Legitimasi Cryptocurrency Dapat Membantu Selamatkan Bisnis

By 1 Oktober 2020Berita

Cryptocurrency bukan hanya dikhususkan untuk Hodlers (istilah digunakan untuk penimbun crypto jangka panjang) yang terobsesi, crypto memiliki keunggulan substansial dibandingkan mata uang tradisional. Mereka terdesentralisasi, privat, dan aman, dan transaksi bisa jauh lebih cepat daripada mata uang fiat tradisional yang dikeluarkan pemerintah, tersedia untuk digunakan dari mana saja dan kapan saja.

Namun sejauh ini, regulasi (atau kurangnya regulasi) telah menghambat penyerapan mainstream terhadap cryptocurrency. Tidak mengherankan jika pemerintah dan pemain dalam sistem perbankan tidak menyukai jaringan pembayaran yang “diberdayakan tanpa otoritas atau perantara pusat.” Banyak yang takut bahwa cryptocurrency seperti Bitcoin dapat digunakan untuk menggagalkan kontrol modal, dan dapat digunakan untuk pencucian uang atau pembelian ilegal. Sedangkan ada pihak-pihak lain yang khawatir akan potensi mata uang terdesentralisasi yang mampu mengguncang atau merusak otoritas atau kendali bank sentral.

Pertengahan September 2020, Uni Eropa mengumumkan langkah besar untuk mengatur aset crypto di dalam blok tersebut, yang dapat menyelesaikan kebuntuan ini dan meletakkan dasar untuk pemanfaatan yang lebih luas akan keuntungan yang dimiliki cryptocurrency bagi individu dan bisnis, sekaligus melindungi pasar keuangan.

Dianggap sebagai salah satu yang paling komprehensif untuk diumumkan di mana pun, proposal dari Komisi Eropa mencakup tujuan untuk mengatur ‘stablecoin’ yang seharusnya, seperti Libra Facebook Inc.

“Kita harus merangkul transformasi digital secara proaktif sambil mengurangi potensi risiko,” jelas wakil presiden eksekutif Komisi Eropa, Valdis Dombrovskis.

“Pasar tunggal digital yang inovatif untuk keuangan akan menguntungkan orang Eropa dan akan menjadi kunci pemulihan ekonomi Eropa dengan menawarkan produk keuangan yang lebih baik bagi konsumen dan membuka saluran pendanaan baru bagi perusahaan,” lanjutnya.

Di bawah aturan yang baru diusulkan, platform perdagangan akan membutuhkan kehadiran fisik di Uni Eropa dan akan tunduk pada persyaratan modal. Stablecoin terpenting juga akan diawasi oleh Otoritas Perbankan Eropa.

Setelah pengungkapan tersebut, proposal tersebut diperdebatkan antara Parlemen Eropa dan pemerintah nasional sebelum menjadi undang-undang. Komisi tersebut mengatakan pihaknya berencana untuk memiliki kerangka kerja untuk aset crypto pada tahun 2024.

Keuntungannya Untuk Bisnis

Banyak bisnis sudah menggunakan crypto untuk mengumpulkan dana, melakukan transaksi, dan melakukan investasi. Pengumuman terbaru oleh Uni Eropa pada dasarnya akan berdampak pada ‘legitimasi’ cryptocurrency untuk bisnis, yang dapat membangkitkan minat baru. Berkat sistem yang ketinggalan zaman, birokrasi, terbatasnya moneter lintas batas (cross-border), dan sedikitnya dorongan finansial untuk mengubah apa yang sudah ada saat ini, otoritas dan lembaga keuangan dikenal akan gerakannya yang sangat lambat dalam hal inovasi teknis.

Sebelum lembaga dapat secara aktif merangkul dan mempromosikan suatu produk, mereka perlu memahami lanskap keuangan tempat kelas aset baru ini beroperasi, serta faktor risiko yang terkait dengannya.

Kekhawatiran umum bagi bank-bank adalah jika mereka harus menjual Bitcoin pada klien dan mengingat adanya kegiatan peretasan pada kegiatan pertukaran dan juga terorisme, hal ini dapat menyebabkan bank rentan terhadap investigasi kriminal atau gugatan hukum sekelompok orang yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan bank. Sementara itu, setelah terjadinya krisis perbankan di tahun 2008, lembaga keuangan secara tradisional menolak mengambil risiko yang tidak perlu atau memilih untuk berada di wilayah abu-abu.

Mengumpulkan Dana

Manfaat utama bagi bisnis adalah kemampuan cryptocurrency untuk mengumpulkan dana dengan merilis koin mereka sendiri untuk menghasilkan uang dari jaringan blockchain. Sebuah bisnis kecil dapat mengeluarkan koin untuk mendanai produk yang akan datang, dengan akses awal ke produk tersebut menjadi nilai di balik koin. Pendekatan yang sama juga dapat digunakan untuk mendanai bisnis kecil tanpa harus mengorbankan kepemilikan bisnis.

Valuasi Yang Akurat

Nilai yang stabil telah membuat cryptocurrency ideal untuk transaksi. Terlepas dari ketidakpastian pasar, cryptocurrency telah mempertahankan nilainya dengan baik dan membutuhkan sedikit atau tanpa biaya transaksi. Bitcoin tetap menjadi yang paling populer di pasar, yang kemudian diikuti oleh Ethereum (ETH) dan Ripple (XRP).

Pasar yang diatur akan membantu memberikan penilaian yang akurat pada nilai mata uang crypto. Ini akan menciptakan lapangan bermain yang lebih adil bagi investor dengan menempatkan identitas nyata yang dapat dilacak kembali oleh pihak berwenang jika ada perilaku terlarang. Ini juga akan menciptakan kumpulan investor yang lebih besar dan memberikan stabilitas dengan menyediakan likuiditas, yang pada sebaliknya akan berdampak langsung pada pengurangan volatilitas demi prediktabilitas harga jangka panjang yang handal. Hal ini memungkinkan pertumbuhan yang lebih organik, jika investor dapat menentukan nilai dasar aset virtual dengan lebih akurat.

Mendorong Investasi

Cryptocurrency yang diatur dapat berarti juga sebagai masuknya lembaga keuangan ke seluruh industri. Lembaga keuangan berharap dapat menghadirkan beberapa profesional paling terampil di dunia di bidang perbankan, FinTech, dan keamanan digital, serta solusi dan infrastruktur yang siap untuk perusahaan yang matang dan teruji.

Untuk usaha kecil, ini membuka pintu baru untuk mendiversifikasi investasi mereka. Imbal hasil yang ditawarkan cryptocurrency masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Seperti Bitcoin bisa berfluktuasi pada tingkat 2-3% per hari.

Bisa dilihat disini betapa pentingnya regulasi terhadap cryptocurrency bisa mempengaruhi tingkat adopsi lebih luas serta pemanfaatan keuntungan-keuntungan cryptocurrency dengan lebih optimal. Seperti di Indonesia cryptocurrency sudah diakui dan diawasi oleh pemerintah, Bitocto merupakan salah satu exchange aset crypto di Indonesia yang sudah terdaftar di BAPPEBTI serta KOMINFO.

Kepercayaan nasabah kamipun semakin meningkat, sehingga kami bisa menawarkan solusi lebih baik lagi untuk manajemen aset dan keuangan nasabah-nasabah kami kedepannya. Mulai investasi cryptocurrency Anda sejak sekarang baik untuk investasi pribadi atau bisnis Anda, dan bergabunglah dengan keuangan masa depan!


Reference : Haris Elias on TechHQ