cara mining eth

6 Cara Mining ETH Mudah dan Lengkap yang Bisa Dicoba

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Seiring maraknya popularitas bitcoin belakangan ini, banyak inventor terus berinovasi menciptakan jenis baru dari mata uang kripto, salah satunya Ethereum. Apabila Anda salah satu pengguna blockchainnya, maka Anda harus tahu cara mining Ethereum dengan benar demi memaksimalkan keuntungan. 

Baik melalui PC maupun Android, simak cara mining Ethereum yang sudah Bitocto rangkum khusus untuk Anda di bawah ini!

Apa itu Ethereum?

Sebelum mencari tahu cara mining ETH, penting bagi Anda untuk paham terlebih dahulu mengenai arti dari Ethereum itu sendiri. Sederhananya, Ethereum adalah sebuah perangkat lunak dalam blockchain terdesentralisasi yang mempunyai mata uang khusus yaitu ETH. 

Dalam platform blockchain ini umumnya dijalankan jaringan yang dapat melakukan eksekusi serta verifikasi mendalam ke seluruh kode aplikasi secara peer-to-peer, sehingga dapat mendukung para inventor untuk melahirkan aplikasi baru.

Usut punya usut, Ethereum ternyata telah diresmikan sejak tahun 2015 silam dan menjadi salah satu platform favorit yang bisa dibeli melalui Exchange atau Bursa. Setelah mengerti pengertiannya, yuk simak bagaimana cara mining ETH berikut dengan seksama.

Baca juga: Cara Mining Bitcoin: Pengertian dan Metodenya, Wajib Simak!

Jenis cara mining ETH

Secara umum, terdapat tiga cara cara mining ETH yang bisa Anda pilih sebagai penambang. Berikut informasi selengkapnya.

1. Cloud mining

Cara mining ETH yang pertama dapat dilakukan dengan metode penambangan awan (cloud mining). Dengan metode ini, penambang akan diarahkan untuk menyewa atau membeli sejumlah nilai hash dari penyedia peralatan menambang, baik dari perorangan maupun perusahaan tertentu.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda melakukan sejumlah riset mendalam guna mengetahui cloud teraman dan bisa dipercaya guna mendapatkan profit maksimal di akhir prosesnya. 

2. Pool mining

Berbeda dari cloud mining, pool mining adalah sistem penambangan ETH yang dilakukan pada kolam dengan cara bekerja sama. Artinya, penambang dapat menggabungkan nilai hash masing-masing guna meraih nilai hash lebih besar di akhir. 

Nah, penambang dengan nilai hash tertinggi nantinya akan mempunyai peluang emas dalam menambang blok Ethereum. Namun, dengan cara mining ETH satu ini, hasil akhir akan dibagikan kepada seluruh penambang secara merata.

3. Personal mining

Seperti namanya, personal mining adalah cara mining yang dilakukan tanpa ada campur tangan pihak manapun dalam prosesnya. Pendekatan satu ini cukup menguntungkan karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan bagi penyedia lapak tambang (pool atau cloud).

Namun, perlu diingat bahwa keuntungan dalam personal mining akan setara dengan modal yang Anda keluarkan, termasuk pembiayaan perangkat keras serta biaya listrik. Artinya, jika OctoMate menginginkan keuntungan besar, maka modalnya pun tidak sedikit. Jadi, pikirkan baik-baik, ya!

Baca juga: 5 VGA Mining Terbaik untuk Crypto, Dijamin Hash Rate Kencang

Cara mining ETH di PC

Agar pengetahuan Anda semakin meningkat setelah mengetahui ketiga jenis pendekatan di atas, simak cara mining ETH di PC menurut TechBullion berikut dengan seksama.

1. Memilih GPU (Graphical Processing Unit)

Cara menambah ETH di PC yang pertama adalah memilih GPU secara tepat guna mewujudkan proses menghitung yang sistematis bersamaan dengan perangkat lunak pada ekosistem Ethereum lainnya.

2. Install perangkat lunak yang akan digunakan untuk menambang Ethereum

Umumnya, beberapa software telah disediakan oleh GPU sehingga Anda dapat mengunduhnya dari internet dan menghubungkan mesinnya pada blockchain Ethereum pilihan Anda.

3. Pelajari 3 cara mining ETH dengan baik

Pelajari cara mining ETH di PC dan cek kemampuan serta keterbatasan Anda dalam menambangnya dengan menggunakan jaringan milik pribadi.

Baca juga: Cara Mining Dogecoin untuk Pemula serta Keuntungannya

4. Temukan grup penambang

Mempunyai grup penambang akan sangat memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah serta mempercepat jaringan saat proses penambangan ETH. Bagilah grup menjadi beberapa kelompok yang masing-masing mempunyai tugas dalam merampungkan masalah tertentu agar semakin terorganisir.

5. Instal perangkat lunak Ethminer

Terakhir, Anda perlu menginstal perangkat lunak Ethminer guna mendapatkan profit dari menambang. Hal ini diperlukan karena perangkat Ethminer akan berperan sebagai perantara antara Anda dan seluruh kelompok penambang.

Cara mining ETH di PC sudah semakin mudah karena perangkat lunak tersebut bisa diakses oleh jaringan operasi Windows maupun Linux.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Litecoin Mining dan Cara Investasinya

Cara mining ETH di Android

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mining ETH di Android, bukan? Namun, sayang sekali menurut pernyataan Google Play, pihaknya tidak membenarkan proses mining melalui Android.

Meski tidak ada cara mining ETH di Android secara pasti, Google Play menegaskan bahwa para penambang tetap bisa menggunakan aplikasi guna memantau segala proses mining Ethereum secara berkala dengan langkah sebagai berikut.

  • Siapkan perangkat terbaik untuk mining dengan menggunakan prosesor seperti ASIC (Application Specific Integrated Circuit), FPGA (Field-Programmable Gate Array) atau GPU (Graphic Processing Unit) yang merupakan pilihan terbaik dari segi performa dan fleksibilitasnya. 
  • Instal aplikasi seperti MinerGate Control agar bisa memantau proses mining melalui ponsel Anda.
  • Rajin memantau setiap prosesnya secara berkala dengan memantau status konfirmasi saldo dan jumlahnya secara real-time.

Baca juga: 12 Cara Gratis Dan Berbayar Mendapatkan Bitcoin

Cara mining ETH gratis

Apabila OctoMate masih pemula dalam bidang ini, maka tak ada salahnya mempelajari cara mining ETH gratis. Ini langkah-langkahnya.

  • Siapkan dompet digital atau Ethereum wallet guna menyimpan crypto ETH kelak. Bahkan belakangan ini, Anda sudah bisa menggunakan sejumlah Bitcoin Wallet untuk menyimpan ETH.
  • Memperbarui driver kartu grafis (GPU) menjadi versi terbaru agar mendukung kinerja serta performa penambangan yang baik dengan meninjau saran pembaharuan melalui AMD atau Nvidia.
  • Menginstal perangkat lunak untuk mining seperti NBMiner atau Ethminer pada PC Anda.
  • Memilih cara menambang sesuai kebutuhan dan kapabilitas Anda, baik personal, cloud atau pool mining.  
  • Mengumpulkan hasil, hadiah dan profit yang didapat dari penambangan dengan mengunjungi situs mining ETH Anda sebelumnya.

Nah, itulah pengertian serta cara mining Ethereum yang perlu Anda pelajari dengan seksama. Meski OctoMate dapat memperoleh koin tanpa biaya invest apapun, Anda tetap membutuhkan modal guna membangun mining rig. Untuk itu, persiapkanlah matang-matang!

Baca juga: Apa Itu Mining Rig? Definisi, Cara Membuat, dan Fungsi

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin