Apa Itu Market Maker & Market Taker Dalam Dunia Bitcoin?

Share This Post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter

Saat ini bitcoin menjadi salah satu mata uang cryptocurrency yang banyak diminati di seluruh dunia karena harganya yang terus menanjak serta stabil. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh mata uang yang satu ini adalah keamanannya sangat terjamin serta tidak berpengaruh terhadap nilai tukar mata uang suatu negara. Saat ini hampir di seluruh dunia bitcoin sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Jadi dengan memiliki bitcoin anda sudah bisa menggunakan mata uang tersebut di seluruh dunia untuk melakukan pembayaran atau hal lainnya. Jika anda berminat menguasai lebih dalam tentang bitcoin maka perlu dipahami lebih dalam, terutama terkait istilah – istilahnya. Apa itu market maker & market taker perlu anda pahami agar bisa menguasai bitcoin dengan mudah.

Arti Market Maker

Market maker sendiri merupakan sebuah transaksi dalam jual dan beli bitcoin. Transaksi yang disebut sebagai market maker adalah bila transaksi jual dan beli bitcoin tersebut dilakukan dengan teknik pending order atau order book. Dalam hal ini, nantinya anda membeli bitcoin dengan harga di bawah harga jual terendah, serta menjualnya dengan harga di atas harga beli tertinggi. Hal ini bukan hanya berlaku dalam bitcoin saja, tetapi juga pada perdagangan lain, seperti forex, emas, saham, dan yang lainnya.

Agar bisa lebih memahaminya dengan mudah, maka kita buat ilustrasi sederhananya. Misalkan harga jual terendah bitcoin 260.143.000 , sedangkan harga beli tertinggi bitcoin tersebut adalah 260.141.000. Jadi saat anda ingin membelinya melalui transaksi market meker tersebut, maka maka anda membuat harga di bawah harga jual terendah tersebut( 260.141.000). Sedangkan saat anda ingin menjual bitcoin dengan transaksi market maker, maka harga yang dipasang nantinya harus di atas harga beli tertinggi tersebut (260.143.000). Nantinya seluruh transaksi tersebut akan dimasukan ke dalam order book atau pending order, dan harus menunggu market menyentuh harga yang telah dibuat tersebut.

Tentunya transaksi yang satu ini memiliki keuntungan dan juga kelemahannya tersendiri. Salah satu keuntungan dengan menjadi market maker adalah anda tidak akan dikenakan potongan atau terkena fee dalam transaksinya. Selain itu dalam setiap penjualan bitcoin anda bisa mendapatkan keuntungan dan saat  pembelian bitcoin tersebut anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.

Arti Market Taker

Market Taker sendiri bisa disebut sebagai transaksi yang berkebalikan dengan market maker. Jika pada market maker transaksi tersebut masuk ke pending order, maka dalam market taker, transaksi jual beli bitcoin tersebut langsung masuk atau sifatnya jauh lebih instan. Jadi anda tidak membuat harga lebih rendah dari harga jual, atau membuat harga lebih tinggi dari harga beli yang telah ditetapkan, tetapi berapa harga yang tertera menjadi harga transaksi tersebut.

Misalnya harga jual terendah bitcoin sebelumnya adalah 260.143.000. maka saat anda membelinya, harga yang didapatkan adalah 260.143.000 tersebut. Bila harga beli terendah bitcoin sebelumnya 260.141.000, maka saat anda menjual, harga yang didapatkan adalah 260.141.000 tersebut. Transaksi anda nantinya  tidak lagi dimasukkan ke dalam order book tetapi langsung diproses saat itu juga.

Dalam transaksi ini harga yang didapatkan memang sama dengan harga yang tertera di pasaran. Keuntungannya yang dihadirkan menjadi market taker adalah anda tidak perlu menunggu lama karena saat itu juga transaksi langsung diproses nantinya. Jadi saat anda butuh cepat, menjadi market taker merupakan pilihan terbaik.

Perbedaan Market Maker dan Market Taker

Maker sendiri dalam dunia bitcoin disebut sebagai orang yang menjual atau membeli bitcoin dengan harga sendiri. Artinya anda sendiri yang membuat harga jual atau harga beli tersebut, dan nantinya metode yang digunakan dalam transaksinya adalah metode limit. Saat anda membeli bitcoin dibawah harga yang ditetapkan atau menjual bitcoin diatas harga yang ditetapkan, maka anda sudah menjadi market maker.

Taker sendiri artinya orang yang membeli atau menjual bitcoin berdasarkan harga yang tertera di situs tersebut atau di dalam order book. Metode ini sering juga disebut sebagai metode instan karena saat itu juga transaksi bisa langsung dilakukan tanpa menunggu order tersebut.

Sebenarnya kedua jenis transaksi ini memberikan keuntungan masing – masing. Tergantung dari keadaan pasar dan kebutuhan. Jika misalnya anda hanya ingin mencari keuntungan, maka lebih baik menjadi market taker. Hanya saja anda harus rela menunggu, sampai harga bitcoin bergerak ke arah angka yang anda buat. Tetapi saat anda ingin membeli atau menjual bitcoin dengan cepat, maka lebih baik menjadi market taker. Saat itu juga transaksi langsung dicairkan sehingga anda tidak perlu menunggu nantinya. Jadi perhatikan situasi dan kebutuhan sahat mendak memilih jenis transaksi tersebut.

Biaya Untuk Transaksi Market Maker dan Market Taker

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan menjadi market maker maka anda tidak akan dikenakan biaya transaksi atau feenya menjadi 0%. Hanya saja anda harus menunggu agar harga bisa menyentuh angka yang telah ditetapkan tersebut. Jika anda memasang harga terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka bisa saja harga pasar tidak akan menyentuhnya nantinya.

Sedangkan jika anda menjadi market taker, maka setiap transaksinya nantinya akan dikenakan biaya. Untuk biaya transaksi tersebut tentu saja berbeda di setiap bursa. Pada umumnya fee yang ditetapkan untuk transaksi market taker berkisar 0,1% – 0,5%. Pada umumnya trader menggunakan transaksi ini saat kebutuhan mendesak, atau juga saat harga sedang turun drastis, sehingga langsung dilakukan penjualan agar kerugian tidak semakin besar.

Regulasi Market Maker Di Indonesia

Di Indonesia sendiri belum ada regulasi sah yang ditetapkan terkait market maker tersebut. salah satu alasannya karena uang elektronik seperti cryptocurrency tersebut masih terbilang baru di Indonesia. Kabarnya saat ini OJK ( Otoritas Jasa Keuangan) dan Bursa Efek Indonesia tengah menyiapkan aturan terkait market maker tersebut, agar setiap transaksi nantinya semakin aman dan terkendali. Di Indonesia sendiri semakin banyak broker bermunculan di pasar modal. Oleh karena itu pengawasan ketat perlu diterapkan agar keamanan setiap transaksinya semakin terjamin.

APEI (Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia) memandang bahwa adanya regulasi terkait market maker tersebut di Indonesia sangat penting, karena dapat membuat saham menjadi lebih likuid nantinya. Di negara – negara lain, regulasi terhadap maket maker tersebut sudah dibuat, sehingga Indonesia juga perlu menerapkannya. BEI dan OJK saat ini masih merumuskan formula yang tepat untuk market maker tersebut, agar tepat dan sesuai dengan peraturan undang – undang di Indonesia. Selain itu adanya regulasi untuk market maker tersebut juga disebut akan membuat kepercayaan publik terhadap pasar modal.

Tips Mudah Mempelajari Bitcoin

Memiliki bitcoin saat ini jelas sangat menguntungkan karena bitcoin dipandang sebagai salah satu investasi paling menjanjikan saat ini. oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda mulai mempelajarinya serta mulai serius menemukan bitcoin tersebut agar hal ini nantinya bisa memberikan banyak keuntungan di masa depan. Pemula sekalipun bisa dengan mudah menguasainya asalkan mempelajari dari dasar serta memiliki kemauan belajar kuat. Berikut ini kami rangkum beberapa hal penting dipelajari dari bitcoin, khususnya bagi pemula.

Memahami Pergerakan Bitcoin

Tentu saja salah satu hal yang sangat penting dipahami jika ingin bermain bitcoin adalah memahami pergerakan dari bitcoin tersebut. Dengan mengamati pergerakannya setiap saat, maka anda nantinya bisa paham apakah bitcoin masih menguntungkan atau tidak. Pastikan untuk selalu mengikuti berita terbaru tentang bitcoin. Sama seperti mata uang lain, bitcoin juga terkadang mengalami kenaikan dan penurunan harga. Hanya saja, sejak mata uang ini diciptakan hingga sekarang, harganya cenderung stabil naik.

Sebaiknya anda mengunduh aplikasi pada smartphone yang bisa memberikan gambaran tentang pergerakan bitcoin tersebut, sehingga setiap harinya bisa mengetahui perkembangannya. Saat ini sudah banyak diluncurkan aplikasi yang bisa memberikan pergerakan bitcoin setiap saat, dan aplikasi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis di Play Store. Banyak juga orang mengambil keuntungan dari bitcoin dengan cara membelinya saat harga turun dan menjualnya saat harga tinggi.Jika anda ingin menerapkan cara yang seperti ini, maka sangat penting untuk memahami pergerakan bitcoin setiap saat.

Memahami Alat Pengaman Bitcoin

Hal lain yang juga penting anda pahami jika ingin bermain bitcoin adalah memahami alat pengaman atau alat perlindungan untuk bitcoin tersebut. Seperti kita ketahui bahwa saat ini bitcoin sangat berharga, bahkan 1 bitcoin saja nilainya mencapai 200 juta rupiah lebih. Jadi sangat wajar bila banyak orang yang berniat meretas atau mencurinya. Walaupun bitcoin disebut sebagai salah satu mata uang cryptocurrency yang sangat aman, tentu saja diperlukan perlindungan tambahan. Anda perlu menggunakan software atau aplikasi yang bisa melindungi bitcoin tersebut agar terhindari dari peretasan.

Jika anda mencari bitcoin dengan cara menambang, maka diperlukan waktu berbulan – bulan atau bertahun – tahun untuk mendapatkannya. Oleh karena itu jangan sampai perjuangan berat untuk meraih bitcoin tersebut menjadi  sia – sia karena diretas oleh orang lain. Aplikasi yang banyak digunakan orang untuk melindungi bitcoin seperti Google Authenticator. Aplikasi pengaman yang satu ini mampu membuat bitcoin semakin terlindungi, karena Google authenticator ini akan membuat password akun berganti setiap 30 detik.

Mencari Bursa Terbaik dan Terpercaya

Hal lain yang juga penting anda pahami saat ingin mempelajari bitcoin secara mendalam adalah mengetahui bursa mana yang memberikan pelayanan terbaik serta paling terjamin keamanannya. Untuk bisa melakukan transaksi bitcoin nantinya maka anda perlu masuk ke salah satu bursa. Nantinya mereka yang menyediakan tempat untuk anda membeli atau menjual bitcoin serta layanan lainnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak bursa yang diakui oleh OJK sebagai tempat yang aman untuk melakukan transaksi.

Tentunya setiap bursa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Jadi saat anda hendak memilih salah satu bursa tersebut, pastikan untuk memilih yang terpercaya, biayanya terjangkau, serta menghadirkan berbagai fasilitas yang anda butuhkan. bursa terbaik akan membuat anda nyaman melakukan transaksi serta  juga memberikan banyak keuntungan untuk anda. Walaupun anda belum berniat membeli bitcoin tersebut, tidak ada salahnya mencermati atau mencari bursa yang anda di Indonesia.

Salah satu platform yang sudah teregulasi secara resmi adalah Bitocto.

Memahami Cara Penambangan Bitcoin

Kebanyakan orang yang bermain bitcoin, mendapatkan bitcoin tersebut dengan cara menambangnya. Jadi dengan alat penambang khusus, maka anda bisa mendapatkan bitcoin nantinya, sehingga bisa diperjualbelikan. Hanya saja untuk menambang bitcoin tersebut prosesnya tidak mudah. Dalam dunia bitcoin menambang atau mining memerlukan perangkat khusus. Selain itu anda juga harus berlomba dengan penambang lain, agar bisa mendapatkan coin lebih cepat. Hal yang membuat orang begitu tertarik dengan bitcoin karena bitcoin tersebut jumlahnya terbatas.

Diperkirakan dalam waktu 100 tahun lagi, jumlah bitcoin akan habis. Kelangkaan tersebut tentunya akan membuat harga bitcoin semakin tinggi. Oleh karena itu jika anda tertarik menguasai lebih dalam tentang dunia bitcoin, maka proses penambangan tersebut menjadi salah satu hal yang wajib anda pelajari. Pahami peralatan apa saja yang diperlukan untuk menambang, serta pahami bagaimana peluang investasinya untuk jangka depan.

Memahami Cara Penjualan dan Pembelian Bitcoin

Selain melakukan penambangan, anda juga bisa mendapatkan bitcoin dengan cara membelinya di bursa. Proses jual beli bitcoin tidak jauh berbeda dengan proses jual beli saham. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa bitcoin sendiri mengalami pergerakan harga. Terkadang harganya naik dan terkadang mengalami penurunan. Hal yang membuat harganya berubah tentu saja  banyak fakto. Jika anda ingin belajar bitcoin, maka penting juga memahami sistem penjualan dan pembeliannya. Dalam hal ini lah anda perlu mengetahui bursa mana yang tepat.

Selain itu perlu juga dipahami istilah apa saja yang sering digunakan dalam proses jual beli tersebut, bagaimana biaya untuk setiap transaksinya, serta kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual bitcoin. Jika hal – hal mendasar ini sudah anda pahami, maka dijamin anda bisa bermain bitcoin dengan mudah nantinya.

Temukan Mentor yang Tepat Untuk Belajar

Tentu saja hal lain yang juga wajib dilakukan jika ingin mempelajari bitcoin secara mendalam adalah pastikan untuk menemukan mentor yang tepat. Belajar dari mentor tentu lebih mudah dibanding belajar secara otodidak. Mentor yang sudah berpengalaman bisa memberikan arahan dan materi – materi yang membuat anda semakin paham nantinya. Saat ini sudah banyak mentor profesional di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk belajar. Jadi jika anda ingin mempelajarinya secara serius, lebih baik langsung mencari mentor professional. Di internet memang banyak materi belajar bitcoin yang bisa didapatkan secara gratis. Tetapi jauh lebih cepat belajar jika anda belajar langsung dari mentor terbaik serta mempelajari bitcoin secara mendalam langsung.

Bitcoin Diperkirakan Semakin Melambung 2021

Banyak pakar menilai bahwa bitcoin jauh lebih menjanjikan dibanding emas atau alat investasi lain. Bahkan pada masa ekonomi global tidak pasti seperti sekarang ini, nilai bitcoin terus mengalami kenaikan tinggi. Para pakar memperkirakan bahwa nilai bitcoin pada akhir tahun 2021 mendatang bisa mencapai miliaran rupiah. oleh karena itu semakin banyak orang yang melirik mata uang cryptocurrency tersebut. Jika anda memang berniat melirik bitcoin, maka lebih baik mendalaminya saat ini juga.

Istilah istilah seperti market maker atau market taker merupakan istilah yang umum nantinya anda jumpai jika sudah memasuki dunia uang crypto tersebut. Jadi jika ingin bermain bitcoin pahami seluruh istilah yang digunakan serta pahami juga sistem transaksinya. Itulah sedikit informasi tentang  Apa itu market maker & market taker dalam dunia bitcoin yang perlu anda pahami.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore