mata uang tertinggi di dunia

8 Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia 2022, Kalahkan Dollar!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah selama ini Anda berpikir bahwa mata uang tertinggi di dunia no 1 adalah Dolar Amerika Serikat atau USD? Nah ternyata, anggapan tidak sepenuhnya benar walau USD memang dikenal sebagai salah satu mata uang terkuat dan paling banyak digunakan untuk transaksi internasional, termasuk investasi. Mengapa demikian?

Pasalnya, ada beberapa negara lain di dunia ini yang mempunyai banyak sumber kekayaan sehingga membuat perekonomiannya meningkat dan menyebabkan nilai mata uang mereka menguat. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui 8 daftar mata uang tertinggi di dunia!

8 Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Perlu diketahui, tingginya suatu mata uang biasanya diukur dari nilai tukarnya terhadap mata uang negara lain. Daftar mata uang tertinggi di dunia saat ini adalah:

1. Kuwait Dinar (KWD)

Siapa sangka, Kuwait ternyata merupakan negara dengan mata uang tertinggi di dunia no 1 saat ini. Hal ini disebabkan oleh stabilitas ekonomi negaranya yang kaya akan minyak. Sebagai tambahan, perekonomian Kuwait memang sangat bergantung pada industri ekspor minyak karena negara tersebut memang memiliki salah satu cadangan global terbesar.

Itulah sebabnya, mata uang Kuwait begitu terkenal dan diminati oleh seluruh dunia. Apalagi mengingat banyaknya komunitas ekspatriat India yang sangat kuat tinggal di Kuwait. Diketahui, 1 Dinar Kuwait saat ini sama dengan 3,28 USD atau 47.130 IDR apabila dirupiahkan.

2. Bahraini Dinar (BHD)

Sama seperti Kuwait, Bahrain juga merupakan negara yang sangat bergantung pada ekspor minyak. Tingginya nilai ekspor minyak Bahrain membuat mata uang Dinar Bahrain (BHD) terletak dalam daftar mata uang tertinggi di dunia kedua. Hingga hari ini, 1 Bahraini Dinar setara dengan 2,65 USD atau 38.004 IDR.

3. Omani Rial (OMR)

Oman termasuk negara yang memiliki dukungan akses terbaik akan sumber daya alam sehingga mengakibatkan nilai mata uangnya cukup tinggi. Diketahui, sudah lebih dari lima dekade terakhir ini, Oman berhasil mempertahankan nilai mata uangnya. Saat ini, 1 Omani Rial sama dengan 2,59 USD atau sekitar 37.211 IDR.

Bahkan saking tingginya nilai mata uang OMR, pemerintah dan bank sentral negara Oman sampai harus menerbitkan uang kertas dengan pecahan ¼ dan ½ rial untuk memfasilitasi transaksi yang bernilai kecil. 

4. Jordania Dinar (JOD)

Meski bukan salah satu negara penghasil minyak terbesar, Yordania tetap mempertahankan posisi nilai mata uangnya di urutan ketiga tertinggi di dunia. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa pemerintah negara Yordania semakin gencar melakukan ekspansi ekonominya di berbagai sektor di luar ekspor minyak.

Hingga Maret 2022, 1 Jordania Dinar diketahui sama dengan 1,41 USD atau 20.250 IDR jika dirupiahkan.

Baca juga: Apa Itu Mining Rig? Definisi, Cara Membuat, dan Fungsi

5. British Pound Sterling (GBP)

Pound sterling atau GBP adalah mata uang resmi Inggris Raya, termasuk Guernsey, Jersey, Isle of Man, Kepulauan Sandwich Selatan, Georgia Selatan, Tristan da Cunha, dan Wilayah Antartika Inggris. GBP pun menduduki posisi keempat sebagai mata uang yang paling banyak diperjualbelikan di pasar valuta asing, setelah USD, Euro, dan Yen Jepang.

Bahkan karena inflasinya rendah, nilai GBP secara khusus dianggap lebih tinggi daripada USD. Tak hanya itu, GBP juga merupakan mata uang tertua dunia yang masih digunakan hingga sekarang. Saat ini, 1 Pound Sterling setara dengan 1,32 USD atau 18.938 IDR.

6. Gibraltar Pound (GIP)

Gibraltar Pound atau GIP adalah mata uang negara Gibraltar yang nilai nominalnya dapat ditukar dengan Pound Sterling Inggris. Meski demikian, pemerintah Gibraltar tetap memegang kendali penuh atas bank sentral yang mengendalikan GIP dengan tanggung jawab mencetak koin dan uang kertasnya.

Pertukaran mata uang Gibraltar Pound yang paling populer adalah nilai tukar dari EUR ke GIP. Sebagai tambahan, Gibraltar adalah negara dengan wilayah di seberang laut Inggris. Kini, perekonomian Gibraltar bergantung pada beberapa sektor seperti pariwisata dan e-gaming. Hingga saat ini, 1 GIP sama dengan 1.315 USD.

7. Caymanian Dollar (KYD)

Sejak 1972, Caymanian Dollar atau KYD telah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu dari 10 mata uang tertinggi di dunia yang unggul di sektor jasa keuangan dan ekonomi. Mata uang ini merupakan milik Kepulauan Cayman, yaitu sebuah negara seberang laut Inggris yang terletak di laut Karibia Barat.

Kepulauan Cayman terdiri dari tiga pulau utama yaitu Cayman Brac, Grand Cayman dan Little Cayman yang seluruhnya termasuk terbaik di dunia dalam hal pajak. Terhitung Maret 2022, 1 Caymanian Dollar setara dengan 1.20 USD atau sekitar 17.184 IDR.

8. Euro (EUR)

Di urutan terakhir pada daftar mata uang tertinggi di dunia ini dipegang oleh Euro atau EUR yang digunakan secara resmi di 19 dari 28 negara di Uni Eropa seperti Austria, Prancis, Estonia, Yunani, Jerman, Belgia, Siprus, Finlandia, Italia, Latvia, Lituania, Malta, Portugal, Belanda, Luksemburg, Slovenia, Irlandia, Spanyol, dan Slovakia.

Kekuatan sebagian besar negara Uni Eropa, bukan hanya berdampak pada stabilitas mata uang Euro, namun juga pada nilainya. Perlu diketahui, Euro merupakan mata uang cadangan terbesar kedua di dunia setelah Dolar AS. Selain itu, Euro juga termasuk mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Sampai hari ini, 1 EUR sama dengan 1.10 USD atau 15.770 IDR apabila dirupiahkan.

Demikian ulasan mengenai daftar mata uang tertinggi di dunia yang menempati posisi di atas Dollar Amerika Serikat. Kini, OctoMate tentu semakin paham bukan bahwa bukan hanya USD yang merupakan mata uang tertinggi di dunia no 1? Terakhir, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya ya!

Baca juga: Jaminan Fidusia: Pengertian, Dasar Hukum, Jenis dan Contohnya

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin