal yang sangat berguna. Sebab informasi dan data masa lalu berguna untuk membantu Anda ketika membuat perspektif mengenai pergerakan pasar bitcoin.  Umumnya dengan adanya perbandingan masa lalu dan masa sekarang terkait bitcoin tentunya Anda lebih mudah mendalami pengetahuan tentang trend dan pola yang akan muncul di masa yang akan datang.

4. Tempatkan Trading Bitcoin

Setelah Anda memilih dan mendaftarkan akun di platform bitcoin terpercaya, maka Anda bisa langsung menyetorkan sejumlah dana yang nantinya digunakan untuk melakukan trading. Ketika melakukan trading sebaiknya Anda memasangkan stop untuk menutup posisi ketika pasar bergerak melawan ataupun memasang limit jika pasarnya bergerak pada hal yang menguntungkan Anda. Perlu diketahui, dalam hal ini stop dan limit sangat penting diketahui dalam mengelola risiko secara tepat. Selain itu jika Anda berharap harga bitcoin naik, sebaiknya Anda melakukan buy. Sebaliknya jika Anda berpikir harganya akan jatuh segera lakukan sell agar Anda tidak mengalami kerugian.

Tips Menghindari Kesalahan Trading Pemula

Trading bitcoin merupakan sebuah kegiatan jual beli bitcoin yang umumnya dilakukan oleh pengguna untuk memperoleh bitcoin atau profit dari aset tersebut. Para trader bitcoin melakukan trading dengan melihat perkembangan bitcoin. Trading bitcoin yang umumnya dilakukan di exchange tertentu memiliki beberapa prinsip sederhana yaitu membeli bitcoin saat harga rendah dan menjualnya ketika harga naik. Hal ini patut diperhatikan karena harga bitcoin bersifat fluktuatif sehingga jika Anda tidak menggunakan strategi yang tepat dan sempurna tentunya risiko mengalami kerugian akan jauh lebih besar. Nah, untuk menghindari beberapa kesalahan dalam melakukan trading bitcoin bagi pemula. Sebaiknya Anda menerapkan beberapa tips menghindari kesalahan trading pemula berikut ini, yaitu:

1. Pelajarilah Basic Penting Dari Cryptocurrency

Bagi Anda yang masih pemula dalam cryptocurrency trading sebaiknya wajib mempelajari basic penting tentang cryptocurrency dan industri blockchain. Selain itu, pelajari juga mengenai exchange sebab nantinya Anda akan melakukan trading dari exchange yang dipilih. Pada dasarnya untuk memulai trading bitcoin memang terbilang sulit, namun dengan banyaknya informasi yang bisa Anda peroleh dari berbagai sumber buku maupun internet tentunya Anda lebih mudah mempelajari terkait basic cryptocurrency.

2. Jangan Takut Untuk Melakukan Trading

Tahukah Anda? ada banyak sekali investor yang melewatkan potensi investasi dalam cryptocurrency hanya karena tidak percaya diri dan takut membuat kesalahan. Padahal dengan melakukan aksi trading membuat Anda memperoleh pengalaman dan juga bisa lebih mudah mengambil keputusan lebih baik di kemudian harinya.  Untuk itu, jika Anda ingin memperoleh keuntungan dari trading bitcoin maka jangan pernah takut melakukan aksi secara nyata.

3. Pelajarilah Cara Membaca Trading Chart

Apabila Anda memahami dinamika dasar supply dan demand sebaiknya Anda juga mempelajari trading chart atau lebih dikenal dengan sebutan teknikal analisa crypto. Dengan mempelajari teknik ini Anda bisa lebih mudah memprediksi masa depan cryptocurrency dengan hanya melihat analisis data pasarnya. Dengan membaca chart juga membuat Anda bisa mempertahankan portofolio investasi yang dimiliki. Selain itu, mempelajari cara membaca trading chart juga membuat Anda lebih mudah menerapkan strategi investasi arbitrage, dimana Anda mampu memanfaatkan ketidakseimbangan harga aset pasar yang berbeda. Penerapan strategi investasi arbitrage membuat Anda bisa langsung mencari perbedaan harga di instrumen keuangan yang sama dalam pasar  yang berbeda. Strategi investasi ini akan mengajarkan Anda untuk membeli instrumen ketika harga ditawarkan lebih murah dan langsung menjualnya ketika harga yang ditawarkan lebih mahal.

4. Jangan Menganggap Saham Sama Dengan Cryptocurrency

Jika Anda ingin memulai investasi jangka panjang dengan cryptocurrency, sebaiknya Anda terlebih dahulu meluangkan waktu untuk mempelajari investasi cryptocurrency. Sebab cryptocurrency tidak sama dengan saham sehingga Anda tidak akan memperoleh dividen dan kepemilikan perusahaan ketika membeli cryptocurrency. Perlu diketahui, jika sebuah perusahaan mengeluarkan cryptocurrency maka perusahaan tersebut bisa lebih mudah memperoleh profit atau diakuisisi sehingga Anda tidak bisa memperoleh keuntungan. Namun berbeda jika yang Anda miliki ialah security token di cryptocurrency, dimana token ini tetap memberikan kepemilikan perusahaan kepada para investornya.

5. Hindari Melakukan Trading Berlebihan

Pada dasarnya kebanyakan investor pemula akan melakukan trading hingga 20 trade per harinya. Sehingga tak jarang fee trading yang Anda keluarkan secara berlebihan saat trading malah membuat Anda menjadi rugi hanya gara-gara kesalahan trading. Bahkan ada juga investor pemula yang sudah melakukan kesalahan malah melakukan trading lagi untuk menutupi kesalahan pertama tradingnya. Perlu Anda ketahui, dalam sehari tidak akan ada hingga 20 kesempatan trading yang baik. Untuk itu, jika Anda terlalu banyak trading malah menimbulkan risiko pada pengambilan keputusan yang buruk sehingga Anda kehilangan semua uang virtual yang dimiliki.

Untuk itu, sebaiknya Anda tidak melakukan trading secara berlebihan dalam sehari, melainkan menyimpannya sebagian sebagai investasi. Dengan begitu, Anda tidak akan langsung jatuh meskipun membuat kesalahan dalam trading. Memegang sebagian cryptocurrency dibandingkan menjualnya juga menjadi strategi hodl bitcoin yang paling menguntungkan. Terlebih bagi Anda yang ingin berinvestasi cryptocurrency jangka panjang.Selain itu, harga pasar bitcoin cenderung mengalami peningkatan sehingga Anda tidak bisa memperoleh keuntungan besar jika terus menjualnya.

Tips Mendapatkan Profit Maksimal

Apabila Anda sudah membuat akun di exchange dan sudah mengetahui cara menghindari kesalahan dalam membuat trading. Maka saatnya Anda mengetahui cara memperoleh keuntungan atau profit yang maksimal ketika melakukan trading bitcoin. Dengan mengetahui cara mendapatkan profit maksimal tentunya Anda lebih mudah mengumpulkan pundi-pundi uang virtual tanpa perlu khawatir membuat kesalahan dalam trading bitcoin. Pada dasarnya, ada banyak sekali tips mendapatkan profit maksimal dari trading bitcoin, diantaranya:

1. Tentukan Harga Jual Dan Beli

Jika Anda ingin memperoleh keuntungan ketika melakukan trading bitcoin, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan harga jual dan beli bitcoin. Salah satu prinsip yang paling banyak digunakan ialah membeli bitcoin ketika harga murah dan menjualnya ketika harga jualnya mahal. Prinsip ini memang cukup banyak digunakan karena bisa memperoleh profit yang maksimal. Meskipun begitu, Anda perlu mengetahui jika prinsip arbitrage ini memiliki risiko yang cukup besar. Untuk itu, jika Anda ingin menerapkan strategi investasi arbitrage, dimana membeli bitcoin ketika harga murah dan menjualnya saat harga mahal. Sebaiknya Anda benar-benar memahami dan mendalami cara baca trading chart agar terhindar dari risiko kesalahan trading.

