Apa Itu Ripple?

Apa Itu Ripple?

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ripple merupakan teknologi yang berperan sebagai kedua cryptocurrency dan jaringan pembayaran online untuk transaksi keuangan. Pertama kali diluncurkan pada 2012 dan didirikan bersama Chris Larsen dan Jed McCaleb.

Koin untuk cryptocurrency ini telah ditetapkan dan dijuluki XRP.

Ripple adalah RTGS (Real Time Gross Settlement System), jaringan pengiriman uang, dan jaringan mata uang terbaru dan inovatif yang dibuat oleh perusahaan Ripple. Ini juga dengan resmi disebut Ripple Transaction Protocol atau dikenal sebagai RTXP atau Ripple Protocol.

Ripple didasarkan pada protokol open-source dengan buku besar konsensus dan mata uang asli yang dikenal sebagai XRP (ripples). Ini awalnya dirilis pada 2012 dan dijual sebagai platform yang menyediakan kecepatan, keamanan, dan biaya transaksi global yang hampir gratis tidak peduli ukurannya.

Sistem inti berpusat pada database publik bersama atau buku besar. Keseluruhan basis melihat proses konsensus digunakan untuk memungkinkan pembayaran, pengiriman uang, dan pertukaran dan ini dilakukan dalam proses terdistribusi.

Sejarah Asal Mula Ripple

RipplePay: 2004 – 2012

Ryan Fugger mendirikan sebuah perusahaan yang disebut RipplePay pada tahun 2004. Ide utama di balik protokol ini adalah jaringan kepercayaan peer-to-peer sehubungan keuangan yang akan menggantikan bank.

Teori dasar RipplePay adalah sebagai berikut:

  • Semua yang bank lakukan adalah membuat dan menerima pinjaman. Deposit bank adalah pinjaman ke bank dari pelanggan.
  • Pembayaran dari A kepada B dalam sistem perbankan tradisional hanyalah pembaruan untuk saldo pinjaman masing-masing ke bank, dengan pinjaman A ke bank sedikit menurun dan B sedikit meningkat.
  • RipplePay berpendapat bahwa seseorang dapat menggantikan bank dengan menciptakan jaringan kepercayaan peer-to-peer di mana individu dapat langsung saling meminjamkan, dan perubahan pada saldo pinjaman ini memungkinkan pembayaran.
  • Pembayaran, kemudian, hanyalah pembaruan pada saldo pinjaman ini, asalkan sistem dapat menemukan jalur hubungan dari pembayar ke penerima.

OpenCoin: September 2012 – September 2014

Untuk mengatasi kesuksesan Bitcoin, Ripple sekarang berencana untuk mengizinkan pembayaran Bitcoin di jaringannya, yang berpotensi sebagai mata uang dasar untuk penyelesaian. Periode ini juga menandai peluncuran struktur Ripple Gateway. Komunitas menyadari bahwa struktur peer-to-peer tampaknya tidak berfungsi, dengan pengguna biasa yang tidak mau mempercayai rekanan untuk membuat jaringan dapat digunakan untuk pembayaran. Untuk mengatasi hal ini, Ripple memutuskan untuk membentuk gateway, bisnis besar yang dapat dipercaya oleh banyak pengguna. Ini dikatakan sebagai kompromi, sistem hibrida antara perbankan tradisional dan jaringan peer-to-peer.

Pada akhir 2012, OpenCoin menentang penggunaan nama “Ripple Card” oleh Ripple Communications, sebuah perusahaan telekomunikasi yang mendahului peluncuran jaringan pembayaran Ripple. Ini mungkin menggambarkan awal dari perubahan budaya perusahaan, dengan kemauan untuk menggunakan hukum untuk melindungi perusahaan, dan perubahan dalam strategi untuk lebih fokus pada merek Ripple.

Pada bulan Oktober 2012, Jesse Powell, pendiri dan CEO Kraken exchange dan teman dekat McCaleb, berpartisipasi dalam putaran pertama Ripple dengan investasi yang diyakini berjumlah sekitar $200,000. Roger Ver juga dikatakan merupakan investor awal di Ripple, tampaknya berinvestasi “bahkan sebelum pembuatnya tahu apa yang akan terjadi”.

Peluncuran token XRP: Januari 2013

Ripple merilis koin XRP-nya pada Januari 2013. Seperti Bitcoin, XRP didasarkan pada rantai publik dari tanda tangan kriptografi, dan oleh karena itu tidak memerlukan web awal kepercayaan atau desain gateway. XRP dapat dikirim langsung dari pengguna ke pengguna, tanpa gateway atau risiko rekanan, yang merupakan metode yang digunakan untuk semua mata uang di Ripple, termasuk USD. Ripple mungkin bermaksud agar XRP digunakan bersama dengan web struktur kepercayaan untuk pembayaran USD — misalnya, untuk membayar biaya transaksi. Perusahaan menetapkan pasokan XRP pada level tinggi yaitu 100 miliar, dengan beberapa orang mengklaim ini akan membantu Ripple mencegah apresiasi harga yang tajam.

Ripple Labs: September 2013 – Oktober 2015

Pada September 2013, OpenCoin berubah menjadi Ripple Labs.

Pada bulan Februari 2014, Ripple mengimplementasikan fitur “balance freeze”, yang diaktifkan pada Agustus 2014. Ini memungkinkan gateway Ripple untuk membekukan atau bahkan menyita koin dari pengguna gateway mana pun, bahkan tanpa tanda tangan yang valid untuk transaksi tersebut. Motivasi dari hal ini dikatakan agar gateway dapat memenuhi persyaratan regulasi, misalnya, perintah pengadilan yang menuntut penyitaan dana. Pengaturan default untuk gateway adalah mengaktifkan fitur pembekuan, tetapi gateway mungkin saja menonaktifkan opsi ini dengan menggunakan tanda “NoFreeze”, sehingga token yang dimiliki gateway tidak dapat dibekukan atau disita menggunakan fitur ini.

Pada Mei 2015, otoritas pengatur di Amerika Serikat mendenda Ripple Labs $700.000 karena melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank dengan menjual XRP tanpa mendapatkan otorisasi yang diperlukan. Ripple juga menyetujui langkah-langkah perbaikan, yang paling sulit dirangkum di bawah ini:

  • Ripple Labs harus mendaftar ke FinCEN.
  • Jika Ripple memberikan XRP lagi, penerima tersebut harus mendaftarkan informasi akun mereka dan memberikan detail identifikasi kepada Ripple.
  • Ripple harus mematuhi peraturan AML dan menunjuk petugas kepatuhan.
  • Ripple harus menjalani audit eksternal.
  • Ripple harus memberikan data atau alat kepada regulator yang memungkinkan mereka menganalisis transaksi Ripple dan aliran dana.

Ripple: Oktober 2015 – sekarang

Pada Oktober 2015, perusahaan menyederhanakan namanya menjadi Ripple.

Harga TerkiniUSD 0.250155
ROI (est. sejak waktu peluncuran)4 158.80%
Kapitalisasi PasarUSD 11 297 610 062
Peringkat Pasar#4
Suplai Beredar45 162 407 484 XRP
Suplai Maksimal100 000 000 000 XRP
Harga Tertinggi Sepanjang MasaUSD 3.84 (Jan 2018)
Harga Terendah Sepanjang MasaUSD 0.002802 (Jul 2014)
Volume Perdagangan 24 JamUSD 2 054 006 021

Sumber: CoinMarketCap 9 OCT 2020

Link Whitepaper Ripple disini

Share:

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin