Apa Itu ZRX (0x)?

Apa itu 0x (ZRX)? Berikut Pengertian, Penemu, dan Cara Kerja

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia crypto mungkin sudah tahu mengenai 0x (ZRX). Sementara bagi Anda yang masih baru akan asing dengan istilah ini. ZRX adalah koin crypto yang bisa diperdagangkan di bursa.

Sementara 0x adalah proyek cryptocurrency yang memiliki ZRX. Apa maksudnya? Biar OctoMate makin paham, simak penjelasan lengkapnya berikut, yuk!

Apa itu 0x (ZRX)?

0x adalah protokol terbuka di blockchain Ethereum yang memfasilitasi pembuatan bursa saham terdesentralisasi. Dengan protokol ini, investor dapat menggunakan bursa terdesentralisasi melalui smart contract.

Platform 0x mengklaim bahwa semua aset akan menjadi token mereka sendiri di masa mendatang. Pertukaran ratusan atau bahkan ribuan token hanya dapat dilakukan melalui platform yang aman.

Tujuan platform 0x adalah membuat platform persis untuk tujuan ini. Protokol platform 0x memiliki prinsip operasi yang berbeda dibandingkan dengan pertukaran pusat dan terdesentralisasi.

Sejarah 0x (ZRX)

Protokol 0x didirikan pada tahun 2016 oleh Will Warren sebagai CEO dan Amir Bandeali sebagai CTO.

Setelah lulus dari pendidikan bidang teknik mesin di UC San Diego, Will Warren menjadi penasihat teknis untuk BAT atau Basic Attention Token. Ia juga memenangkan posisi pertama dalam Consensus 2017 Proof of Work (PoW) Pitch Competition.

Sedangkan Amir Bandeali, lulus memperoleh gelar di bidang keuangan dari University of Illinois sebelum bekerja di Chopper Trading dan DRW sebagai ahli trading.

Platform diluncurkan setelah ICO (Initial Coin Offering) yang berlangsung pada Agustus 2017 dan sukses mengumpulkan $24 juta USD hanya dalam waktu satu hari, dengan dukungan dari perusahaan investasi terkemuka, termasuk Polychain Capital, Pantera Capital, dan FBG Capital.

Sekarang tim tersebut terdiri lebih dari 30 individu, meliputi peneliti, insinyur dan desainer yang bekerja untuk memperbarui dan membuat platform tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga: Mengenal Apa itu USDC (USD Coin) dan Bedanya dengan USDT

Cara Kerja 0x (ZRX)

Jika Anda ingin membeli mata uang kripto apa pun, Anda perlu menggunakan bank, kartu kredit, atau bursa sentral. Bursa saham sentral mengalami masalah yang sama seperti semua sistem pusat lainnya. Misalnya, sistem terpusat dapat berhenti bekerja kapan saja atau dapat terjadi peretasan atau pencurian di sistem.

Singkatnya, sistem terpusat umumnya dibangun di atas kepercayaan. Fitur seperti pajak dan pembatasan juga disertakan di bursa saham pusat. Dengan semua pemikiran ini, para pengembang mengembangkan pertukaran terdesentralisasi sebagai alternatif.

Kita tidak bisa mengatakan bahwa pasar saham terdesentralisasi itu sempurna. Salah satu masalah utama adalah kurangnya likuiditas. Di beberapa bursa terdesentralisasi, biaya dan kecepatan transaksi bisa sangat tidak seimbang.

Karena semua perintah yang dimasukkan dalam blok ditulis di Blockchain, biaya dibebankan untuk setiap transaksi. Kecepatan pemrosesan bervariasi tergantung pada kecepatan pembuatan blok.

Protokol 0x bertujuan untuk menyelesaikan masalah ini dalam pertukaran terdesentralisasi dengan mendaftarkannya di luar Blockchain dan melakukan perbaikan pada basis Blockchain pada saat transaksi.

Protokol 0x tidak membebankan biaya transaksi. Namun, bursa terdesentralisasi yang ditetapkan pada protokol dapat menerapkan kebijakan biaya transaksinya sendiri.

Baca juga: Apa itu Faucet Crypto? Berikut Definisi, Jenis dan Cara Kerjanya

Jumlah 0x (ZRX) yang Beredar

ZRX adalah token utilitas yang digunakan untuk memberikan imbalan kepada relayer dengan biaya perdagangan untuk meng-hosting order book.

Seperti aset digital lainnya, ZRX adalah token yang memiliki persediaan maksimum tetap yang tidak akan pernah terlampaui, yakni 1 miliar ZRX. Kini sekitar tiga perempat dari persediaan maksimum ini sudah beredar, dan hanya sebagian kecil yang dikunci untuk staking reward.

Tidak seperti kebanyakan protokol, 0x tidak pernah menjelaskan secara terbuka tingkat emisi untuk token ZRX baru, sehingga sulit mengatakan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai pasokan yang beredar diedarkan sepenuhnya.

Namun dengan 50 persen dari pasokan yang beredar dirilis ketika token diluncurkan pada Agustus 2017 dan 75 persen dari pasokan yang dirilis pada Oktober 2020, ini mengindikasikan bahwa kemungkinan diedarkan secara penuh pada awal 2020an.

Seperti entri blog awal Will Warren, setengah dari total pasokan token ZRX adalah dijual kepada investor di ICO 2017, sedangkan 15 persen masing-masing dicadangkan untuk organisasi pengembangan inti 0x dan dana pengembangan proyek eksternal.

Sementara 10 persen lainnya dicadangkan untuk tim pendiri dengan jadwal vesting empat tahun dan cliff satu tahun, serta 10 persen sisanya disimpan untuk pendukung awal dan penasihat.

Adapun pergerakan harga ZRX per tanggal 18 Agustus 2022 adalah sebagai berikut.

Harga Terkini USD 0,3471
ROI (est. sejak waktu peluncuran) 210,67%%
Kapitalisasi Pasar USD 294.159.703,65
Peringkat Pasar #118
Suplai Beredar 847.496.055 ZRX
Suplai Maksimal 1.000.000.000 ZRX
Harga Tertinggi Sepanjang Masa USD 2.53 (Jan 2018)
Harga Terendah Sepanjang Masa USD 0.104 (Aug 2017)
Volume Perdagangan 24 Jam USD 27.953.099,73

Sumber : CoinMarketCap 18 Agustus 2022

Itulah pembahasan lengkap seputar ZRX crypto. Kesimpulannya, 0x adalah protokol terbuka di blockchain Ethereum yang memfasilitasi pembuatan bursa saham terdesentralisasi. Sementara ZRX adalah koin kripto yang bisa dipertimbangkan sebagai peluang investasi yang menguntungkan.

Kalau OctoMate tertarik menjadikannya investasi, yuk mulai transaksi crypto di Bitocto, mudah, aman, dan terpercaya!

Baca juga: Apa itu Staking Coin? Begini Menjadikannya Passive Income

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin