Modal ventura adalah

Modal Ventura: Pengertian, Jenis, Keuntungan dan Contoh

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Setiap pengusaha paham benar bahwa bisnisnya dapat berkembang bila mendapatkan suntikan modal. Karena itu, modal ventura adalah modal yang hadir sebagai bentuk investasi sekaligus kerjasama yang diberikan kepada perusahaan rintisan untuk mengembangkan bisnisnya.

Dengan adanya modal, suatu perusahaan tentu akan lebih mudah berkembang dna menjadi lebih baik dari sebelumnya. Lalu, apa itu modal ventura? Dan bagaimana para pebisnis pemula bisa mendapatkannya? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Modal Ventura

Venture capital atau dalam bahasa Indonesia disebut modal ventura adalah salah satu jenis investasi, dimana pendanaannya berwujud penyertaan modal pada suatu perusahaan swasta selama jangka waktu tertentu.

Bentuk investasi dari modal ventura adalah uang tunai. Nantinya, uang tersebut akan diberikan pada pihak perusahaan, kemudian perusahaan akan menyerahkan sejumlah saham ke individu atau lembaga yang melakukan investasi modal ventura. 

Sama seperti investasi lainnya, jenis pembiayaan modal ventura juga memiliki risiko yang tinggi. Namun, mempunyai return atau timbal balik yang tinggi pula. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pendanaan, Anda harus sudah memahami karakteristik dan sepak terjang perusahaan yang akan didanai.

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Penjelasan mengenai pengkasifikasian jenis pembiayaan modal ventura adalah sebagai berikut.

1. Berdasarkan kepemilikan

Kepemilikan akan memberikan pengaruh yang berbeda pada setiap modal. Berikut ini beberapa jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan kepemilikannya.

Public venture capital company

Sama seperti namanya, public venture capital company adalah perusahaan yang sudah go public dan sudah menjual lembaran sahamnya di bursa efek.

Baca juga: Apa itu Pasar Modal? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Private venture capital company

Sementara itu, private venture capital company adalah perusahaan yang belum menjual sahamnya di bursa efek atau belum menjadi perusahaan go public.

Conglomerate venture capital

Conglomerate venture capital adalah perusahaan yang didirikan oleh beberapa perusahaan besar.

Bank affiliate venture company

Bank affiliate venture company adalah perusahaan yang sistem pengelolaannya dilakukan oleh pihak bank karena mengalami surplus dana atau mempunyai tujuan khusus terkait modal ventura.

2. Berdasarkan cara dan dihimpun

Jenis pembiayaan modal ventura dibagi lagi menjadi 2 bagian berdasarkan bagaimana cara menghimpun dananya. Penjelasan dari 2 cara menghimpun modal ventura adalah sebagai berikut.

Equity venture capital

Equity venture capital adalah dana dari perusahaan modal ventura yang sebagian besar dikumpulkan dari modal pribadi.

Leverage venture capital

Leverage venture capital adalah dana yang dikelola oleh perusahaan modal ventura, dan berasal dari kumpulan pinjaman berbagai pihak.

3. Berdasarkan cara dana diberikan

Penjelasan mengenai pembagian jenis pembiayaan berdasarkan pemberian modal ventura adalah sebagai berikut.

Single tier approach

Single tier approach merupakan perusahaan yang pengelolaan dan penghimpunan dananya ditujukan untuk diinvestasikan dalam wujud penyertaan modal di sebuah perusahaan.

Two tier approach

Two tier approach adalah modal yang pengelolaannya dilakukan oleh 2 badan usaha, yakni fund company atau penyedia dana dan yang satu lagi management company atau pengelola.

Baca juga: Agio Saham: Pengertian, Manfaat, Jenis & Cara Menghitungnya

Keuntungan Modal Ventura

Secara umum, dapat dikatakan bahwa manfaat modal ventura adalah memberikan bantuan dana ke perusahaan swasta untuk mengembangkan usaha mereka. Penjelasan lainnya mengenai manfaat modal ventura adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan likuiditas

Perusahaan yang dana proyeknya berasal dari modal ventura tidak harus membayar angsuran hutang atau bunga, karena modal ventura adalah salah satu wujud investasi. Sehingga, modal ventura berpeluang menambah jumlah modal dan dapat langsung digunakan untuk kepentingan bisnis.

2. Membuat pemasaran produk lebih efisien

Proses pemasaran menjadi salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan hingga kini. Nah, manfaat modal ventura adalah meningkatkan citra dan kredibilitas dari sebuah perusahaan. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada keefisienan strategi pemasaran suatu produk usaha.

3. Kegiatan dan potensi usaha meningkat

Keuntungan modal ventura adalah meningkatkan kegiatan dan potensi usaha. Secara sederhana, konsep pendanaan melalui modal ventura adalah kerja sama. Artinya, kedua pihak dapat saling membantu untuk mencapai target bisnis.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

Di Indonesia, terdapat beberapa contoh perusahaan modal ventura. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. 500 Startup

500 Startup adalah contoh perusahaan modal ventura yang dibangun oleh para karyawan dari Facebook, Google, dan Paypal. 500 Startup merupakan salah satu investor untuk Bukalapak.

2. Cyberagent Venture

Cyberagent Venture adalah contoh perusahaan modal ventura asal jepang yang melakukan ekspansi ke Indonesia. Cyberagent Venture bersama dengan East Ventures adalah salah satu investor untuk Tokopedia.

Itulah penjelasan tentang apa itu modal ventura. Nah, sekarang Anda sudah memahaminya bukan? Bagi OctoMate yang sedang mencari tambahan dan atau suntikan modal, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips di atas. Yuk semangat merintis bisnis dan jangan lupa simak informasi bermanfaat lainnya di Bitocto!

Baca juga: Biaya Investasi: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghitungnya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin