Menganalisa Pasar Cryptocurrency Dengan Big Data

By 12 March 2019Edukasi
big data cryptocurrency

Data analitik kini merupakan salah satu terobosan yang dapat digunakan oleh para trader untuk memetakan kondisi pasar sebelum melakukan kegiatan trading. Salah satunya yang telah terlebih dulu dikenal adalah Predicoin yang merupakan platform untuk menganalisa data Cryptocurrency. Ia mengumpulkan pemberitaan yang sedang hangat dibicarakan atau suatu isu yang sedang viral di sosial media ke dalam platform tersebut sehingga para investor kripto dapat menganalisa sentimen pasar. Layanan data analitik dari Predicoin saat ini mampu menganalisa sejumlah 30 jenis Cryptocurrency.

Meskipun masih dalam tahap awal, Big Data sudah mulai digunakan untuk menganalisa Bitcoin dan berbagai jenis Cryptocurrency lainnya. Mungkin banyak yang menganggap remeh potensi penggunaannya, namun nyatanya penggunaan analisa tersebut dapat menguntungkan Cryptocurrency, seperti mengidentifikasi pengguna palsu atau berbahaya, mencegah pencurian, dan memprediksi tren.

Dengan lebih dari 200,000 transaksi (data akhir September 2017) yang dilakukan setiap harinya, tentu risiko yang ditanggung cukup besar. Volume perdagangan yang besar juga membuatnya tidak mungkin untuk melacak aliran mata uang kripto secara manual. Disinilah Big Data memegang kendali untuk menganalisa bahaya keamanan dan potensi ancaman. Informasi yang diberikan sangat banyak dengan analisa yang sangat  hati-hati sehingga bisa memberi petunjuk untuk meningkatkan volume perdagangan dan nilai dari Cryptocurrency.

Setiap harinya, banyak perusahaan yang menyadari pentingnya kebutuhan analisis data dan pengaruhnya dalam pasar yang komprehensif, mendeteksi pola pelanggan, dan analisa tren. Dengan Cryptocurrency yang mulai mencapai puncaknya, memperkenalkan Big Data tentu bukanlah sesuatu hal yang sulit.

 

Baca Juga: