Mining Farm adalah

Apa itu Mining Farm? Ini Pengertian, Fungsi & Cara Kerjanya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Menambang atau juga dikenal dengan istilah mining bitcoin merupakan salah satu cara mendapatkan bitcoin yang bisa Anda lakukan. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan dalam mining farm. Secara mendasar, mining farm adalah istilah bagi suatu wadah atau bisa dibilang ‘peternakan pertambangan’ yang dikhususkan untuk menambang aset kripto.

Agar lebih jelas mengenai apa itu mining farm, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini mulai dari pengertian, fungsi, dan hal-hal lainnya yang patut OctoMate ketahui.

Apa itu Mining Farm?

Sederhananya, arti mining farm adalah suatu wadah atau ruangan berisikan sejumlah perangkat yang ditujukan untuk menambang mata uang kripto, termasuk bitcoin. Dengan pengertian lain, mining farm adalah sebuah gudang pertambangan yang biasanya dijalankan oleh lebih dari satu orang dan terdiri atas energi listrik dan juga AC sebagai pencegah terjadinya panas berlebih pada perangkat tersebut.

Membangun mining farm adalah hal yang memerlukan dana cukup besar. Pasalnya, Anda harus menyiapkan biaya untuk listrik, mengganti komputer, beserta perawatannya secara berkala.

Oleh karena itu, memulai mining farm adalah langkah yang patut Anda pertimbangkan dengan matang. Sebab, Anda akan membutuhkan banyak modal jika ingin mempertahankan maupun memperluas pertambangan tersebut.

Baca juga: Apa Itu Mining Rig? Definisi, Cara Membuat, dan Fungsi

Apa Fungsi Mining Farm?

Seperti dijelaskan di atas, fungsi mining farm adalah sebagai wadah untuk menambang suatu aset kripto. Bila diilustrasikan, mining farm adalah sebuah ‘peternakan’ atau ‘kolam’ pertambangan kecil dengan sejumlah penambang cryptocurrency yang berada dalam satu bangunan.

Bisa dibilang, mining farm adalah pusat untuk mendapatkan aset. Misalkan, ketika OctoMate ingin menambang bitcoin, Anda perlu melakukan transaksi melalui berbagai metode, entah itu dengan pool mining, cloud mining, atau bahkan solo mining.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Litecoin Mining dan Cara Investasinya

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Mining Farm?

Ketika OctoMate menambang cryptocurrency di mining farm, Anda perlu menyelesaikan suatu teka-teki atau persoalan matematika yang cukup rumit dengan cepat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menambah suatu blok baru ke dalam keseluruhan sistem transaksi kripto, yang biasanya kita sebut buku kas besar atau blockchain.

Jika OctoMate berhasil memecahkan permasalahan tersebut, maka Anda akan memperoleh hadiah berupa insentif. Namun, perlu Anda ketahui pula bahwa mata uang kripto pada dasarnya merupakan file komputer yang tersimpan dalam aplikasi atau mining farm dengan jumlah terbatas.

Untuk bitcoin sendiri, hanya terdapat sebanyak 21 juta bitcoin yang dapat digunakan sebagai transaksi dalam mining farm.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Hash, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Hal-Hal Dasar untuk Memulai Mining Bitcoin

Nah, berikut ini terdapat sejumlah alat yang Anda butuhkan untuk memulai mining.

  • Program perangkat lunak penambangan seperti BTC atau CG untuk mendukung mesin ASIC yang Anda perlukan dalam mining farm.
  • Keanggotaan dalam suatu mining farm.
  • Mining rig, yaitu suatu perangkat yang secara khusus dirancang untuk menambang aset kripto.
  • Bitcoin Wallet, – yaitu aplikasi atau dompet elektronik untuk menyimpan saldo Bitcoin.
  • Perangkat komputer dengan kemampuan internet yang besar
  • Sumber daya listrik.
  • Kipas pendingin untuk mencegah panas berlebih pada perangkat mining.

Baca juga: 5 VGA Mining Terbaik untuk Crypto, Dijamin Hash Rate Kencang

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu mining farm, fungsi, dan hal-hal lainnya yang patut OctoMate ketahui. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa mining farm adalah suatu wadah pertambangan yang menghimpun berbagai penambang untuk mendapatkan mata uang kripto. Jika ingin memulainya, Anda akan memerlukan biaya cukup besar.

Jika OctoMate tertarik memulai investasi kripto, Anda bisa simak berbagai informasi lengkap seputar cyrptocurrency di Octopedia atau kunjungi Bitocto sekarang juga!

Baca juga: Cara Mining Bitcoin: Pengertian dan Metodenya, Wajib Simak!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin