Apa Itu Litecoin?

By 26 Oktober 2020Academy, Aset Cryptocurrency

Litecoin merupakan cryptocurrency antarpengguna (peer-to-peer) dan proyek perangkat lunak dengan sistem open-source yang diluncurkan pada Oktober 2011 dibawah lisensi MIT/X11.

Seperti cryptocurrency lainnya, Litecoin tidak diterbitkan oleh pemerintah, yang secara historis menjadi satu-satunya lembaga yang dipercaya masyarakat untuk mengeluarkan uang. Litecoin dibuat dengan prosedur rumit yang disebut mining  atau menambang, yang terdiri dari pemrosesan daftar transaksi litecoin. Tidak seperti mata uang tradisional, persediaan litecoin sudah ditetapkan. Hanya akan ada 84 juta litecoin di sirkulasi dan tidak lebih. Setiap 2.5 menit (tidak seperti 10 menit pada bitcoin), jaringan litecoin menghasilkan suatu blok — entri buku besar dari transaksi litecoin terbaru di seluruh dunia, dan disinilah nilai litecoin berasal.

Blok diverifikasi oleh perangkat lunak untuk menambang dan dapat dilihat oleh penambang manapun yang mau melihatnya. Begitu seorang penambang memverifikasi, blok selanjutnya memasuki rantai, yang merupakan catatan dari setiap transaksi litecoin yang pernah dibuat.

Litecoin juga dikenal sebagai “teman” Bitcoin, seperti halnya emas dan perak, dimana Bitcoin ini sama seperti emas, dan Litecoin sama seperti perak.

Perjalanan Litecoin Sebagai Aset Koin Krypto

Salah satu cryptocurrency paling awal yang dibuat pada tahun 2011 oleh pengembang Charlie Lee. Litecoin sering disebut ‘perak’ dari ‘emas’ nya Bitcoin selama bertahun-tahun dan merupakan mata uang kripto yang populer. Pencipta Litecoin, Charlie Lee, ingin mengembangkan versi Bitcoin yang lebih cepat dan lebih murah. Berkat penciptanya yang teridentifikasi dengan baik dan pemasaran yang cerdas, Litecoin telah membangun komunitas aktif yang bagus pada tahun 2013 dan telah menjadi populer di pasar crypto.

Mata uang virtual LTC adalah cabang dari basis kode bitcoin tetapi memiliki beberapa perbedaan. Waktu blok adalah 2,5 menit yang membuat transaksi LTC lebih cepat dan protokolnya menggunakan mekanisme konsensus berbeda yang disebut ‘scrypt’ daripada penambang bukti kerja ‘SHA-256’ yang digunakan dalam Bitcoin. Saat ini ada 56 juta LTC yang beredar dan ada batas maksimum 84 juta koin.

LTC selalu menjadi aset digital terkenal sejak pertama kali dirilis dan telah mencapai kapitalisasi pasar $1miliar dua tahun setelah kemunculannya pada tahun 2013. Untuk waktu yang sangat lama, LTC merupakan nilai pasar mata uang kripto tertinggi kedua dan ketiga. Per April 2018 Litecoin adalah kapitalisasi pasar terbesar keenam di antara 1.600 cryptocurrency lainnya yang tercatat pada hari itu. Koin ini memiliki valuasi pasar $8miliar, dan setiap LTC saat itu rata-rata memiliki nilai kasar $146 per token.

Pada Mei 2017, LTC mengadopsi protokol Segregated Witness yang bersamaan dengan proses peningkatan bitcoin tahun itu. Musim semi kala itu cryptocurrency Litecoin melakukan transaksi Lightning Network pertamanya dari Zürich, Jerman ke San Francisco. Pengembang Litecoin, Charlie Lee telah kembali ke tim pengembangan tahun lalu setelah jeda singkat bekerja untuk perusahaan lain, dan koin tersebut memiliki peta jalan yang ambisius ke depan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa investor cryptocurrency menyukai Litecoin (LTC):

  • Transaksi Litecoin lebih cepat karena perbedaan waktu bloknya 2,5 menit dibandingkan dengan BTC setiap 10 menit.
  • Pendukung Litecoin menyukai metode distribusi penambangan untuk penambangan scrypt LTC yang diyakini sebagai model yang lebih adil.
  • Kelangkaan dan Likuiditas Digital. Litecoin memiliki lebih banyak koin daripada BTC dan pada akhirnya, penambang akan menghasilkan 84 Juta LTC. Ini menambah kelangkaan digital pada token ini sekaligus meningkatkan likuiditas pasar.

Eksperimen. Pengembang LTC telah menambahkan Segregated Witness dan memproses Transaksi Lightning jauh sebelum BTC. Para pendukung LTC percaya bahwa tim pengembangan lebih bersedia untuk menguji dan mencoba kode baru.

Harga TerkiniUSD 46.91
ROI (est. sejak waktu peluncuran)990.95%
Kapitalisasi PasarUSD 3,078,452,471
Peringkat Pasar#10
Suplai Beredar65,626,065 LTC
Suplai Maksimal84,000,000 LTC
Harga Tertinggi Sepanjang MasaUSD 375.29 (Dec 2017)
Harga Terendah Sepanjang MasaUSD 1.11 (Jan 2015)
Volume Perdagangan 24 JamUSD 2,158,502,945
Sumber: CoinMarketCap 9 OCT 2020

Litecoin belum pernah dengan resmi merilis Whitepaper-nya.

Beli Litecoin Sekarang!