Bitcoin adalah

Apa itu Bitcoin? Pengertian, Cara Kerja dan Harganya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berbicara mengenai cryptocurrency, pasti tak lekang dari istilah Bitcoin. Bitcoin adalah salah satu koin kripto yang bisa dibilang sangat populer dan paling banyak dikenal, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Namun, bagi OctoMate tertarik untuk membeli ataupun berinvestasi pada Bitcoin, tentunya harus memahami seluk beluknya lebih dalam. Oleh karena itu, yuk simak pengertian, cara kerja hingga harga terkini dari Bitcoin berikut ini.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang digital yang diciptakan pada Januari 2009 setelah jatuhnya pasar perumahan. Aset ini mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam whitepaper oleh sosok misterius dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Identitas orang atau sekelompok orang yang menciptakan teknologi ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi lebih rendah dibandingkan mekanisme pembayaran online tradisional dan dioperasikan oleh otoritas terdesentralisasi, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Tidak ada wujud fisik dari Bitcoin, hanya nominal saldo yang disimpan pada buku besar public (Blockchain) yang bisa diakses secara transparan oleh siapa saja — termasuk semua transaksi Bitcoin — yang diverifikasi oleh sejumlah daya komputasi yang besar (Mining). 

Bitcoin tidak diterbitkan atau didukung bank maupun pemerintah manapun, Bitcoin juga tidaklah merupakan komoditas berharga. Meskipun bukan alat pembayaran sah, Bitcoin memiliki popularitas sangat tinggi, dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang digital lainnya yang secara kolektif dikenal juga sebagai Altcoins.

Menurut organisasi resmi Bitcoin, kata “Bitcoin” menggunakan huruf besar dalam konteks merujuk pada entitas atau konsep, dan “bitcoin”yang ditulis menggunakan huruf kecil merujuk pada kuantitas mata uang (contoh: “Saya membeli 20 bitcoin”) atau unit itu sendiri. Bentuk jamak bisa disebut dengan kedua “bitcoin” atau “bitcoins”. Bitcoin juga umumnya disingkat sebagai “BTC.”

Lalu, jika dalam rupiah, 1 Bitcoin berapa rupiah? Jika dirupiahkan, saat ini harga 1 Bitcoin adalah Rp670 juta. Meski sempat merosot, namun jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, harga tersebut telah mengalami kenaikan yang fantastis. Cara membeli bitcoin bisa Anda lakukan melalui Aplikasi-aplikasi kripto terbaik, salah satunya yaitu Bitocto.

Baca juga: Apa itu Blockchain? Pengertian, Tipe, Fungsi, dan Cara Kerja

Sejarah Bitcoin dan Perkembangannya

Sejarah bitcoin dimulai pada tahun 2007 oleh sosok pseudonim Satoshi Nakamoto. Lalu tanggal 18 Agustus 2008, domain Bitcoin.org didaftarkan oleh entitas anonim sebagai pendahulu dari badan pekerjaan yang akan menjelaskan seluk-beluk protokol Bitcoin.

Hal ini menjadi nyata dengan penerbitan white paper Bitcoin pada tanggal 31 Oktober 2008. Berjudul “Bitcoin — Sistem uang tunai elektronik peer-to-peer,” dokumen pertama dengan 9 halaman ini didistribusikan di daftar surat (mailing list) cypherpunk pada November 2008.

Pada 3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto berhasil membuat Blok Genesis, blok yang mendirikan blockchain Bitcoin. Blok Genesis di-hardcode ke dalam perangkat lunak Bitcoin bersama dengan 50 BTC, yang dibuat tapi tidak dapat digunakan, karena cara kode tersebut ditulis. Alasan sebenarnya untuk ini tidak diketahui, hanya misteri lain yang ditambahkan ke cerita Satoshi.

Waktu rata-rata antara pembuatan blok baru adalah 10 menit, tetapi butuh 6 hari penuh sebelum blok berikutnya masuk ke dalam blockchain Bitcoin, menurut waktu yang tercatat dari blok-blok tersebut.

Ada sejumlah teori spekulatif mengapa butuh waktu lama, mulai dari Nakamoto yang menggunakan beberapa hari berikutnya untuk menambang blok pertama untuk menguji jaringan, sementara yang lain bahkan beranggapan bahwa Nakamoto menunggu 6 hari karena hendak menerapkan peragaan figuratif dari kitab Genesis dari Alkitab, di mana Tuhan menciptakan dunia dalam 6 hari. 

Meski demikian, transaksi pertama Bitcoin adalah pada 12 Januari 2009, antara Nakamoto dan almarhum Hal Finney, yang merupakan kontributor awal proyek tersebut. Nakamoto mengirimkan Finney 10 BTC sebagai tes, sementara ilmuwan komputer itu sendiri mulai menambang blok.

Sepuluh bulan kemudian, pada 5 Oktober 2009, New Liberty Standard menetapkan nilai tukar Bitcoin pertama terhadap dolar. Saat itu, $1 sama dengan 2300,03 BTC.

Transaksi pertama Bitcoin untuk barang fisik terjadi pada tanggal 22 Mei 2010. Bitcoin Pizza yang terkenal melihat dua pizza dibeli seharga 10.000 BTC oleh Laszlo Hanyecz. Programmer telah menawarkan BTC kepada pengguna di forum Bitcointalk.org dengan imbalan dua pizza. Seorang remaja bernama Jeremy Sturdivant, dijuluki Jercos, menerima Bitcoin dan mengirim Hanyecz dua pizza dari Papa John’s.

Transaksi tersebut adalah tonggak sejarah yang lucu untuk Bitcoin, tetapi mengejutkan mengingat apa saja yang dapat kita beli dengan jumlah BTC yang sama hari ini dan sering digunakan sebagai titik referensi untuk kenaikan nilai mata uang crypto yang unggul

Cara Main Bitcoin

Bitcoin adalah koin kripto yang cara mainnya bisa melalui trading, mining maupun investasi. Berikut masing-masing penjelasannya.

Trading

Trading bitcoin adalah kegiatan jual beli aset/koin Bitcoin (BTC) dengan harga lebih tinggi dibandingkan pembeliannya. Namun, trading umumnya dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula

Mining

Mining bitcoin adalah aktivitas mendapatkan bitcoin yang cara kerjanya dengan blockchain. Blockchain kemudian akan memverifikasi transaksi-transaksi secara bersama dalam kelompok, setelah itu ditambahkan ke rantai blok yang terverifikasi.

Baca juga: Cara Mining Bitcoin: Pengertian dan Metodenya, Wajib Simak!

Investasi

Cara kerja investasi bitcoin adalah sama dengan trading. Namun, bedanya terletak pada jangka waktu. Investasi dilakukan dengan membiarkan aset dalam jangka waktu lama hingga menghasilkan keuntungan.

Baca juga: Begini Cara Investasi Bitcoin Pemula Agar Untung Maksimal!

Harga Bitcoin

Harga Terkini USD 10 865.57
ROI (est. sejak waktu peluncuran) 7924.07%
Kapitalisasi Pasar USD 200 974 508 380
Peringkat Pasar #1
Suplai Beredar 18 511 781 BTC
Suplai Maksimal 21 000 000 BTC
Harga Tertinggi Sepanjang Masa USD 20 089 (Dec 2017)
Harga Terendah Sepanjang Masa USD 65.53 (Jul 2013)
Volume Perdagangan 24 Jam USD 64 328 012 039

Itu dia ulasan mengenai apa itu Bitcoin serta bagaimana cara kerjanya, mulai dari membeli, trading hingga mining (menambang). Setelah cukup mengerti, apakah OctoMate berminat memulai transaksi Bitcoin sekarang juga? Jika iya, yuk segera download aplikasi Bitocto!

Baca juga: Apa itu Bitcoin Wallet Address? Pengertian dan Cara Membuat

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin