Merangkum Pro dan Kontra Investasi Cryptocurrency

By 15 March 2019Edukasi

Sejak pertama kemunculannya, tampaknya cryptocurrency tak henti-hentinya memunculkan pro dan kontra dari publik. Bitocto merangkum sejumlah pro dan kontra tersebut dalam poin-poin berikut ini:

  • Keamanan
    Salah satu alasan mengapa cryptocurrency mendapatkan daya tarik global adalah karena sifatnya yang aman. Cryptocurrency dikodekan ke dalam basis data, bagi siapapun yang ingin mengubah kode tertentu, ia harus memenuhi sejumlah persyaratan. Selanjutnya, nilai koin dijamin dengan enkripsi. Orang yang mengirim koin memiliki private key yang mengharuskan penambang untuk menyelesaikannya seperti teka-teki sebelum transaksi dikonfirmasi.
  • Legitimasi
    Perdagangan Cryptocurrency menarik legitimasinya dari kebulatan suara para peserta dalam jaringannya. Dampaknya, sebagian pemimpin negara-negara besar menyetujui legalitas aset digital ini. Persetujuan ini secara khusus memberikan keuntungan bagi para investor karena mereka lebih mungkin mendapatkan keuntungan besar. Beberapa bank sentral juga telah menyetujui penggunaan Bitcoin untuk melakukan pembayaran dan bahkan telah melepaskan kendali mereka atas setiap transaksi yang melibatkan mata uang kripto. Dengan independensi ini, transaksi yang dilakukan oleh Cryptocurrency jauh lebih mudah tanpa melibatkan proses yang panjang dan membosankan seperti transaksi lain yang harus disetujui oleh bank sentral.
  • Biaya transaksi lebih rendah
    Biaya transaksi lebih murah dan lebih terjangkau sehingga para investor tidak lagi harus menderita atas biaya transaksi yang tinggi seperti pada transaksi konvensional.
  • Keamanan cyber
    Di beberapa kasus, keamanan yang ditawarkan oleh enkripsi cryptocurrency dapat dirusak oleh peretas yang selalu mengintai.
  • Virtual
    Berbeda dengan investasi emas atau properti, investasi Cryptocurrency semuanya dilakukan secara virtual, tidak ada kondisi fisik yang melekat pada aset ini.
  • Kurangnya regulasi
    Kurangnya peraturan Cryptocurrency berarti tidak di bawah kendali atau pengawasan suatu lembaga apapun. Hal ini justru menarik lebih banyak investor sehingga meningkatkan peluang mereka berinvestasi. Selain itu juga menyebabkan lalu lintas di jaringan yang cenderung memperlambat transaksi dan bahkan membuka jalan bagi kegiatan penipuan.
  • Kecepatan
    Waktu yang diperlukan untuk melakukan transaksi melalui cryptocurrency relatif lebih lama dibandingkan dengan cara pembayaran lain seperti VISA. Ini dapat dikaitkan dengan sejumlah besar peserta yang terlibat dalam jaringan. Pembeli berusaha mendapatkan koin yang sudah ada di jaringan. Semua proses ini memakan waktu yang relatif lama dibandingkan dengan proses pembayaran lainnya seperti VISA dan MasterCard yang lebih cepat.

Jelas bahwa cryptocurrency memiliki lebih dan kurangnya. Namun sebagai investor yang cerdas, tetaplah bijak dalam membuat keputusan apapun sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas transaksi.