Kaum Millennial Di Luar Sana Lebih Percaya Crypto Dibandingkan Saham

By 26 Agustus 2020Berita

Millennial merupakan pemburu terbaik yang pernah kita lihat di dunia ini. Apakah Anda sadar berapa banyak industri yang telah dijajah oleh mereka?

Business Insider bahkan sempat menulis artikel dengan headline “Millennial membunuh ‘banyak’ industri” — kemudian melanjutkan dengan daftar 19 industri yang dikalahkan. Beberapa diantaranya yang terbesar adalah perumahan, department stores, dan industri sereal miliaran dolar.

Mungkin sudah waktunya menambahkan industri lainnya ke daftar tersebut: pasar saham.

Ya, millennial mungkin sedang bersiap untuk membunuh Wall Street. Tapi mengapa? Dan bagaimana? Berikut 5 alasan mengapa Wall Street kemungkinan akan berubah menjadi Broke Street — dan bagaimana ceritanya cryptocurrency menjadi alasannya.

  1. Kuatnya Keuntungan Bitcoin

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Bitcoin telah memberikan profit lebih banyak dibandingkan saham. Meskipun jika ada orang yang membeli BTC pada ketinggian sepanjang masanya (dengan pengecualian yang terakhir) dan orang-orang HODL (Hold On For Dear Life) yang menyimpan Bitcoin — saat ini mereka kemungkinan berada di situasi hijau. Dari 2011 ke 2018, Bitcoin telah memberikan profit kepada investor sebagai berikut:

2011                          : + 1,473%

2012                          : + 186%

2013                          : + 5,507%

2014                          : – 58%

2015                          : + 35%

2016                          : + 125%

2017                          : + 1,331%

2018                          : – 72%

Ini merupakan sederet profit yang kuat dibandingkan aset apapun, saham, obligasi, derivatif dan mata uang.

Bahkan, menurut CryptoManiaks, “Sebuah investasi $50 pada 2009 bisa memberikan Anda keuntungan bersih $100 juta pada puncak Bitcoin di 2017.”

Saat ini Bitcoin mulai terbang tinggi lagi — dan jaringan serta adopsinya terus meningkat. Semakin banyak juga layanan wallet yang mudah digunakan, aplikasi, dan segala sumber daya yang melayani Bitcoin. Ditambah juga, para investor besar yang sangat cerdas dan memiliki keuangan sangat baik mulai dengan serius mempertimbangkan investasi di Bitcoin.

  1. Bitcoin menjadi item portfolio pensiun

Bagaimana ceritanya? Bitcoin kan aset yang volatilitasnya tinggi? Bagaimana caranya bisa menjadi bagian dari portfolio pensiun? Gimana kalau misalnya nanti nilai Bitcoin anjlok dan saya tidak memiliki apa-apa akhirnya? Ada 2 hal yang bisa menjelaskan :

  • Millennial masih sangat jauh dari kata pensiun. Mereka bisa mengambil risiko. Ditambah lagi mereka telah hidup melalui krisis perumahan — yang disebabkan oleh bankir dan pialang yang bermain cepat dan lepas dengan saham dan kelas investasi “tradisional” dan “aman” lainnya. Kebanyakan millennial telah menyaksikan investasi “aman” seperti rumah ditutup dan saham tenggelam — sehingga dapat dikatakan volatilitas dan risiko Bitcoin tidak jauh beda.
  • Harga awal Bitcoin mendekati 0. Sebagai kelas aset baru, sangatlah wajar untuk menunjukkan begitu banyak fluktuasi. Ini yang dinamakan “penemuan harga” — dimana pasar bertumbuh, matang, dan menemukan harga dimana Bitcoin nantinya akan berlabuh. Ini merupakan fenomena natural dari aset digital yang muncul tanpa pendahulu. Begitu pasar tersebar di seluruh dunia dan mencapai likuiditas, keamanan, dan panduan regulasi secara global, industri Bitcoin yang lebih matang akan terbentuk — dengan harga yang lebih stabil. Saat millennial menyentuh angka 68 tahun — pasar Bitcoin yang matang adalah sebuah kemungkinan.
  1. Emas untuk kakek nenek

Millennial tumbuh di awal era internet. Mereka dibentuk dan diubah oleh dunia digital. Millennial yang bermain game online bisa membeli dan menjual keperluan game mereka di gerai online. Membayar menggunakan GoPay, OVO, dan mobile banking. Uang dan aset mereka dengan kuat terhubung dengan dunia digital.

Emas nampak sangat… tua. Jika uang para millennial disimpan semua secara online di mobile banking dan mereka menggunakan alat-alat digital untuk membayar kebutuhan sehari-hari seperti makan hingga transportasi — mengapa mereka harus membeli bongkahan logam dan mencari tempat aman untuk menyimpannya??

Baca Juga: Update Pasar Crypto : Bitcoin, Ethereum & Ripple 28 Agustus 2020

Bitcoin nampak lebih natural untuk millennial. Mata uang dari dunia digital. Selain itu, 1 Bitcoin saat ini bernilai lebih dari 1 ons emas — dan terus meningkat perlahan. Ini merupakan langkah perubahan signifikan dari logika investasi tradisional. Portabilitas, keamanan, dan sifat mendunia yang dimiliki Bitcoin menjadi semakin menarik bagi para millennial yang menyisihkan uangnya untuk investasi.

Sekarang dunia menghadapi peningkatan ketidakstabilan dan ketidakpastian secara geopolitik — ujian nyata untuk Bitcoin sebagai pelindung nilai melawan emas telah dimulai.

  1. Trading crypto lebih mudah

Trading saham tidak lah mudah. Tentu ada platform yang mendukung — namun membuat akun dan melalui segala proses belajarnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan untuk apa? 10% per tahun? Atau jika Anda mempercayai aset Anda untuk di-trading-kan dengan orang lain, apakah Anda yakin lebih aman? Tentunya tidak, lebih baik Anda yang kendalikan aset Anda sendiri.

Trading cryptocurrency bisa menjadi alternatif yang lebih mudah — terutama bagi millennial yang bertumbuh pada dunia digital, concept nya cenderung lebih natural dan mudah dipahami. Kendalikan asetmu dan mulai menghasilkan. Edukasinya bagaimana? Biar Bitocto Exchange yang bantu Anda belajar, GRATIS!

  1. Pasar crypto 24/7

Hal penting lainnya yang dimanfaatkan millennial adalah perbedaan jam trading pada saham dan Bitcoin. Exchange tradisional memiliki sesi tradingnya sendiri. Di Amerika Serikat pasar saham buka pada jam-jam tertentu dan tutup tepat waktu — dan tidak ada trading pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Sedangkan pasar crypto memberikan akses 24 jam. Sehingga segala kejadian di dunia nyata memiliki pengaruh langsung pada harga. Jika seorang millennial berada didepan komputer atau bahkan handphone mereka, keputusan bisa langsung dibuat dengan cepat untuk mulai menghasilkan berdasarkan analisa yang didapatkan. Mungkin ini nampak melelahkan, namun keuntungannya sepadan dengan usaha.

Millennial mulai melahirkan aset kelas baru dan membunuh saham secara perlahan diluar sana. Tidak hanya saham, adanya penemuan-penemuan lain yang semakin memudahkan yang membunuh berbagai industri diluar sana.

Karena kaum millennial memiliki keyakinan dan kepercayaan pada dunia digital yang baru — dunia dengan matematika yang tidak bias dan kelangkaan digital. Dan sejauh ini, belum pernah mengecewakan mereka.

Kalau Anda kaum millennial, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari keuangan masa depan. Mulai investasi cryptocurrency mu, dan dapatkan kendali penuh atas asetmu, dimanapun Anda berada. Menggunakan PC ataupun HP tidak masalah!

Bitocto Exchange sudah sediakan platform dan edukasi GRATIS buat kamu, cukup dengan deposit mulai dari IDR 50,000 saja. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi WhatsApp 0877-9888-6840 atau Telegram http://t.me/bitocto

Baca Juga:

Reference : Analysis on finsmes.com

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.