2. Menerapkan Strategi Hodl

Cara termudah untuk memperoleh profit maksimal ialah dengan menerapkan strategi hodl. Strategi ini menerapkan prinsip setelah membeli bitcoin tidak langsung dijual meski harga sedang tinggi. Melainkan setelah bitcoin di beli akan disimpan sampai harganya mencapai nilai tertinggi baru dijual guna memperoleh profit yang lebih banyak. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang dan memperoleh profit yang maksimal maka penggunaan strategi hodl bitcoin paling tepat Anda gunakan. Terlebih harga bitcoin cenderung bertambah nilainya seiring peningkatan jumlah peminat mata uang virtual ini. Sehingga dengan menyimpan bitcoin hingga harganya mencapai nilai tertinggi tentunya Anda bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar.

3. Mengatur Limit Beli Dan Jual Di Bursa

Bila Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membeli dan menjual bitcoin dengan harga yang tepat. Sebaiknya Anda segera menggunakan fitur tambahan yang telah disediakan oleh bursa seperti Spot Market. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa lebih mudah mengatur harga beli dan jual bitcoin di bursa yang Anda inginkan. Apabila Anda ingin sukses dalam mengatur limit beli dan jual di bursa maka jangan pernah berhenti untuk belajar agar Anda lebih berpengalaman dalam mengambil keputusan ketika melakukan trading bitcoin.

4. Jangan Mudah Panik Ketika Melakukan Kesalahan Trading

Jika Anda ingin memperoleh profit yang maksimal, maka jangan pernah panik ketika melakukan kesalahan trading. Sebab perdagangan bitcoin yang buruk akan menjadi semakin buruk ketika Anda memasukan uang yang lebih banyak, namun malah kehilangan semua uangnya. Sebaliknya, jika Anda melakukan perdagangan yang bagus dan tidak panik ketika melakukan kesalahan trading tentunya Anda bisa tetap memperoleh profit yang besar. Untuk itu, hindari memasukan lebih banyak uang ketika membuat kesalahan saat trading, sebab kemungkinan besar dapat mengurangi keuntungan yang akan didapatkan atau bahkan Anda bisa kehilangan semua dana jika Anda terus menerus membuat kesalahan dalam trading.

Selain itu, jangan lupa menganalisa kesalahan yang Anda buat agar tidak mengalami kerugian dalam trading bitcoin. Dengan menganalisa kegagalan yang telah Anda lakukan, tentu hal tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi Anda untuk menciptakan lompatan yang lebih besar hingga mendapatkan profit yang maksimal.

Memahami Manajemen Risiko

Pada dasarnya manajemen risiko ditentukan dengan berapa banyak uang yang sanggup untuk Anda hilangkan. Dengan begitu, meskipun Anda membuat kesalahan dalam trading bitcoin maka Anda tetap tidak akan terpuruk karena Anda memang sudah memperkirakan sendiri jumlah uang yang akan hilang ketika membuat kesalahan trading bitcoin. Selain itu, dengan adanya manajemen risiko yang baik juga membuat Anda mengetahui jumlah setoran yang sanggup Anda keluarkan ketika trading bitcoin serta kesanggupan Anda untuk merelakan uang tersebut jika gagal dalam trading. Oleh sebab itu, jangan heran jika dikatakan memahami manajemen risiko dalam trading bitcoin sangat penting, terlebih trading bitcoin sifatnya sangat fluktuatif sehingga risiko yang dimilikinya cukup besar.

Itulah ulasan singkat terkait trading bitcoin dan cara memulai trading bitcoin. Perlu diingat, bitcoin memiliki sifat yang fluktuatif sehingga dalam melakukan trading haruslah berhati-hati dan teliti agar Anda tidak mengambil langkah yang salah dan malah mengalami kerugian. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat berguna dan menjadi sumber referensi tambahan bagi Anda sekalian yang sedang mencari info seputar cara trading bitcoin.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore