Mengapa Proyek Cryptocurrency Gagal?

By 20 February 2019Edukasi

Ada beberapa proyek cryptocurrency yang mengalami kemerosotan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir, nilai mereka bahkan juga turun secara signifikan pada 2018 lalu. Dalam banyak kasus, kegagalan tersebut disebabkan karena tim pengembangnya yang tidak lagi mengejar tujuan awal dari proyek yang sedang dikerjakan. Di sisi lain, secara fundamental kondisi crypto tersebut memang tidak cukup kuat. Berikut beberapa alasan mengapa proyek cryptocurrency menjadi gagal:

1. Tim pengembang yang kurang layak: tim pengembang merupakan hal yang paling esensial dari proyek cryptocurrency. Jika tim pengembang tidak bekerja dengan tepat sasaran, cryptocurrency tidak dapat dikembangkan. Saat ini banyak sekali jenis cryptocurrency yang bersaing satu sama lain untuk memperebutkan user sebanyak-banyaknya.

2. Sumberdaya yang digunakan tidak efisien: banyak jenis cryptocurrency yang sudah menaikkan angka yang signifikan melalui Initial Coin Offerings (ICO). Ironinya adalah jika mereka tidak bisa mengakomodir angka, mereka tidak bisa membangun cryptocurrency tersebut. Gagal mengelola keuangan juga merupakan salah satu alasan utama gagalnya proyek cryptocurrency.

3. Blockchain yang tidak efisien: dalam beberapa tahun terakhir, teknologi blockchain terus mengalami evolusi. Jika pengembang tidak secara berkelanjutan memperbaharui blockchain mereka, nantinya akan berimbas pada persaingan dengan cryptocurrency lain. Lebih jauh, apabila secara terus-menerus kehilangan user, proyek tersebut akan dianggap tidak layak karena jumlah pengguna yang sangat sedikit.

Singkatnya, sebelum Anda memulai berinvestasi cryptocurrency cari tahu terlebih dahulu pengembangan dan manajemen sumberdaya dari jenis crypto yang akan Anda pilih agar tidak menyesal di kemudian hari.