Apa itu Segwit: Pengertian dan Benefitnya

Apa itu Segwit: Pengertian dan Benefitnya

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

SegWit adalah kependekan dari Segregated Witness. Proses ini merupakan cara untuk meningkatkan batasan dari ukuran block pada bitcoin dengan menghapus signature pada transaksinya. 

Ketika proses SegWit membuang bagian ini maka tersedia ada lebih banyak ruang untuk menambahkan transaksi ke dalam blockchain. 

Secara harfiah, Segregated berarti pemisahan atau memisahkan. Sedangkan Witness memiliki arti saksi atau tanda tangan transaksi. 

Oleh karena itu, Segregated Witness dapat memiliki arti proses pemisahan tanda tangan transaksi. 

Poin-poin penting mengenai SegWit: 

  • SegWit adalah tindakan yang dapat membantu meningkatkan batas ukuran blok pada bitcoin.
  • SegWit melakukan peningkatan batasan blok dengan cara membuang data tanda tangan transaksi dari Bitcoin. 
  • Istilah SegWit mengacu pada segregated, atau terpisah, dan saksi, yang merupakan tanda tangan transaksi.

Data Transaksi dalam Sistem Blockchain Bitcoin

Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer untuk mendistribusikan sistem blockchain-nya. Anda dapat menyebut administrator transaksi Bitcoin dengan istilah node. 

Node akan menggandakan semua transaksi Bitcoin dalam bentuk data. Tujuannya adalah untuk mencegah pencatatan transaksi dari peretasan atau perusakan. 

Data transaksi yang terdistribusi ke banyak node biasanya terbagi menjadi dua komponen. Anda dapat menyebutnya sebagai input dan output. 

Ini tidak membatasi jumlah input maupun output dalam transaksi Bitcoin. Dalam artian, sebuah data transaksi masih mungkin melibatkan dua atau lebih input dan output. 

Input merupakan alamat dari pihak pengirim. Sedangkan, output adalah alamat penerimanya. Pada dasarnya, kedua alamat ini masuk ke dalam jenis alamat publik. 

Data transaksi biasanya terdiri dari tanda tangan dan alamat pihak input yang memberikan verifikasi bahwa pengirim mempunyai dana untuk melakukan nota kesepakatan. 

Hasilnya, sebuah blok dalam Bitcoin mencatat pergerakan dari input menuju ke output pada setiap transaksi. 

Ketika node telah melakukan proses validasi pada sebuah transaksi maka datanya akan masuk ke dalam blockchain yang merupakan sebuah penyimpanan data besar dengan akses publik. 

Tantangan Platform Bitcoin 

Dengan semakin banyaknya transaksi, maka ada semakin banyak pula blok pada rantai blockchain. Inilah yang akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi platform Bitcoin. 

Untuk mengatasinya, Bitcoin menerapkan protokol pemblokiran setiap 10 menit dan membatasi ukuran satu blok menjadi 1 MB saja. Oleh karena itu, satu blok hanya dapat menambahkan sejumlah data transaksi. 

Pasalnya, data transaksi yang terlalu besar dapat memberi beban kepada jaringan sehingga mengakibatkan penundaan dalam verifikasi dan proses transaksi. 

Beberapa kasus tertentu bahkan mencatat bahwa untuk mengkonfirmasi satu transaksi saja membutuhkan waktu hingga beberapa jam. 

Anda dapat membayangkan apa jadinya jika semua transaksi Bitcoin sejak 2009 masih mengantri untuk verifikasi. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada efektivitas sistem dan menjadi masalah yang sangat besar bagi sistem blockchain.  

Bitcoin SegWit vs No SegWit

Untuk mengatasi tantangan sistem blockchain, Pieter Wuille sebagai salah satu pengembang Bitcoin mengusulkan Segregated Witness atau SegWit. 

SegWit muncul sebagai solusi limitasi blok dalam Bitcoin. Pada dasarnya, SegWit melakukan pemisahan tanda tangan digital dari keseluruhan data transaksi. Hasilnya, proses ini dapat mengurangi penggunaan space dalam sebuah blok hingga 65%. 

SegWit berjalan dengan mengabaikan serta menghapus data digital signature yang terlampir dalam input. Selanjutnya, Segregated Witness akan memindahkan data tanda tangan ini ke dalam struktur blok pada akhir transaksi. 

Hal inilah yang kemudian dapat meningkatkan efektivitas kapasitas blok dari 1 MB menjadi setara dengan hampir 4 MB. Dengan ini, permasalahan ukuran blok pun terpecahkan. 

Tak hanya itu, SegWit juga menjadi salah satu solusi bagi keamanan transaksi blockchain dalam Bitcoin. 

Dengan prosedur Segregated Witness, penerima tidak dapat mengubah maupun mencegat transaksi dengan ID pengirim. Ini akan mengurangi upaya peretas dalam mendapatkan lebih banyak koin dari pengirim dengan cara ilegal. 

Pasalnya, tanda tangan digital akan terlepas dari input dan berpindah ke dalam segwit address Bitcoin. Oleh karena itu, pihak penerima tidak akan dapat mengakses tanda tangan digital untuk mengacaukan proses verifikasi transaksi Bitcoin. 

Manfaat Segregated Witness 

Kesimpulannya, Segwit benefits meliputi: 

  • Peningkatan ukuran blok dan efektivitas penggunaan kapasitas dalam pencatatan transaksi. 
  • Peningkatan keamanan transaksi karena SegWit melepaskan data tanda tangan digital dari input blok. 

Dengan demikian, SegWit tergolong solusi yang sangat menguntungkan bagi pengguna transaksi blockchain BitCoin. Terlebih lagi, SegWit memang merupakan terobosan kreatif dalam menghadapi tantangan utama protokol Bitcoin. 

Dengan Segwit, Anda sekarang dapat menikmati transaksi BitCoin yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Karena data menjadi lebih ringan maka ada lebih banyak pemrosesan transaksi yang dapat dilakukan dalam sekejap. 

Tak hanya itu saja, transaksi Bitcoin juga kemudian menjadi lebih murah. Dengan tingginya kecepatan transaksi dalam blockchain maka biaya untuk sebuah transaksi pun berubah jadi lebih rendah. 

Biaya transaksi blockchain kadang bisa sangat tinggi. Oleh karena itu, segala upaya untuk menurunkannya akan mendapatkan sambutan yang sangat baik dari pengguna Bitcoin. 

SegWit menghadirkan perkembangan menarik dalam sistem blockchain terutama dalam hal skalabilitas. Ketika Bitcoin menjadi jaringan yang harus melayani kebutuhan jutaan pengguna, skalabilitas akan menjadi tantangan tersendiri. 

Proses ini menjadi solusi untuk meningkatkan skalabilitas dan membuat sistem Bitcoin menjadi jaringan serba cepat. 

Segwit sendiri tidak bisa menambah value sistem blockchain Bitcoin. Terobosan baru dari Pieter Wuille ini memang patut mendapat jempol dari penggemar Bitcoin.

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin