DOGE, Crypto Favorit Pria Terkaya Dunia, Elon Musk, Bagaimana Ceritanya?

By 8 Februari 2021Berita

Pada September 2018, pendiri Dogecoin sedang berbaring di tempat tidur, melihat-lihat Twitter, ketika sebuah pesan muncul di kotak masuk Twitter-nya dari Elon Musk.

CEO SpaceX dan Tesla sedang diganggu oleh “spammer scam yang mengganggu” dan software engineer yang berubah menjadi pencipta cryptocurrency, Jackson Palmer punya solusinya. Mereka saling berbalas pesan dan Palmer membagikan beberapa kode komputer yang dapat membantu Musk.

Para penipu telah membombardir tweet Musk dengan balasan dari akun palsu yang meniru nama profil dan gambarnya dalam upaya untuk memeras cryptocurrency seperti bitcoin dari para pengikut Elon Musk.

Palmer telah menulis skrip setelah dirinya sendiri menjadi target karena profilnya yang tinggi dalam komunitas cryptocurrency. Lima tahun sebelumnya, dia telah menjadi salah satu pelopor awal teknologi dengan menciptakan mata uang digital yang dengan cepat menarik pengikut setia — tetapi itu hanya dimaksudkan sebagai lelucon.

Pada akhir 2013, saat bekerja untuk raksasa software Adobe, Palmer menciptakan cryptocurrency yang terinspirasi oleh meme Shiba Inu Doge. “Berinvestasi di Dogecoin,” tweetnya. “Cukup yakin itu adalah hal besar berikutnya.”

Bersama sesama developer Billy Markus, Palmer membeli Dogecoin.com dan meluncurkan mata uang digital peer-to-peer dalam gaya bitcoin. Dideskripsikan di situs webnya sebagai “uang internet yang menyenangkan dan ramah”, yang “disukai oleh Shiba Inus di seluruh dunia”, popularitas Dogecoin tumbuh seiring dengan meme doge asli.

Dalam beberapa minggu pertama, komunitas Reddit aktif berdiskusi di sekitar Dogecoin, memuji potensi “sangat wow” dari koin yang baru lahir ini. Segera mereka menggunakan kekuatan kolektif mereka untuk penggalangan dana, dan berhasil mengumpulkan cukup banyak cryptocurrency untuk mengirim tim bobsled (seluncur) Jamaika ke Olimpiade Musim Dingin, mensponsori pengemudi Nascar dan membawa air ke wilayah yang dilanda kekeringan di Kenya.

Perhatian seperti itu dibawa ke Dogecoin. nilainya meningkat lebih jauh dan dalam satu tahun kapitalisasi pasarnya telah meningkat menjadi lebih dari $90 juta.

Beberapa bulan setelah percakapan Twitter pribadi Musk dan Palmer, miliarder teknologi itu memposting artikel berita satir tentang “uang internet imajiner gila”, di samping meme dengan judul “Dogecoin rulz”.

Musk, yang pertama kali memperoleh kekayaan sebagai salah satu pendiri raksasa pembayaran online PayPal, juga mengubah bio Twitter-nya menjadi: “CEO Dogecoin.”

ilustrasi market update 8 februari 2021

Kecintaan Elon Musk pada dogecoin tidak mengejutkan bagi siapa pun yang mengikuti Twitter-nya dari awal, yang menandai berita peluncuran roket dan pembaruan mobil listrik dengan meme dan referensi tidak langsung ke budaya online.

Dalam sesi Tanya Jawab baru-baru ini di aplikasi Clubhouse, Musk mengungkapkan bahwa dia bahkan memiliki “dealer meme” sendiri yang membuat dan mengkurasi konten untuk dia posting.

Selama wawancara yang sama, dia berbicara tentang Dogecoin dengan cara yang menggemakan niat asli Palmer untuk cryptocurrency.

“Kadang-kadang saya membuat lelucon tentang Dogecoin, tapi itu sebenarnya hanya lelucon,” kata Elon Musk.

Dia berhenti, sebelum menambahkan: “Tapi takdir menyukai ironi … Hasil yang paling menghibur seringkali merupakan hasil yang paling mungkin dan bisa dibilang paling menghibur, dan hasil yang paling ironis, adalah bahwa Dogecoin menjadi mata uang Bumi di masa depan.”

Meski mengganti mata uang tradisional di Bumi tampak konyol, ambisi astronomi Dogecoin mungkin kurang begitu mengingat rencana Musk untuk mendirikan koloni manusia di Mars. Menanggapi thread Twitter pada bulan Desember 2020, Musk setuju “ekonomi di Mars akan berjalan dengan crypto”.

Setiap kali Musk men-tweet tentang Dogecoin, harganya melonjak. Ketika dia melakukannya lagi minggu ini, cryptocurrency melonjak nilainya sebesar $2 miliar dalam beberapa menit.

ilustrasi 2 market update 8 februari 2021

Sejak Musk dan Palmer bertukar pesan pada tahun 2018 lalu, multi-CEO, Elon Musk telah menjadi orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih lebih dari $200 miliar.

Dogecoin juga telah melihat kekayaannya membengkak, secara singkat melihat kapitalisasi pasarnya mencapai puncak di atas $9 miliar pada akhir Januari 2021. Token itu melonjak setinggi $0.0597 dan diperdagangkan sekitar 59% lebih tinggi dari tempatnya berdiri 24 jam sebelumnya. Meningkatnya permintaan di antara investor ritel dan reli crypto Januari 2021 telah mengangkat dogecoin sepanjang tahun 2021. Koin saat ini naik lebih dari 800% year-to-date.

Setelah mengatakan pada hari Selasa (02/02) bahwa dirinya akan “keluar dari Twitter untuk sementara waktu,” Musk kembali ke platform Kamis ( 04/02) pagi dan memposting gambar yang diedit dari film “Lion King” yang menunjukkan dirinya memegang meme Doge. Dia menindaklanjuti foto itu dengan pesan sederhana “Dogecoin adalah crypto rakyat.”

“Tidak ada yang tertinggi, tidak ada yang terendah, hanya Doge,” tambahnya.

Musk belum ada menurunkan dukungan ke pasar saham sejauh ini. Orang terkaya di dunia ini juga sempat mengubah bio Twitter-nya menjadi “Bitcoin” pada bulan Januari 2021 saat harga mulai berayun lebih tinggi.

 

Sources: Anthony Cuthbertson on Independent & Ben Winck on Business Insider

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.